facebook

Ayo Belajar Membuat Cireng Untuk Cemilan Sore di Musim Hujan!

Kamis, 21 April 2016 - 10:10:26 WIB
Diposting oleh : Berry
Ayo Belajar Membuat Cireng Untuk Cemilan Sore di Musim Hujan!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Ayo Belajar Membuat Cireng Untuk Cemilan Sore di Musim Hujan!

Hai Berrykitcheners! Hampir setiap hari hujan, kadang pulang ke rumah setelah aktivitas seharian tubuh kita sudah basah terkena hujan dan lengket karena cuaca lembab. Rasanya ingin istirahat merenggangkan kaki sambil menikmati cemilan. Tapi terkadang cauca hujan membuat kita malas menggerakkan tubuh. Daripada keluar rmah, buat cemilan sendiri yuk! Kali ini, kami akan memberikan tips memasak cireng untuk cemilan soremu. Sebelum mulai, coba kita cari tahu asal muasal dari cireng.


Sebenarnya, cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Cireng sangat populer di Priangan, Bandung. Cireng sendiri terbuat dari tepung kanji (aci) yang digoreng. Karena itulah jajanan aci goreng disingkat menjadi cireng supaya lebih mudah diucapkan dan diingat. sudah mengenal cireng? Sekarang waktunya memasak!


Bahan-bahan yang dibutuhkan:



  1. 250 gr    Tepung kanji

  2. 3 siung   Bawang putih (haluskan)

  3. 1 batang Batang daun bawang (iris)

  4. 1 batang Seledri (iris)

  5. ½ sdt      Merica bubuk

  6. 1 sdt       Garam

  7. 150 ml    Air

  8. Minyak goreng secukupnya


Cara membuat:



  • Siapkan mangkuk wadah, masukkan semua bahan-bahan membuat cireng (kecuali minyak goreng), masukkan air perlahan sambil mencampur bahan hingga membentuk adonan

  • Ambil adonan sedikit demi sedikit, bentuk menjadi bulat lalu pipihkan

  • Panaskan minyak goreng dengan api sedang lalu masukkan adonan, goreng hingga matang lalu matikan api

  • Cireng siap disajikan


Perlu diingat, pastikan minyak tiris sempurna supaya tidak menyebabkan minyak terpendam dalam cireng karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa menikmati cireng dengan saus ataupun sambal pelengkap sesuai dengan seleramu. Cireng akan muncul di menu catering Berrykitchen disajikan bersama sambal rujak yang pedas dan nikmat pada hari Jumat, 22 April 2016 untuk pemesanan makan siang Senin, 25 April 2016 loh. Selamat mencoba ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu