facebook

Cara Mudah Hitung Kebutuhan Air Tubuh

Jumat, 06 October 2017 - 16:33:57 WIB
Diposting oleh : Berry
Cara Mudah Hitung Kebutuhan Air Tubuh

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Cara Mudah Hitung Kebutuhan Air Tubuh

Hai Berrykitcheners! Tahu nggak sih, rata-rata jumlah air pada tubuh orang dewasa berkisar 70 persen? Nggak heran, kamu wajib memenuhi kebutuhan konsumsi air setiap harinya. Walau sebagian orang menyarankan untuk mengonsumsi air sebanyak delapan gelas bahkan hingga dua liter per hari, nyatanya kebutuhan konsumsi air setiap orang bisa berbeda lho. Cari tahu kebutuhan konsumsi airmu dengan cara mudah di bawah ini yuk!

 

1. Berat badan

wdw

 

Nggak perlu khawatir melihat timbangan. Well, dengan melihat timbangan kamu bisa mengetahui konsumsi air yang kamu perlukan dalam sehari lho. Iya, setiap orang memiliki berat badan berbeda, jadi kebutuhan airnya juga berbeda. Untuk itu, kamu bisa membagi berat badanmu dengan angka 30. Sebagai contoh, bila kamu memiliki berat badan 45 kg, berarti air yang perlu kamu konsumsi sebanyak 1,5 liter.

 

2. Aktivitas fisik

qsdq

 

Nggak cuma berat badan, aktivitas fisik yang kamu lakukan sehari-hari juga bisa memengaruhi kebutuhan airmu lho. Ketika olah raga, tubuh akan mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat. Untuk itu, kamu perlu menyesuaikan asupan air dengan durasi olahraga yang kamu lakukan. Kamu disarankan untuk menambah sekitar 350 ml untuk setiap kegiatan olahraga yang dilakukan selama setengah jam. Jadi bila kamu berolahraga selama satu jam, maka kamu memerlukan tambahan asupan air sebanyak 0,7 liter atau sekitar 700 ml.

 

3. Makan yang mengandung air

e322

 

Kamu memang disarankan untuk minum air sesuai dengan berat badan dan kebutuhanmu. Walau secara matematis kamu disarankan untuk meminum 1,5 atau 2 liter per hari, nyatanya kamu nggak harus minum air sebanyak itu kok. Kebutuhan konsumsi air juga bisa dibantu dengan makanan. Biasanya, makanan yang kamu santap akan menyumbang pasokan air sekitar 20-25 persen, baik itu berasal dari makanan berkuah atau sayur dan buah-buahan. Sisanya, kamu tetap harus memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air.

 

Sudah tahukan berapa kebutuhan airmu dalam sehari? Untuk mendapat raga yang sehat, kamu pun perlu mengonsumsi makanan lezat dan bernutrisi seperti telur, daging unggas, sapi, dan seafood. Nggak perlu khawatir karena seluruh makanan tersebut bersifat asam. Kamu bisa mengakalinya dengan mencukupi kebutuhan airmu menggunakan air alkali pH 8+ yang membantu menyeimbangkan asam dan mudah diserap oleh tubuh.

Kata Kunci: Cara Mudah Hitung Kebutuhan Air Tubuh
Bagikan ke teman Kamu