facebook

Contek 5 Hal Ini Sebelum Memasak

Rabu, 03 August 2016 - 15:01:51 WIB
Diposting oleh : Berry
Contek 5 Hal Ini Sebelum Memasak

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Contek 5 Hal Ini Sebelum Memasak

Hai Berryitcheners! Memasak merupakan rutinitas yang tidak terlewatkan ya? Kegiatan ini sering dilakukan kaena pada dasarnya kita mengonsumsi makanan setiap hari.  Memasak adalah mengolah bahan makanan mentah menjadi makanan yang siap disajikan. Kini, memasak tidak hanya dilakukan oleh kaum wanita melainkan laki-laki pun bisa mengerjakannya. Bahkan banyak chef laki-laki yang mulai bermunculan. Nah, kamu perlu mengetahui bahwa memasak tidak boleh asal. Yuk, simak beberapa hal yang perlu kamu perhatikan!


1. Sayur


1


Sayuran memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang berfungsi untuk menyehatkan tubuh. Ketika mengolah sayuran harus benar-benar diperhatikan. Namun, masih banyak orang yang keliru saat memasak sayur. Mereka biasanya memasak sayur terlalu lama sehingga tekstur yang didapat terlalu matang sehingga nutrisi yang terkandung menjadi berkurang.


2. Minyak Goreng


2


 


Sebelum memasak makanan kamu harus memperhatikan minyak goreng. Terkadang masih banyak orang yang memasak menggunakan minyak jelantah. Minyak jelantah adalah minyak bekas yang telah digunakan memasak secara berkali-kali. Biasanya paling sering digunakan untuk menggoreng bahan makanan. Hal ini harus dihindari karena akan mempengaruhi rasa dan kesehatan tubuh.


3. Mengaduk Makanan


3


Saat memasak biasanya kita mengaduk makanan agar tercampur rata. Sebaiknya jangan terlalu sering membolak-balik masakan agar tidak merusak teksur dan rasa dari makanan tersebut. Kamu bisa mengecek makanan  dan mengaduknya sesekali saja. Kamu juga bisa menutup wajan agar aroma dan rasanya tetap terjaga.


4. Memotong Makanan


4


Memotong bahan makanan perlu juga diperhatikan, lho. Kamu tidak hanya asal memotong saja. Pastikan pisau yang digunakan tajam dan kebersihannya terjaga. Jangan sampai kamu menggunakan pisau yang sama ketika memotong buah dan daging. Usahakan setiap pisau digunakan untuk memotong bahan yang berbeda. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kontaminasi bakteri yang ada dari satu bahan ke bahan makanan lain. Jadi, perhatikan kembali pisau di dapurmu yah!


5. Bahan Penyedap


5


Siapa sih yang tidak tahu bahan penyedap buatan? Itu lho, yang rasanya gurih-gurih dan bikin enak masakan. Salah satunya, seperti MSG atau bumbu siap saji yang tersedia di supermarket ataupun pasar. Saat ini banyak orang yang menggunakan bumbu cepat saji karena lebih praktis. Namun, dibalik kepraktisannya itu terdapat dampak negative yang mengintai kesehatan kita. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan bahan penyedap buatan. Kamu bisa membuatnya dengan bahan alami dan menambahkan sedikit rempah-rempah sehingga rasanya tak kalah nikmat.


Sudah tahu kan hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memasak?! Jangan sampai salah langkah ya. Usahakan menggunakan dan memilih bahan makanan yang tepat dan mengikuti sslangkah memasak dengan benar. Semoga berhasil ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup