facebook

Berani Coba? 4 Makanan yang Membakar Lidahmu

Rabu, 27 July 2016 - 18:35:36 WIB
Diposting oleh : Berry
Berani Coba? 4 Makanan yang Membakar Lidahmu

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Berani Coba? 4 Makanan yang Membakar Lidahmu

Hai Berrykitcheners!  Makanan pedas adalah salah satu makanan favorit seseorang. Nah, orang Indonesia rata-rata menyukai rasa pedas.  Maka tak heran, saat ini variasi makanan pedas sudah banyak. Rasanya yang menusuk lidah membuat siapapun ketagihan. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas juga bisa menambah nafsu makan, lho. Rasanya yang  super pedes membuat kamu merem melek deh. Berani coba?! Yuk icip beberapa makanan yang satu ini.



  1. Oseng Mercon


Duh, mendengar namanya saja bikin merinding ya? Oseng mercon merupakan makanan yang berasal dari Yogyakarta. Oseng mercon sendiri terbuat dari bahan dasar tetelan daging sapi yang ditumis atau dioseng dengan cabai rawit sehingga rasanya pedas. Oleh karena itu rasanya yang super pedas inilah dijuliki dengan “mercon” yang berarti saat dimakan dimulut bisa meledak karena rasa pedasnya yang dominan. Makanan khas ini sudah banyak dijual dimana-mana. Kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Yogyakarta.  Di kota-kota lain sudah mulai bermunculan bahkan bahan yang digunakan juga sudah bervariasi mulai dari ayam, kikil, jeroan, dan lainnya.


 



  1. Ayam Penyet


Ayam penyet adalah panganan yang berbahan dasar ayam. Ayam digoreng dengan aneka bumbu sehingga gurih. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari Surabaya. Selain memiliki rasa yang gurih, makanan ini tentunya memiliki citarasa yang khas tersendiri. Rasanya yang gurih dapat dipadukan dengan sambal pedasanya. Biasanya setelah ayam digoreng akan dicampurkan ke sambal yang telah diulak dan dipenyet atau digepuk daging ayamnya. Dijamin makin nikmat saat tercampur sambal yang membakar lidahmu.


 



  1. Seblak


Ini dia makanan yang sedang menjadi primadona dimana-mana. Namnya seblak! Seblak adalah kerupuk mentah yang sengaja dibantatkan dengan cara direndam air panas. Cemilan ini sedang populer di kota Bandung dan menyebar ke kota lainnya di seluruh Indonesia. Sebenarnya versi asli seblak Bandung adalah seblak basah  yang ditumis dengan telur. Kini, variasi seblak begitu beragam ada yang kering dan basah. Topping yang digunakan pun sudah banyak, seperti sayuran, sosis, bakso, hingga  seblak jeletot yang terkenal pedas. Nah, bagi kamu yang suka pedas cocok buat cobain seblak jaletot rasakan sensai cabai rawit yang menggigit lidah!



  1. Ceker Setan


Ceker setan adalah makanan khas dari kota Malang. Makanan yang berbahan dasar ceker ini diolah berbeda. Biasanya ceker dimasak untuk sup atau dibuat keripik. Kali ini ceker bisa juga ditumis dengan bumbu cabai. Kenapa makanan ini dinamakan ceker setan?  Yup ceker ini akan dimasak dengan bumbu cabai yang super pedas!  Jangan heran kalau kamu mencicipi makanan ini akan keringetan. Makanan ini dapat dijadikan sebagai lauk yang dapat dipadukan dengan nasi putih yang masih hangat. Kamu juga bisa membuatnya di rumah karena bahan yang digunakan mudah didapat, lho!


Stop jangan ngiler dulu yah! Semua makanan di atas dijamin bisa buat nafsu makan kamu semakin meningkat. Rasa pedasnya yang  dominan membuat kamu ingin merasakannya lagi dan lagi. Semoga bisa menjadi pilihan kamu saat kulineran bersama teman, kerabat, ataupun keluarga! Tetap makan enak dan sehat selalu ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu