facebook

Coffee Lover Harus Tau Cara Membuat Kopi, Bukan Hanya Sekedar Minum! ;)

Rabu, 15 April 2015 - 04:31:08 WIB
Diposting oleh : admin
Coffee Lover Harus Tau Cara Membuat Kopi, Bukan Hanya Sekedar Minum! ;)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Coffee Lover Harus Tau Cara Membuat Kopi, Bukan Hanya Sekedar Minum! ;)

Hai berrykitcheners...

Berry yakin deh, dari kamu semua pembaca berrykitchen, pasti ada coffee lover. Tapi, tauu gak sih kamu metode-metode membuat kopi yang lebih dari sekedar mencampur gula, kopi dan air panas. Nih berry kasih caranya :)

1. Drip Method atau Kopi Tetes
​
Metode ini biasa disebut juga dengan Filter Method. Sampai saat ini, drip method merupakan cara membuat kopi yang paling populer karena kesedehanaan dan efisiensinya. Cara membuatnya, air dituang ke kopi bubuk yang diletakkan diatas kertas saring, menuju ke bejana kopi. Dan untuk menyeduhnya, cukup panaskan bejana kopi yang ada dibawahnya dan kopi siap disajikan.

2. French Press
​
Nah, metode ini adalah metode yang sering dipakai di kafe nih berrykitcheners. Plunger atau Caffetiere. Metode ini, adalah metode yang paling baik untuk mendapatkan ekstrak kopi yang maksimal. Cara membuatnya. Tuangkan kopi secukupnya ke dalam French Press, masak air sampai mendidih, diamkan selama 1 menit. Tuangkan air tersebut ke dalam French Press Coffee Maker. Tuangkan air dari teko dari posisi yang agak tinggi, ini akan menghasilkan gelembung air yang membuat aroma kopimenjadi maksimal. Aduk kopi selama 30 detik sampai 1 menit. Dengan waktu tersebut, akan membuat aroma dan rasa kopi menjadi lebih menyatu dan lebih nikmat. Tekan kopi yang telah diaduk menggunakan tutup French Press secara perlahan. Tuang ke dalam secara perlahan. Nikmatilah :)

3. Turkish Coffee
​
Disebut dengan Metode Arab. Cara ini bisa dibilang asal muasal pembuatan kopi pertama kali dan kopi yang dihasilkan juga memiliki rasa yang sangat kuat dan pekat. Tidak semua orang suka dengan metode ini. Caranya, kopi digiling secara manual menggunakan lesung atau alu. Itu lho wadah yang biasa dipakai untuk menumbuk beras. Sekarang sudah ada yang namanya kahve degirmeni atau penggiling kopi, lalu ditaruh di sebuah bejana yang biasa disebut ibrik bersama gula dan air. Kemudian campuran ini dididihkan beberapa kali dan dituang ke dalam cangkir.

4. Percolator (Penyaring Kopi)
​
Metode ini ditemukan sebelum drip coffe ditemukan, namun setelah muncul metode drip, cara ini perlahanmulai ditinggalkan karena metode ini dianggap menghilangkan cita rasa kopi, berbeda dengan metode drip yang isa mempertahankan cita rasa kopi. Caranya hanya perlu memasukkan gula, kopi, dan air dalam alat percolator ayng berbentuk teko tersebut, kemudian didihkan. Sembari mendidihkan air, aduk rata kopi. Zaman sekarang, sudah ada yang menggunakan listrik untuk mendidihkan air.

5. Espresso
Espresso bisa dikatakan sebagai mesin pembuat kopi tercanggih yang ada saat ini. Karena semua pembuatannya yang serba otomatis, termasuk pengatur suhu. Namun, barista tetap menjaddi penentu rasa dari kopi yang dihasilkan.

6. Vacuum
​
Metode yang biasa disebut Syphon Method ini cukup unik dan butuh kesabaran untuk menghasilkan secangkir kopi nikmat tanpa ampas. Harga alat syphon pun tidak terlalu mahal, hanya berkisar di ratusan ribu saja lho. Caranya, tempatkan bubuk kopi pada tabung bagian atas dan ait pada bagian bawah. Air dibagian bawah yang telah di didihkan akan menguap dan massuk ke dalam tabung atas yang berisi kopi, lalu melalui selang penghubung antara tabung atas dan tabung bawah, selanjutnya setelah air berpindah ke tabung atas, hentikan mendidihkan air dan tunggu sampai air menjadi dingin, selanjutnya kamu hanaya menunggu air yang berada di tabung atas kembali ke bagian bawah.

Naaah....kira-kira itu proses pembuatan kopi yang mantap berrykitcheners. Jadi, kalau nanti di kafe atau dimanapaun kamu melihat orang membuat kopi, kamu harus sudah mengenalinya yah. Bisa di cap keren looh... :p

Salam Berrykitchen
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup