facebook

Cerdas Pilih Beras

Rabu, 17 May 2017 - 11:48:45 WIB
Diposting oleh : Berry
Cerdas Pilih Beras

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Cerdas Pilih Beras

Hai Berrykitcheners! Sebagai makanan pokok, nasi merupakan salah satu hal utama yang harus menjadi perhatianmu. Mengonsumsi nasi sekitar enam hingga sembilan sendok makan per makan dapat memenuhi 50 hingga 60 persen kebutuhan karbohidrat bagi tubuh. Dengan banyaknya total jumlah konsumsi nasi, maka penting bagimu untuk memilih beras yang baik dan layak untuk dikonsumsi. Bagaimana cara memilih beras yang baik? Berikut tipsnya.

 

1. Tampilan beras

dwdq

 

Berpikir beras yang baik merupakan beras yang berwarna putih bersih? Jika membeli beras, kamu bisa memilih beras dengan waran bening dan sedikit kekuningan, bebas dari kutu dan kerikil. Sebagian beras yang terlalu putih biasa telah dicuci dengan menggunakan bahan pemutih seperti klorin dan tawas, bahkan bisa jadi menggunakan bahan pemutih pakaian dan memiliki rasa yang agak pahit.

 

2. Tekstur beras

dqwdq

 

Beras yang sehat biasanya tidak mudah patah. Bila mungkin, kamu dapat mencoba menggigit salah satu butir beras. Bila beras mudah hancur maka beras sudah dalam kondisi yang tidak baik. Remas beras dengan tangan kering atau tidak berkeringat untuk mengetahui beras mengandung bahan pelicin atau tidak. Beras yang mengandung pelicin biasanya akan terasa licin ketika diremas, namun ketika dilepas banyak butiran yang masih menempel di tangan.

 

3. Aroma beras

wqq

 

Setuju nggak sih, riset yang kamu lakukan terhadap beberapa benda yang akan kamu beli harus melalui beberapa dari panca indera? Hidung salah satunya. Iya, beras yang baik dan sehat tidak memiliki aroma yang apek atau berbau seperti bahan kimia. Untuk beras pandan memiliki ciri bentuk yang cenderung membulat dan tidak memanjang. Bila tidak sesuai dengan ciri tersebut namun memiliki wangi pandan, hingga aroma pandannya yang menyengat, kamu patut curiga bila beras menggunakan pewangi.

 

4. Beras berlabel

dwdq

 

Sebagai makanan sehari-hari, harga beras yang rendah memang kerap menggiurkan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam membelinya. Utamakan kesehatanmu dengan memilih beras berlabel yang sudah terjamin kualitasnya. Kemasan beras berlabel ini hadir dalam berbagai varian merk di pasaran. Kamu dapat memilih merk beras yang sudah mendapat sertifikasi dari sejumlah instansi terkait.

 

Sejak masa pemerintahan Soeharto, Indonesia telah menyeragamkan makanan pokoknya menjadi nasi yang diolah dari beras. Kendati beberapa daerah tetap menyesuaikan makanan pokok mereka dengan kondisi hasil alam yang tersedia. Dikonsumsi dalam jumlah banyak setiap hari, memilih beras berkualitas baik tentu menjadi prioritas kamu. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: Cerdas Pilih Beras
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup