facebook

Awas! Bahan-bahan Ini Seringkali Ada Di Makanan Anak-anak, Lebih Selektif Yuk :)

Rabu, 19 August 2015 - 03:00:00 WIB
Diposting oleh :
Awas! Bahan-bahan Ini Seringkali Ada Di Makanan Anak-anak, Lebih Selektif Yuk :)

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Awas! Bahan-bahan Ini Seringkali Ada Di Makanan Anak-anak, Lebih Selektif Yuk :)


Hai berrykitcheners :)



Hidup sehat ditengah maraknya makanan yang tidak sehat di pasaran memang sudah menjadi pilihan yang cukup berat. Dimana kita harus benar-benar mengetahui apa kandungan di dalam makanan yang dikonsumsi.



Well, untuk kita selaku orang dewasa, mungkin hal ini bukanlah hal yang terlalu sulit. Tapi, tidak bagi anak-anak. Mereka tidak tahu kandungan apa yang ada di dalamnya, bagi mereka, rasa yang enak saja sudah cukup. belum lagi efek MSG yang tentunya berefek kurang baik terhadap anak-anak. Seperti memacu terjadinya obesitas, atau yang parahnya, hiper aktif sejak dini mengintai generasi muda bangsa kita nih berrykitcheners.Apalagi makanan kemasan yang cukup banyak dijual bahkan di warung terdekat dari rumah kita.



Seperti kita tahu, banyak sekali jajanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Seperti dilansir oleh detik.com, inilah beberapa bahan kimia yang mungkin hadir pada makanan yang sering sekali dikonsumsi anak-anak.



1.  Pewarna Makanan




bahaya-makanan-anak
Pewarna Makanan

Dalam industri makanan di dunia, pewarna makanan sering kali menjadikan makanan lebih menarik untuk dikonsumsi anak kecil. Karena dengan warna yang beragam, akan lebih menarik perhatian si anak utnuk mengkonsumsinya nih berrykitcheners. Pada dasarnya, pewarna makanan kimia memang aman digunakan sebagai bahan pewarna, namun harus tetap pada dosis yang tepat. Nah, dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi pewarna makanan yang terlalu banyak, akan memicu terjadinya ADD atau kehilangan perhatian dan juga ADHD atau hiperaktif pada anak lho. Belum lagi beberapa pewarna makanan yang bersifat Karsinogen yang juga akan merusak perkembangan dan fungsi sistem saraf pada anak. Nah, untuk menyiasatinya, kamu gak perlu bingung kok, ala ini sudah menyediakan banyak sekali zat pewarna, seperti warna kuning dari kunyit, warna merah dari wortel, warna hijau dari daun. dan lain sebagainya :)





2. rGBH dan rBST




bahaya-makanan-anak
Amati Nutrition Facts

rGBH atau rBST adalah hormon sintesis yang seringkali digunakan beberapa perusahaan susu sapi kepada sapi-sapi perah mereka untuk meningkatkan pasokan susu untuk produksi. Walaupun hal ini baik untuk bisnis besar, tetapi paparan hormon ini dapat menyebabkan kanker dan juga memberikan efek terhadap resistensi antibiotik lho. Nah, untuk menghindarinya, kamu perlu membaca label makanan yang akan dikonsumsi secara seksama.



3. Arsenik




bahaya-makanan-anak
Rumus Kimia Arsenik

Arsenik adalah kontaminan yang sangat beracun yang sering dikaitkan dengan penyakit kanker, penyakit jantung, diabetes, dan kondisi kesehatan serius yang lainnya. Arsenik sering kali ditemukan pada produk makanan yang mengandung beras seperti sereal dan protein bar yang bahkan mungkin untuk anak-anak lho. Kamu harus lebih selektif untuk yang ini, karena terkadang tidak tertulis pada label.



4. Nitrat dan Nitrit




bahaya-makanan-anak
Minuman Anak-anak

Senyawa ini merupakan zat yang mampu mengawetkan dan juga memberi warna pada makanan. Zat ini sering ditemukan di dalam air minum yang tidak tersterilisasi. Nah, minuman yang didalamnya terkandung 2 zat ini, dikabarkan bisa memicu kanker kanker yang bahkan bisa menyerang orang dewasa lho. Nah, gimana untuk anak-anak ya? Dan zat ini bisa menyebabkan sebuah kondisi medis langka yang dikenal sebagai methemoglobinemia atau sindrom baby blue. Duuh...



5. Ractopamine




bahaya-makanan-anak
Lucu yaa ^_^

Ractopamine adalah obat yang seringkali digunakan pada hewan ternak sepert ayam atau sapi. Gunanya tentu saja untuk membuat ayam atau sapi tumbuh subur. Dalam penelitian, obat ini bisa menyebabkan masalah perilaku seperti hiperaktif pada manusia, hingga ke masalah reproduksi. Nah, penelitian menunjukkan efek samping pada orang dewasa, Anak-anak?



6. Merkuri




bahaya-makanan-anak
Seafood Yuk :)

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan laut memang menyehatkan. Tapi, ada satu zat yang pada zaman sekarang menjadi momok yang tidak bisa disepelekan. yaitu kandungan merkuri. Merkuri merupakan zat neurotoksin yang mampu mempengaruhi perkembangan otak terutama pada anak kecil yang memang sedang dalam masa pertumbuhan. Efek yang sering terjadi diantaranya, keterlambatan perkembangan, rentang perhatian pendek, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.



Wiiih...tentunya, kamu tidak mau dong ya zat-zat berbahaya diatas ada di makanan anak-anak. Bisa jadi buah hati kamu, atau mungkin keponakan, atau siapapun. tentunya kita tidak rela bisa generasi muda Indonesia terkena penyakit yang bahkan kita tidak tahu darimana asalnya. Lebih baik, mulai sekarang, biasakan anak untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang baik dan bergizi, jangan biarkan anak bebas mengkonsumsi semua yang ddia sukai. Karena yang disukai, belum tentu baik untuk kesehatan meraka terutama untuk pertumbuhan mereka.



Nah, mulai sekarang, yuk mulai hidup sehat :)



Salam Berrykitchen :)

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup