facebook

Siapa Bilang Tanpa MSG Nggak Enak? Nih Bahan Pengganti Yang Bisa Bikin Makananmu Bahkan Lebih Lezat

Kamis, 13 August 2015 - 07:00:00 WIB
Diposting oleh :
Siapa Bilang Tanpa MSG Nggak Enak? Nih Bahan Pengganti Yang Bisa Bikin Makananmu Bahkan Lebih Lezat

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Siapa Bilang Tanpa MSG Nggak Enak? Nih Bahan Pengganti Yang Bisa Bikin Makananmu Bahkan Lebih Lezat

Hai Berrykitcheners :)

Naah, setelah kamu tau betapa berbahayanya MSG, kira-kira masih mau gak ya kamu untuk mengkonsumsinnya?

Sebenarnya, memang ada batas aman untuk mengkonsumsi MSG, yakni 5 gram/ hari. Tapi alangkah lebih baiknya, apabila kamu mulai dengan tidak sama sekali mengonsumsinya kan? :)

Tapi berry, nanti makanan jadi hambar dong??

Nah, pada dasarnya, MSG memang dibuat hanya untuk memunculkan cita rasa gurih pada makanan, terutama banyak ditemukan pada keripik kentang, sup, salad dressing kornet, dan makanan dalam kemasan lain.

Tapi tenang, tanpa MSG, bukan berarti hidupmu berakhir disitu untuk makanan lezat kok berrykitcheners :)

DI Indonesia, tersedia banyak sekali rempah-rempah yang tentunya bisa kamu substitusikan sebagai pengganti vetsin atau MSG nih berrykitcheners :)

Mau tau apa aja bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti msg? Yuk cek :)

1. Bawang Putih

bahan-pengganti-msg

Naah, ini adalah yang terbaik untuk mengganti rasa gurih dari MSG, karena aroma khas yang dikeluarkan bawang putih mampu menjadi penyedap masakan yang dapat menggantikan fungsi MSG. Kamu bisa mengolah bawang putih dengan cara mencincang halus, hingga diblender, nah sebelum memasukkan bahan masakan lain, tumis bawang putih terlebih dahulu hingga harum :)

2. Ebi

bahan-pengganti-msg

As we know, hasil laut memang terkenal dengan rasa gurihnya. Naah, ada satu bahan makanan yang bisa membuat gurih masakan. Nah, kamu tau ebi? Itu lho udang kering yang biasa dipakai sebagai bumbu masak. Caranya dengan menggoreng dan menggerusnya hingga halus, akan menjadikan ebi sebagai bumbu yang gurih untuk masakan kamu. Tau kan kalau pempek menggunakan ebi di cukonya? Nah, itu bertujuan untuk menambah gurih dari rasa pempeknya berrykitcheners :)

3. Bubuk-bubukan

bahan-pengganti-msg

Bubuk-bubukan disini bisa berarti garam, merica, gula dan yang lainnya. Dengan perpaduan dari meraka, bisa menghasilkan aroma masakan baru lho. Apalagi bubuk-bubukan rempah-rempah khas Indonesia, cengkeh, jintan, kayu manis, dan yang lainnya sudah pasti memberi warna baru dalam masakan kamu berrykitcheners :)

Naah, selain bahan-bahan diatas, kamu juga bisa lho menggunakan bahan-bahan lain seperti keju tua, daging, rumput laut, jamur, tomat, red wine, asparagus, ikan bilis (anchovy), kacang, dan lain sebagainya.

Jadi, jangan kehilangan akal dong untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat ya berrykitcheners :)

Nah, mau makanan tanpa MSG tapi tetap enak dan lezat? Yuk berlangganan berrykitchen. Dijamin, enak, lezat dan tanpa MSG deh :)

Selamat mencoba berrykitcheners :)

Salam Berrykitchen :)
Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup