facebook

Cara Memasak Cumi Goreng Tepung yang Empuk dan Renyah

Minggu, 28 February 2016 - 03:44:24 WIB
Diposting oleh : Berry
Cara Memasak Cumi Goreng Tepung yang Empuk dan Renyah

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Cara Memasak Cumi Goreng Tepung yang Empuk dan Renyah

Halo Berrykitcheners! Kamu pasti tahu hidangan cumi goreng tepung, kan? Nah, hidangan favorit ini ternyata bisa dijadikan sebagai makanan pembuka (appetizer) atau makanan utama (main course), lho. Di Indonesia, cumi goreng tepung biasa disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Sementara itu, di negara bagian barat cumi goreng tepung dikenal sebagai fried calamari yang biasa disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan. Kali ini, Berrykitchen akan berbagi cara memasak cumi goreng tepung yang empuk dan renyah. Pasalnya, seringkali kita menggoreng cumi dengan tepung, tetapi tekstur daging cuminya menjadi alot dan keras.


 


Sebelum membahas resep cumi goreng tepung atau fried calamari, sebaiknya kita pelajari dulu tips membuat daging cumi tidak alot setelah dimasak. Berikut adalah tips yang harus kamu lakukan agar tekstur daging cumi terasa empuk dan tidak alot :




  1. Rebus dan Rendam Cumi, Cara yang satu ini bisa kamu lakukan sebelum menumis atau menggoreng cumi-cumi. Pertama, rebuslah cumi di dalam air sebentar. Ketika air mendidih, segera angkat dan rendam cumi di dalam air dingin.

  2. Rendam dalam Baking Soda, Nah cara ini juga cukup efektif untuk membuat tekstur daging cumi menjadi lebih empuk. Kamu hanya perlu menyiapkan satu baskom kecil air, lalu tambahkan satu sendok makan baking soda ke dalam baskom tersebut. Masukkan cumi dan diamkan di dalam lemari es selama semalaman.

  3. Rendam Dalam Susu Sapi Segar, Susu sapi juga bisa membuat daging cumi terasa lebih empuk, lho. Pastikan kamu menggunakan susu sapi segar untuk merendam cumi. Kamu membutuhkan waktu seharian untuk merendam cumi di dalam susu. Pastikan wadah berisi rendaman cumi ini tertutup rapat agar tidak tercemar. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan wadah yang berisi susu dan cumi ini ke dalam lemari es.

  4. Persingkat Waktu Memasak, Proses memasak yang terlalu lama dapat membuat daging cumi berubah menjadi alot. Sebaiknya, ketika masakan cumi sudah matang, segera angkat dari wajan. Pindahkan ke wadah yang lebih dingin untuk menghentikan proses memasak.


  Selain itu, kesegaran cumi pada saat beli juga sangat berpengaruh dalam menentukan keras atau tidaknya daging cumi tersebut. Agar daging lebih empuk setelah dimasak, belilah cumi segar dengan ukuran yang tidak terlalu besar.   Kamu bisa langsung mencoba tips di atas dengan membuat cumi goreng tepung atau fried calamari sekarang juga. Berikut adalah resep praktis dan mudah untuk membuat cumi goreng tepung.  

 


Cara Memasak Cumi Goreng Tepung



Bahan-Bahan :





  • 12 ekor cumi segar berukuran sedang, dipotong dengan bentuk cincin

  • 1/4 cangkir tepung terigu

  • 1 sdt garam

  • 1 sdt oregano bubuk

  • 1/2 sdt bubuk lada hitam

  • 1 buah lemon, dipotong berbentuk wedges untuk garnish

  • Minyak goreng


 


Cara Memasak :





  1. Panaskan minyak goreng di dalam wajan.

  2. Sembari menunggu minyak panas, campurkan tepung terigu, garam, oregano bubuk, dan bubuk lada hitam dalam sebuah wadah.

  3. Balurkan cumi yang sudah dipotong ke dalam adonan tepung.

  4. Goreng cumi selama 2-3 menit saja atau sampai warnanya berubah keemasan, jangan menggoreng terlalu lama agar cumi tidak alot.

  5. Angkat cumi dan tiriskan minyaknya.

  6. Sajikan cumi goreng tepung bersama irisan lemon.



 


Sebelum mempraktikkan cara memasak cumi goreng tepung ini, jangan lupa untuk melakukan tips agar cumi tidak alot. Hindari overcooked agar tekstur daging cumi tetap empuk dan renyah.

 


Sumber :


  • homecooking.about.com/od/seafood/a/squidtips.htm

  • kompasiana.com/sitizaidah/menjaga-tekstur-cumi-goreng-supaya-dagingnya-tak-alot_54f7563aa3331184358b45da

  • dapuronlinequ.blogspot.co.id/2015/04/trik-memasak-cumi-agar-empuk-dan-tidak.html

  • allrecipes.com/recipe/12856/calamari/ 



Diakses pada 19 Desember 2015.








Kata Kunci: cara memasak cumi goreng tepung, cara memasak cumi goreng, cara memasak cumi
Bagikan ke teman Kamu