facebook

Cara Sehat Menggemukkan Badan

Kamis, 03 January 2019 - 03:23:45 WIB
Diposting oleh : Berry
Cara Sehat Menggemukkan Badan

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Cara Sehat Menggemukkan Badan

Selama ini masalah berat badan lebih banyak difokuskan kepada kegemukan dan obesitas. Padahal, orang-orang kurus juga ingin tahu cara menggemukkan badan yang efektif.

 

Tapi, kurus berbeda dengan berat badan di bawah standar klinis. Untuk mengetahuinya, kamu perlu menghitung indeks massa tubuhmu (BMI) dengan memasukkan berat badan, tinggi badan, usia, dan gender. Kalau BMI-mu di bawah 18,5, berarti kamu memiliki berat badan rendah. Dokter juga biasanya akan memperhitungkan apa yang kamu makan dan apa aktivitasmu.

 

Resolusimu tahun ini ingin menjadi gemuk dan tetap sehat? Ikuti cara ini.

 

Cara Menaikkan Berat Badan dengan Sehat

Makan Lebih Sering

Orang kurus seringkali memiliki nafsu makan yang buruk atau cepat kenyang. Untuk meningkatkan asupan kalori, alih-alih makan besar tiga kali sehari, makanlah sedikit-sedikit tapi lebih sering. Misalnya, 5-6 kali sehari.

 

Makanan Kaya Gizi

Berbeda dengan kegemukan yang sering dianggap dekat dengan penyakit, orang kurus seringkali merasa sehat. Lantas, mereka berusaha menaikkan berat badan dengan makan apapun, termasuk junk food.

 

Mengonsumsi junk food memang bisa menaikkan berat badan dengan lumayan cepat. Namun, junk food tidak dapat memenuhi kebutuhan gizimu dan bahkan bisa membahayakan kesehatanmu.

 

Alih-alih menyantap makanan yang tinggi kalori namun minim gizi seperti itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya gizi. Makanan tinggi kalori yang sehat di antaranya kacang-kacangan, biji-bijian, serta keju dan produk susu lainnya.

 

Seperti pada program penurunan berat badan, menambah bobot tubuh juga memerlukan pendekatan yang seimbang. Daging tinggi protein dapat membantumu membangun otot. Nikmati juga karbohidrat sehat seperti gandum utuh dan beras merah. Satu lagi, jangan lupakan buah dan sayur, ya, untuk mencegah defisiensi zat gizi.

 

Konsumsi Lemak Baik

Lemak bukan cuma dapat menaikkan berat badan, tapi juga punya peran penting untuk tubuh. Di antaranya untuk perkembangan otak, mencegah inflamasi dan penggumpalan darah, serta menyehatkan kulit dan rambut.

 

Contoh makanan tinggi lemak yang sehat adalah minyak zaitun, avokad, kacang-kacangan dan selainya, biji-bijian, serta ikan berlemak. Kalau kamu biasa mengonsumsi produk susu rendah lemak, coba ganti dengan versi reguler alias full fat.

 

Minum Smoothies dan Milkshakes

Daripada mengonsumsi soda, kopi, dan minuman lain yang memiliki nilai gizi rendah, coba minum smoothies atau milkshakes. Blender buah atau sayur dengan selai kacang, avokad, kacang-kacangan, yoghurt atau susu, biji-bijian, serta makanan berlemak lainnya.

 

Agar tak terlanjur kenyang, jangan minum smoothies atau milkshakes sebelum makan. Minumlah dibarengi makan atau ngemil, atau teguk 30 menit setelah makan.

 

Ngemil Sehat

Ngemil penting bagi kamu yang ingin menggemukkan badan. Selain makan berat tiga kali sehari, tambahkan camilan 300 kalori di pagi dan sore hari.

 

Seperti telah dibahas sebelumnya, mentang-mentang ingin menambah berat badan, bukan berarti kamu bebas ngemil apapun. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein, karbohidrat sehat, serta lemak baik.

 

Contohnya adalah kacang-kacangan dan selainya, keju, buah kering, dan avokad. Kamu bisa menikmatinya dalam bentuk bran muffin, yoghurt bertopping granola, sandwich avokad, protein shake, atau cracker beroles selai kacang.

 

Olahraga

Olahraga tidak hanya dianjurkan bagi orang yang ingin menjadi langsing, tapi juga untuk orang kurus yang ingin menaikkan berat badan. Bedanya, kalau orang gemuk berolahraga untuk membakar kalori (misalnya dengan aerobik), orang dengan berat badan di bawah standar berolahraga untuk menambah massa otot. Sebab, otot lebih berat daripada lemak.

 

Latihan kekuatan yang bisa kamu lakukan adalah angkat beban. Bukan cuma membangun otot, latihan ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang, sehingga risiko tulang rapuh dan turunannya bisa berkurang. Selain itu, olahraga juga cenderung merangsang nafsu makan.

 

Jadi, seperti menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga perlu dilakukan sesuai aturan. Jangan menggunakan jalan pintas dengan makan junk food banyak-banyak. Lakukanlah dengan sehat, Berrykitcheners!

 

Foto: https://fabulousbody.com

 

Kata Kunci: Cara Sehat Menggemukkan Badan
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup