facebook

Q&A Ask Nutritionist

Senin, 23 November 2015 - 04:35:02 WIB
Diposting oleh : Berry
Q&A Ask Nutritionist

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Q&A Ask Nutritionist

Halo Berrykitcheners! Bagaimana dengan ask nutritionist? Apakah sudah menjawab pertanyaan kalian? Kami merangkum semua pertanyaan dari berrykitcheners dan jawaban dari ahli nutrisi kami dalam bentuk blog. Hal ini kami lakukan supaya yang kamis belum sempat bertanya bisa mendapatkkan tips seputar ask nutritionist :) Tema yang kita bawa hari ini adalah "Clean Eating". Penasaran? Yuk kita cek!

QUESTION:

Hari ini saya membaca artikel mengenai clean eating, dan saya tertarik untuk mengetahui lebih jelas, apa yang dimaksud dengan clean eating?

ANSWER:

  Clean eating atau eat clean yang lebih populer disebut clean diet adalah sebuah tren diet yang sedang digandrungi oleh mereka yang ingin merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Clean diet terkenal setelah buku berjudul The Eat-Clean Diet yang Clean eating atau eat clean yang lebih populer disebut clean diet adalah sebuah tren diet yang sedang digandrungi oleh mereka yang ingin merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Clean diet juga disebut makanan bersih yaitu, makan makanan utuh atau raw (untuk buah dan sebagian besar sayur), biji serealia (oat,roti  gandum), daging tanpa lemak, menjauhi makanan olahan dan makanan dengan kandungan pengawet maupun zat kimia lain. Selain itu sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih diganti dengan sumber karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, roti tawar putih dengan roti gandum, contoh lain karbohidrat sederhana yang dihindari adalah gula pasir yang diganti dengan gula buah atau gula jagung. 

  Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah semua sumber lemak jenuh, lemak trans, makanan olahan, makanan berpengawet termasuk tepung terigu, minuman soda terutama yang mengandung gula, makanan yang terlalu lama dimasak, gula,  jus (bukan jus alami), kopi dan teh (dengan gula), minuman botol mengandung tinggi gula dan alkohol. Berarti Anda harus menghindari makan makanan mengandung minyak banyak seperti gorengan, ayam fried chicken, makanan junk food lainnya.

  Seperti kebanyakan tren diet yang berlaku, clean diet nampak berhasil oleh mereka yang memang ingin bertujuan menurunkan berat badannya, ingin menjaga berat badan, dan orang - orang yang terbiasa mengikuti olahraga work out.  Untuk mereka yang ingin menjalankan diet ini kuncinya adalah motivasi untuk hidup sehat, artinya mereka mau merubah perilaku yang kurang sehat menjadi lebih sehat, menstimulasi tubuh untuk disiplin dalam menjalankan diet ini. Bagi pemula dr. Samuel Oentoro M.S., SpGK dari femina.com menyarankan untuk menerapkan diet ini selama 8 – 12 minggu, jika berhasil melewati masa itu, diet ini akan terasa mudah karena kebiasaan sehat yang baru sudah terbentuk. Umumnya yang menjalankan diet ini tidak melewatkan sarapan, menu makan siang dengan porsi nasi merah/roti gandum, daging ayam yang direbus dan ditambah bumbu garam dan lada, sayur yang direbus dan buah yang dimakan utuh, dan makan malam dengan 200 kalori dengan menu whole grain, kacang – kacangan dan sayur.

  Rahasia keberhasilan diet ini terletak pada mengontrol kalori yang diasup dan olahraga yang teratur. Sama seperti diet penurunan berat badan pada umumnya berat badan yang turun dikarenakan pembatasan jumlah makanan yang dibatasi dan menjauhi bentuk pengolahan makanan yang digoreng.  Olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan rutin juga turut membantu keberhasilan program penurunan berat badan dalam diet ini.

  Bagi mereka yang telah sukses menjalankan clean diet sebagai pola hidupnya, tubuh mereka mempunyai sinyal terhadap zat – zat yang dianggap berbahaya misalnya lewat rasa pusing, mual, atau nyeri. Itulah sebabnya, jika kebiasaan sudah terbentuk, Anda boleh saja sesekali bandel. Karena,warning system yang sudah terbentuk tadi akan menjaga Anda dari terjerumus kembali ke pola makan yang salah. (tabloidnova.com)

  Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat berarti anda telah memberi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga, tubuh Anda dapat terus berfungsi secara baik dan optimal. Perlu motivasi dan disiplin yang tinggi dalam menjalankan pola hidup sehat, dukungan dari keluarga dan lingkungan juga dapat mendorong kuatnya motivasi yang Anda jalani untuk hidup sehat.

  Clean diet menyarankan mengkonsumsi kalori per hari dengan kisaran 1200 – 1800 dibagi menjadi 5-6 kali makan (3 kali makan utama dan 2 kali snack). Bagi pemula, saya menyarankan dimulai dari 1800 kkal, karena perlu tahapan yang berangsur agar tubuh tidak kaget menerima perubahan pola makan.  

Berikut contoh menu 1800kkal:

Pagi:

Sandwich roti gandum isi telur

Roti gandum 2 lembar

Telur rebus (telur rebus dicincang, dicampur dgn olive oil, bawang Bombay, garam secukupnya)

Daun selada

Tomat iris

Buah Apel 

Snack Pagi : Salad Jeruk Bali

Siang:

Nasi merah 100 gr

Roast chicken bb oregano

Asinan bogor & kacang tanah sangrai

Jeruk Sunkist 

Snack Sore : Green Juice (Brokoli, kiwi, seledri, apel malang) 

Malam:

Oatmeal & buah berry (strawberry & berry hitam) peras dengan air jeruk lemon

Pepaya potong


QUESTION:

Saya ibu rumah tangga anak dua dan status menyusui. Badan menjadi kurus stelah melahirkan. Dulu berat badan bisa sampai 46-49kg sekarang hanya 41kg. Tinggi badan 153cm. Doyan ngemil dan makanan yg berbumbu, pedas, penuh MSG dan enak.Udah 3 bulan sakit lambung. Alhasil harus stop makanan pedes dan terlalu garam apalagi asem2. Clean eating itu cocok gak ya buat aku?

ANSWER:

  Clean diet Nampak berhasil oleh mereka yang memang ingin bertujuan menurunkan berat badannya, ingin menjaga berat badan, dan orang – orang yang terbiasa mengkuti olahraga seperti work out, pilates, maupun yoga. Jika sedang menyusui dapat memodifikasi clean diet ini, karena prinsipnya Ibu menyusui tidak perlu pembatasan asupan makanan, bahkan harus makan aneka ragam makanan demi kelancaran ASI, yang perlu dihindari adalah makanan pedas.  Berikut contoh modifikasi menu clean diet untuk Ibu menyusui

Makan Pagi Jam 7.00

- Roti Sandwich Tuna (Roti Gandum isi ikan tuna, mayonaise, lettuce, tomat, zucini)

- Jeruk manis

Waktu Snack Jam 10.00

- Pudding Cokelat (tanpa vla untuk membatasi lemak dari susu)

- Kacang mete sangrai (kacang mete baik untuk produksi ASI) 

Makan Siang

- Nasi merah (1/2 porsi atau 100 gr)

- Ayam Bakar bb padang (tanpa digoreng untuk membatasi jumlah lemak)

- Bening katuk & jagung (katuk baik untuk produksi ASI)

- Tahu bb kuning

- Melon Potong

Waktu Snack Jam 16.00

- Jus Alpukat tanpa susu kental manis dan sedikit gula (Alpukat baik untuk produksi ASI)

Makan Malam 18.00

- Nasi merah (1/2 porsi atau 100 gr)

- Pepes Ikan Tuna 

- Sop sayur & kacang merah

- Pepaya Potong

*Cukupkan dengan air putih minimal 2 L atau 8 gelas sehari dan olahraga yang teratur.

QUESTION:

Jika nasi merah diganti dengan kentang, ubi atau jagung rebus saja boleh kah? & kira2 berapa kali seminggu yang harus saya luangkan untuk berolahraga? Serta selain ketiga olahraga yang ibu/bpk sebutkan, kira2 olahraga apa lagi ya, yang simple untuk bisa saya lakukan (jika waktu senggang saya berada di kantor saja)? 

ANSWER:

  Nasi merah boleh diganti dengan kentang, ubi, jagung, singkong. Prinsipnya sumber karbohidrat pada clean diet adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih kompleks dicerna menjadi gula di dalam tubuh, sedangkan karbohirat sederhana (nasi putih, gula pasir) mudah menjadi gula dalam tubuh. Oleh karena itu, kentang, ubi, jagung, singkong, nasi merah, roti gandum adalah contoh karbohidrat kompleks dan tinggi serat. Olahraga yang dianjurkan adalah 3 kali selama 30 menit, misalnya jogging, senam, atau cardio yang bisa dilakukan saat weekend. Ketika di kantor Anda bisa melakukan peregangan otot dan squat 2 x hitungan 30. Lakukan secara rutin dan tambah hitungannya perhari. Dalam berolahraga kuncinya adalah teratur dan rutin. Karena ketika rutin, tubuh sudah menangkap sinyal yang baik untuk mengaktifkan organ2 tubuh secara optimal.

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu