facebook

Beragam Cara Memasak Jamur Kuping Menjadi Makanan yang Lezat

Sabtu, 20 February 2016 - 05:38:08 WIB
Diposting oleh : Berry
Beragam Cara Memasak Jamur Kuping Menjadi Makanan yang Lezat

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Beragam Cara Memasak Jamur Kuping Menjadi Makanan yang Lezat

Hai Berrykitcheners! Kamu tentu pernah mengonsumsi jamur kuping, bukan? Nah, jamur yang juga dikenal dengan nama Fungus ini bukanlah jamur beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Jamur ini memiliki tekstur yang sedikit renyah saat dimakan. Jamur kuping hitam atau black fungus adalah jenis jamur kuping yang paling umum di Indonesia. Apakah kamu tahu cara memasak jamur kuping yang tepat? Yuk, cari tahu caranya di sini!


 


Ada tiga cara yang bisa digunakan untuk mengolah jamur kuping menjadi hidangan yang lezat, tetapi sebelumnya jangan lupa untuk membersihkan jamur terlebih dahulu. Bersihkan jamur dengan cara menggosoknya di bawah air yang mengalir dengan menggunakan sikat khusus sayuran atau kain lembut. Setelah itu, pilih salah satu metode untuk mengolah jamur kuping berikut ini:


Cara Memasak Jamur Kuping


1. Rebus


Cara ini digunakan untuk mengolah jamur menjadi sup atau saus. Pertama, siapkan panci yang sudah diisi dengan jamur dan tambahkan ¼ cangkir air, lalu rebus hingga mendidih. Tutup panci dan biarkan selama 6-8 menit. Setelah itu, bumbui dengan garam, merica, mentega, atau bumbu lain sesuai selera.


2. Tumis


Metode menumis juga bisa digunakan untuk membuat cah jamur atau saus steak. Misalnya, panaskan mentega di atas frying pan. Masukkan jamur dan tumis dengan api kecil. Sekitar 10 menit kemudian, jamur akan berubah warna dan menjadi lebih empuk.


3. Panggang


Jamur yang dipanggang, kenapa tidak? Lumuri panggangan dengan minyak sayur. Taburi jamur dengan garam dan merica, lalu panggang hingga jamur berubah warna. Hmm, yummy!


Jamur juga sebenarnya dapat diolah dengan cara digoreng. Akan tetapi, ketiga metode untuk mengolah jamur di atas jauh lebih sehat dibanding menggoreng jamur.


Nah, bila kamu bingung ingin mengolah jamur untuk menjadi sebuah hidangan yang lezat. Pilihlah salah satu ide untuk memasak jamur berikut ini:



  • Tumis Jamur Bawang Putih, pilihlah jamur kuping atau jamur kancing, lalu tumis jamur bersama bawang putih agar aroma dari jamur ini semakin harum. Tumisan jamur dengan bawang putih ini bisa digunakan sebagai topping untuk burger atau bruschetta. Jamur yang ditumis dengan bawang putih ini juga bisa dijadikan side-dish untuk menyantap ayam panggang, ikan, atau steak, lho.

  • Risotto Jamur, tahu hidangan khas Italia yang terbuat dari nasi, kan? Ya, hidangan yang bernama risotto ini bisa dikombinasikan dengan topping aneka jamur. Gunakan jamur kuping, jamur kancing, dan shiitake sebagai topping risotto yang kamu buat. Jangan lupa untuk menambahkan taburan parmesan di atasnya.

  • Sup Jamur, menu yang satu ini bisa kamu jumpai di berbagai restoran, tetapi alangkah lebih baik jika kamu bisa mengolahnya sendiri. Cara membuat sup jamur ini cukup mudah. Bahan yang kamu perlukan hanyalah jamur kering, bawang merah, dan kaldu ayam. Seduh semua bahan selama 10 menit dan tambahkan garam serta merica untuk membuat rasa sup jamur ini jadi lebih nikmat.


Ternyata cara memasak jamur kuping ini tidak terlalu susah, bukan? Berrykitcheners bisa mencoba sendiri berbagai metode dan kreasi memasak jamur ini di rumah.


Sources:




  • myrecipes.com/how-to/7-ways-with/ways-to-cook-with-mushroom#indulge-earthy-flavor

  • tipnut.com/cook-mushrooms/ 



 Diakses pada 18 Desember 2015.
Kata Kunci: cara memasak jamur kuping
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup