facebook

Bhinneka Pangan Nusantara

Jumat, 30 September 2016 - 13:48:10 WIB
Diposting oleh : Berry
Bhinneka Pangan Nusantara

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Bhinneka Pangan Nusantara

Hai Berrykitcheners! Tahu tidak kalau Indonesia pernah melakukan homogenisasi pangan? Homogenisasi makanan pokok di Indonesia dilakukan pada sekitar tahun 80an yang pada saat itu negara kita berada di bawah kepemimpinan Soeharto. Soeharto sangat menyadari bahwa ketika itu ia memimpin negara yang sangat beragam, sehingga timbulah keinginan untuk menciptakan kesamaan di tengah banyaknya perbedaan masyakarat Indonesia. Salah satunya, dengan menyamakan makanan pokok. Maka dengan kapasitasnya sebagai seorang kepala negara, Soeharto pada saat itu mengeluarkan kebijakan ketahanan dan kemandirian pangan dengan beras sebagai makanan pokok Indonesia.  Namun hingga kini, masih terdapat beberapa daerah yang memiliki makanan pokok selain nasi. Apa saja makanan pokok tersebut? Berikut uraiannya.

 

1. Jagung

 

 eddw

 

Hidangan yang memiliki nama lain Nasek Empong ini berasal dari Madura. Seperti namanya, hidangan ini terbuat dari jagung. Untuk membuatnya, masyarakat Madura biasa menggunakan jagung tua agar cita rasa yang dihasilkan menjadi lebih gurih. Selain lebih gurih, alasan penggunaan jagung tua dikarenakan harganya yang lebih murah daripada harga jagung muda atau jagung manis.

 

 2. Bubur Jewawut

 

efww

Hmm.. terasa sedikit asing di telinga ya? Tanaman jewawut adalah sejenis tumbuhan serelia seperti gadum atau padi. Tanaman ini dapat diolah ke berbagai hidangan seperti nasi, bubur, bahkan dodol. Bubur Jewawaut sendiri dikonsumsi oleh masyarakat Biak Numfor, Papua.

 

3. Papeda

 

dewede

Jika sebagian dari kamu pernah mendengar jajanan ala anak SD bernama papeda, maka ada sebuah fakta baru kali ini. Ya, papeda ternyata merupakan makanan pokok tradisional khas Maluku dan Papua. Terbuat dari sagu, papeda memiliki rasa yang hambar dan biasa dipadukan dengan lauk layaknya nasi yang kita konsumsi. Jadi penasaran, siapa yang membawa papeda dari makanan pokok Maluku menjadi jajanan anak sekolah ya?

 

4. Gembili dan Ubi Jalar

 

adewewrf

Sepertinya, Papua menjuarai peringkat satu sebagai daerah yang makanan pokoknya paling beragam di Indonesia ya berrykitcheners. Ini karena pada era Soeharto, nasi dipandang sebagai makanan orang maju dan berpendidikan sementara makanan pokok lain dianggap sebagai makanan orang yang ketinggalan jaman. Celakanya, padi susah ditanam di daerah pegunungan seperti Papua. Sementara penduduk saat itu sudah bergantung pada nasi. Alhasil, lambat laun sebagian masyarakat kembali pada makanan pokok tradisional mereka, beberapa di antaranya, gembili dan ubi jalar.  Ubi jalar masih bertahan menjadi makanan pokok penduduk Jayawijaya higga kini. Sementara gembili masih setia dikonsumsi oleh Suku Kanum, Merauke.

 

Wow! Makin bangga dengan keragaman negara kita, ya? Nah berrykitcheners, bayangkan bagaimana bila kamu yang menjadi penduduk dengan makanan-makanan pokok di atas. Dengan varian makanan pokok di atas, mungkin ada yang bisa kamu coba jika sedang bosan dengan nasi. Semoga bermanfaat ya.

 

Kata Kunci: Bhinneka Pangan Nusantara
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup