facebook

Bantu Kuatkan Rupiah dengan 7 Cara Ini

Jumat, 14 September 2018 - 15:48:19 WIB
Diposting oleh : Berry
Bantu Kuatkan Rupiah dengan 7 Cara Ini

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Bantu Kuatkan Rupiah dengan 7 Cara Ini

Nilai tukar rupiah yang sedang lemah melawan dolar AS membuat pemerintah harus mengambil beberapa langkah untuk menyelamatkan mata uang Indonesia. Misalnya, dengan menaikkan suku bunga untuk meredam inflasi dan memberikan stimulus untuk menguatkan rupiah. Bank Indonesia juga melakukan intervensi dengan menjual cadangan valuta asing.

 

Nah, sebagai masyarakat awam, apa yang bisa kita lakukan untuk membantu memperkuat rupiah? Berrykitchen punya tips menolong rupiah yang juga bisa membantu kita berhemat di situasi seperti ini:

 

1. Tukarkan Dolar ke Rupiah

Jika kamu memiliki simpanan uang dolar AS, ini waktu yang tepat untuk menukarkan dolarmu dengan rupiah. Selain karena kursnya sedang tinggi, hal ini juga dapat membantu memperkuat nilai tukar rupiah karena permintaan rupiah meningkat.

 

2. Kurangi Belanja Barang Elektronik dan Produk Impor Lainnya

Kamu sering membeli barang dari luar negeri secara online? Saat nilai tukar rupiah sedang lemah seperti ini, membeli barang dalam mata uang dolar AS jadi terasa lebih mahal. Berbelanjalah secara online di merchant yang menggunakan mata uang rupiah atau di online shop dalam negeri.

 

Membeli barang elektronik (yang kebanyakan masih diimpor) di saat seperti ini juga merupakan langkah yang kurang bijak karena harganya sedang tinggi. Sebaiknya tunda membeli barang elektronik jika tidak terlalu perlu.

 

3. Cintai Produk Dalam Negeri

Sebisa mungkin, ganti produk-produk impor yang kamu gunakan dengan produk lokal, termasuk bahan makanan, buah, serta pakaian. Tak hanya mendukung anak bangsa, langkah ini juga membantu perputaran uang agar tidak ‘lari’ ke luar negeri.

 

Selain itu, membeli produk lokal juga dapat menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi jejak karbon. Banyak, kok, produk dalam negeri yang tak kalah berkualitas dengan produk impor. Misalnya Gambino Coffee yang menggunakan biji kopi asli Indonesia.

 

4. Gunakan Angkutan Umum

Saat ini Indonesia sedang mengalami defisit neraca perdagangan akibat tingginya impor migas. Hal ini merupakan salah satu penyebab melemahnya rupiah. Kamu bisa membantu memperkuat rupiah dengan cara menggunakan transportasi publik sehingga dapat mengurangi konsumsi BBM dalam negeri.

 

5. Tunda Liburan ke Luar Negeri

Di saat nilai dolar AS sedang tinggi seperti sekarang, rupiah jadi terasa seperti tak berharga. Saat menukarkan uang di money changer, segepok uang rupiah yang kita bawa diganti dengan beberapa lembar uang dolar saja.

 

Saran Berrykitchen, jangan dulu bepergian ke luar negeri. Hal ini juga dapat membantu mengurangi penukaran rupiah ke mata uang asing sehingga perlahan rupiah bisa bangkit lagi. Wisata dalam negeri juga tak kalah seru, kok!

 

6. Bijak Berinvestasi

Karena saham sedang jeblok, hindari melakukan transaksi saham terlebih dulu. Lebih baik simpan danamu dalam bentuk aset tetap seperti properti, emas, serta pembelian surat utang negara. Dibanding dalam wujud cash seperti deposito, investasi di bidang tadi tetap menguntungkan dan tak terlalu terdampak fluktuasi.

 

7. Cerdik Berbisnis untuk Pelaku UMKM

Kamu yang memiliki usaha atau sedang merintis bisnis bisa mencoba usaha yang menggunakan produk lokal namun berorientasi ekspor seperti kerajinan tangan. Kamu akan mendapat untung lebih banyak dari biasanya karena dibayar dengan dolar.

 

Untuk kamu yang sudah terlanjur berbisnis dengan mengandalkan bahan baku impor, sebisa mungkin hindari menaikkan harga jual. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan kenaikan inflasi yang malah memperburuk pelemahan rupiah. Solusinya, kamu bisa berusaha menekan biaya produksi, mengurangi porsi, atau mencari alternatif bahan baku.

 

Mempraktikkan langkah-langkah di atas tak hanya membawa manfaat bagi negara, tapi juga bagi diri sendiri dan lingkungan. Yuk, tetap optimis dan bantu kuatkan rupiah agar Indonesia tak mengalami kebangkrutan seperti Venezuela maupun krisis ekonomi seperti di Turki dan Argentina!

 

Foto: http://cdn.metrotvnews.com

 

Kata Kunci: Bantu Kuatkan Rupiah dengan 7 Cara Ini
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup