facebook

Bandrek si Penghangat Tubuh Musim Hujan

Kamis, 18 February 2016 - 10:56:46 WIB
Diposting oleh : Berry
Bandrek si Penghangat Tubuh Musim Hujan

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Bandrek si Penghangat Tubuh Musim Hujan

Halo Berrykitcheners! Sekarang sepertinya hujan datang setiap hari. Apalagi kalau berangkat kantor atau pulang kantor dan naik kendaraan umum pastinya merepotkan. Tapi hujan sepertinya menyenangkan apabila menghabiskan waktu di rumah sambil beristirahat dan menyeruput bandrek. Bandrek sebenarnya mirip dengan wedang jahe dan juga bajigur. Bandrek sendiri termasuk minuman herbal tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya bandrek dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi atau dinikmati saat musim hujan atau malam hari untuk menghangatkan tubuh. Herbal satu ini tidak memiliki efek samping justru memiliki kandungan untuk menyehatkan tubuh seperti berikut ini.

  1. Merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah sehingga menghindari terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  2. Mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase yang melancarkan pencernaan.
  3. Antioksidan yang terkandung di dalam jahe pada bandrek mampu menetralkan radikal bebas pada tubuh.
  4. Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengkeh dalam bandrek. Flavanoid memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah rematik.
  5. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.
  6. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah yang menjadi dalang penyakit jantung serta stroke.

Nah, itulah manfaat dari bandrek selain menghangatkan tubuh. Bandrek bisa menyembuhkan penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, flu dan batuk loh dan kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kami akan membagikan resep untuk membuat bandrek sendiri. Yuk kita simak bersama-sama!

Bahan-bahan yang kamu perlukan:
  1. 500ml Air Bersih
  2. 100gr Jahe (bakar, lalu memarkan)
  3. 200gr Gula Aren/ Gula Merah (tumbuk hingga halus)
  4. 2 Lembar Daun Pandan
  5. 1 jari Kayu Manis (sekitar 5cm)
  6. 1 sdt Cengkih
  7. ½ sdt Garam
Cara membuat:
  • Tuangkan 500ml air bersih ke dalam panci, rebus hingga mendidih lalu masukkan jahe, gula aren/ gula merah, daun pandan, kayu manis, garam dan cengkih.
  • Aduk hingga aroma herbal tercium dan air mendidih, kemudian matikan api dan saring.
  • Bandrek siap disajikan.
TIPS:

Bandrek bisa dinikmati dengan bahan tambahan seperti susu, telur kampung bahkan serai dan merica bagi penyuka pedas.

Nah itulah manfaat dan resep cara membuat bandrek untuk kamu coba di rumah dan dinikmati dengan orang-orang terdekat. Lebih baik dicoba sendiri di rumah karena lebih aman dan bersih! Jaga terus kesehatanmu di musim hujan ini karena pada musim hujan tubuh lebih rentan terkena penyakit disebabkan oleh menurunnya imun tubuh. Semoga informasi ini membantu ya. Have a nice day, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu