facebook

DETOX? Temukan Jawabanmu disini!

Rabu, 27 January 2016 - 02:29:49 WIB
Diposting oleh : Berry
DETOX? Temukan Jawabanmu disini!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > DETOX? Temukan Jawabanmu disini!

Halo Berrykitcheners! Minggu kemarin belum sempat ikutan Ask Nutritionist soal DETOX? Kamu bisa temukan jawabannya disini. Kami sudah memilih dan merangkum pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke ahli nutrisi kami untuk kamu yang belum sempat ikutan. Yuk simak bersama-sama


Q: Bagaimana detox yang benar? Berapa lama?

A: Detox atau Detoksifikasi adalah memperbaiki kualitas diri dari segi kesehatan, memperbaiki gaya hidup dan pola makan, menghentikan beberapa kebiasaan buruk yang berfungsi untuk membuang timbunan racun yang ada di dalam tubuh yang didapat dari eksternal (environmental toxins, polusi, zat kimia yang dipakai oleh manusia) dan internal (sisa pembuangan metabolisme), meremajakan dan memelihara organ tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal.Umumnya, organ tubuh yang sering menyimpan toksin terdapat pada : selaput otak, jaringan lemak, hati, limpa. Oleh karena itu, detox sebaiknya dilakukan untuk mengeluarkan toksin yang ada pada organ2 tersebut.

Caranya adalah dengan :

Detoks Tubuh:

1. Memberikan zat gizi yang baik untuk hati (makan makanan yang mengandung omega 3, omega 6), perbanyak makan sayur (terutama yang berwarna hijau), buah dan kacang - kacangan sebagai sumber antioksidan

2. Menyeleksi bahan makanan yang baik untuk kesehatan Anda (mengurangi dan mengindari makanan yang digoreng, junkfood, makanan yang di awetkan, makanan yang mengandung pemanis buatan)

3. Makan makanan dari bahan organik (tidak menggunakan bahan kimia, pestisida)

4. Minum air filter bukan air mineral biasa.

5. Olahraga teratur agar detoks dalam tubuh dapat sempurna karena olahraga mengeluarkan keringat

Detoks Gaya Hidup :

1. Bersihkan lingkungan Anda dari bahaya toksin (menggunakan masker mulut agar tehindar dari polusi, mengurangi pemakaian zat2 kimia untuk tubuh seperti cat rambut, cat kuku, dll)

2. Istirahat yang cukup

3. Gunakan produk yang berbahan dasar organik seperti shamppo, sabun, pasta gigi berbahan dasar organik

4. Hindari stress

Detoksifikasi dapat dilakukan oleh semua orang dan minimal satu kali dalam setahun dengan periode satu minggu hingga satu bulan. Namun menjaga pola hidup sehat dapat terus berlanjut agar derjat kesehatan dapat tercapai dengan maksimal.  


Q: Apakah boleh mengikuti detox jika berat badan saya underweight?

A: Tentu saja, detoksifikasi dapat dilakukan oleh semua orang yang ingin sehat, karena detoksifikasi bermanfaat untuk mencapai derajat kesehatan yang maksimal agar  tubuh menjadi prima. Detoks bukan semacam diet penurunan berat badan, detoks adalah merubah perilaku dan gaya hidup, pola makan, menghentikan beberapa kebiasaan buruk agar fungsi organ tubuh juga dapat berfungsi secara maksimal walaupun usia selalu bertambah.


Q: Mau tanya jika kita mau melakukan detox yg sehat, apa yg harus dilakukan, mungkin dari apa yg dimakan/diminum, bagaimana memakannya, kapan dan bagaimana kombinasi atau urutan memakannya sehingga memberikan hasil yg maksimal, terima kasih.

A: Dalam detoksifikasi selain racun dan zat kimia yang harus dihindari, olahan dari makanan yang mengandung gula yang tinggi, lemak, zat pengawet, dan bahan makanan tambahan (food additivies)


Q: untuk makanan yg baik dlam proses detox itu apa dok, mungkin buah atau sayur atau bahan makanan lain yg membuat badan kita mampu membuang racun?

A:  Dalam detoksifikasi selain racun dan zat kimia yang harus dihindari, olahan dari makanan yang mengandung gula yang tinggi, lemak, zat pengawet, dan bahan makanan tambahan (food additivies) juga perlu dikurangi. Sebenarnya tanpa proses detoksifikasi tubuh manusia sudah dirancang untuk dapat mengeluarkan timbunan racun dan zat - zat yang tidak digunakan dalam tubuh. Hanya saja, selama bertahun - tahun tubuh manusia sering terpapar oleh makanan dan lingkungan yang mengandung toksin seperti makan makanan junkfood. Sistem di dalam tubuh hanya mampu melakukan yang terbaik untuk dapat bertahan. Oleh karena itu, Detoksifikasi dapat dilakukan oleh semua orang dan minimal satu kali dalam setahun dengan periode satu minggu hingga satu bulan.

Cara detoksifikasi :

1. Memberikan zat gizi yang baik untuk hati (makan makanan yang mengandung omega 3, omega 6), perbanyak makan sayur (terutama yang berwarna hijau seperti brokoli, bayam, buncis), buah- buahan (apel, kiwi, anggur, jeruk) dan kacang - kacangan (almond, kacang merah, kacang hijau) sebagai sumber antioksidan

2. Menyeleksi bahan makanan yang baik untuk kesehatan Anda (mengurangi dan mengindari makanan yang digoreng, junkfood, makanan yang di awetkan, makanan yang mengandung pemanis buatan)

3. Makan makanan dari bahan organik (tidak menggunakan bahan kimia, pestisida)

4. Minum air filter bukan air mineral biasa.

5. Olahraga teratur agar detoks dalam tubuh dapat sempurna karena olahraga mengeluarkan keringat

6. Istirahat yang cukup

Bagaimana? Apa pertanyaanmu sudah terjawab? Ayo buang racun dalam tubuhmu ya karena tubuh kita ini akan kita pakai untuk jangka yang panjang loh. Kami tunggu di ask nutritionist selanjutnya ya :)

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup