facebook

Cara Terbaik dalam Memasak Cumi Goreng Tepung

Rabu, 27 April 2016 - 02:14:06 WIB
Diposting oleh : Berry
Cara Terbaik dalam Memasak Cumi Goreng Tepung

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Cara Terbaik dalam Memasak Cumi Goreng Tepung

Halo Berrykitcheners! Apakah kamu yakin jika cara memasak cumi goreng tepung yang biasa kamu gunakan sudah tepat? Jika belum, kamu perlu mengecek beberapa tips yang kami berikan ini! Pasalnya, memasak cumi goreng tepung itu gampang-gampang susah, lho. Beberapa kesalahan saat memasak cumi goreng tepung (fried calamari) yang sering terjadi adalah daging cumi tidak matang, tekstur daging cumi keras, alot atau overcooked alias gosong.


Kesalahan saat membuat cumi goreng tepung itu biasanya disebabkan karena cara mempersiapkan dan menggoreng yang kurang tepat. Oleh karena itu, kami akan membagikan beberapa tips terbaik untuk membuat cumi goreng tepung dengan tekstur yang pas dan rasa yang yummy!


 


Memotong Cumi


Setelah cumi-cumi dibersihkan, tiba saatnya untuk mengiris cumi dengan bentuk cincin. Pada umumnya, fried calamari atau cumi goreng tepung memang berbentuk cincin. Tebal irisan cumi-cumi tersebut tidak boleh lebih dari 5 mm. Ini adalah ukuran tebal irisan daging cumi yang disarankan oleh seorang chef ternama, Tom Aikens. Salah satu kesalahan yang sering kita lakukan adalah membuat irisan cumi dengan ukuran yang lebih tebal, misalnya 1 cm. Padahal, semakin tebal irisan cumi, maka semakin keras pula tekstur daging cumi tersebut setelah dimasak.


Merendam Cumi


Bagaimana cara memasak goreng tepung yang benar agar hasilnya empuk dan tidak alot? Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan oleh sebagian besar orang. Tom Aikens merendam cumi-cumi di dalam campuran lemon, bawang putih, minyak zaitun, dan rosemary selama sehari sebelum cumi tersebut digoreng. Sementara itu, Mitch Tonks, yang juga juga seorang chef terkenal, menyarankan untuk mencelupkan cumi-cumi ke dalam susu murni sebelum dibalurkan ke dalam tepung. Nah, kedua cara ini cukup efektif untuk membuat daging cumi terasa lebih empuk setelah digoreng.


Membuat Adonan


Pikirkan lagi jika kamu ingin menggunakan tepung siap saji sebagai adonan cumi goreng tepungmu ini. Pasalnya, untuk menghasilkan cumi goreng tepung yang terbaik, kamu harus membuat adonannya sendiri. Berdasarkan beberapa rekomendasi dari chef terkenal, adonan yang tepat untuk membuat cumi goreng tepung berasal dari kombinasi tepung terigu, kuning telur, dan air. Jangan lupa untuk membumbui adonan tersebut dengan sedikit garam dan merica bubuk agar rasanya menjadi luar biasa.


Menggoreng Cumi


Mark Bittman, seorang jurnalis asal Amerika Serikat, pernah membagikan beberapa tips untuk menggoreng cumi di New York Times. Tips ini menyarankan untuk menepuk irisan cumi-cumi sebelum Anda memasukkannya ke dalam adonan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar air dalam cumi-cumi sehingga saat digoreng dalam minyak panas tidak meletus. Saat semua daging cumi sudah masuk ke dalam minyak panas, putar irisan cumi-cumi yang berbentuk cincin tersebut saat hampir matang. Hal ini bertujuan untuk membuat cumi tersebut matang secara merata.


 


Jika selama ini cara memasak cumi goreng tepung yang kamu pakai memberikan hasil yang kurang maksimal, maka tinggalkan cara tersebut. Cobalah menggunakan tips-tips yang kami berikan di atas untuk menghasilkan cumi goreng tepung yang lezat, renyah, dan empuk. Selamat mencoba, Berrykitcheners!


 


Sources:



  • com/lifeandstyle/wordofmouth/2012/oct/11/how-to-cook-perfect-calamari

  • com/recipes/giada-de-laurentiis/fried-calamari-recipe.html


Diakses pada 5 Februari 2016.

Kata Kunci: cara memasak cumi goreng tepung
Bagikan ke teman Kamu