facebook

Deteksi Formalin Yuk!

Rabu, 19 July 2017 - 14:06:50 WIB
Diposting oleh : Berry
Deteksi Formalin Yuk!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Deteksi Formalin Yuk!

Hai Berrykitcheners! Walau penggunaannya sudah dilarang, formalin masih kerap ditemukan di beberapa bahan makanan, seperti tahu, ikan, dan bakso. Tahu yang mengandung formalin bertekstur keras, terlalu kenyal, tidak padat, dan lebih tahan lama. Jika ikan normal memiliki insang berwarna merah segar, ikan berformalin akan memiliki insang berwarna terlampau merah, tidak amis, dan tidak dikerubungi lalat. Bakso berformalin sendiri akan terasa sangat kenyal dan memiliki permukaan yang terlalu kencang. Jika ragu, kamu pun bisa mendeteksi dengan dua cara mudah berikut!

 

1. Tusuk gigi

dwdq

 

Cara ini ditemukan oleh siswa SMA tanah air lho. Untuk mendeteksi formalin, kamu membutuhkan tusuk gigi atau lidi yang terbuat dari bambu atau kayu dan kunyit yang sudah dihaluskan. Rendam tusuk gigi dalam kunyit selama 30 menit, lalu keringkan. Yap! Kamu pun sudah bisa mendeteksi makanan berformalin. Tancapkan tusuk gigi yang telah direndam kunyit pada makanan yang akan kamu deteksi selama 5 menit. Makanan berformalin akan membuat tusuk gigi berubah menjadi berwarna merah hingga merah bata. Sekecil apapun kandungan formalin dalam makanan akan terdeteksi menggunakan cara ini. Mudah bukan? Tusuk gigi pun dipilih menjadi alat detektor karena mudah dibawa kemana saja.

 

2. Kertas saring

iuhui

 

Masih menggunakan kunyit, satu lagi cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi makanan berformalin. Kamu hanya perlu membuat larutan kunyit dan merendam kertas saring di dalamnya. Ambil kertas saring lalu keringkan kertas. Di sisi lain, panaskan potongan makanan yang ingin kamu deteksi. Tetesi kertas saring yang sudah dikeringkan dalam rebusan makanan. Jika warna kertas berubah menjadi merah bata, maka makanan yang diuji mengandung formalin atau boraks. Jika kertas tidak berubah maka makanan tersebut tidak mengandung formalin atau boraks.

 

Terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan, kamu wajib mewaspadai kandungan formalin dalam makanan. Selain mudah, kedua cara tersebut dapat dilakukan karena menggunakan bahan alami yang mudah kamu temukan di pasar. Harganya pun relatif terjangkau. Nggak ada salahnya kan mulai membuat ‘praktikum’ kecil di rumah? Deteksi formalin dari sekarang yuk!

Referensi: https://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Deteksi Formalin Yuk!
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup