facebook

Aneka Steak yang Jadi Menu Favoritmu

Senin, 10 October 2016 - 15:08:09 WIB
Diposting oleh : Berry
Aneka Steak yang Jadi Menu Favoritmu

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Aneka Steak yang Jadi Menu Favoritmu

Hai Berrykitcheners! Gimana weekendnya? Setelah mengisi kembali tenaga dan pikiran segar saat weekend, Senin ini jadi lebih semangat dong tentunya. Bicara tentang daging sapi tentu kamu sudah tidak asing dengan bahan makanan primadona satu ini. Daging sapi terkenal dengan kandungan gizinya yang tinggi. Kalori, protein, selenium, vitamin B kompleks, omega 3, hingga zat besi dan kandungan lainnya yang bahkan baik bagi ibu hamil pun bisa kamu dapatkan dengan sekali santap daging yang satu ini. Tidak hanya kandungan gizi, rasa dan tekturnya yang lembut di setiap irisan menjadikan daging sapi cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya steak. Hmm.. Siapa yang tidak mengenal hidangan ala western yang satu ini? Seperti yang kamu lihat jika sedang membolak-balik halaman menu restoran, terdapat beberapa jenis daging sapi yang dijadikan menu steak. Apa saja jenis dan perbedaannya? Yuk disimak!

 

1. Tenderloin

ygukygy

Tentu kamu sudah tidak asing dengan jenis daging steak yang satu ini. Tenderloin merupakan potongan yang berasal dari bagian punggung dalam yang tidak berotot dan tidak berlemak. Tenderloin terletak di antara Sirloin dan tulang rusuk. Kelembutan pada daging tenderloin disebabkan oleh otot-otot pembetuk Tenderloin yang jarang digunakan sapi. Jika daging Tenderloin dipotong lagi ke dalam bentuk yang lebih kecil, maka biasa akan disebut Fillet Mignon. Dengan karakter daging yang lembut dan tidak berlemak, Tenderloin praktis jadi pilihan kamu yang sedang diet ya, Berrykitners.

 

2. Sirloin

yigliugl

Jenis daging steak yang paing umum disajikan selain Tenderloin. Daging ini berasal dari daging sapi has luar atau bagian punggung luar dekat paha belakang. Jika kamu mengenal Tenderloin sebagai daging steak tanpa lemak, maka sebaliknya dengan Sirloin. Sirloin memiliki lapisan lemak yang menempel pada salah satu sisi atau bahkan sekeliling daging. Oops! Serat dan lemak yang terdapat pada Sirloin membuatnya sedikit lebih rumit bila kamu mengirisnya lho, Berrykitcheners. Jadi, pastikan kamu lebih berhati-hati ketika mengirisnya ya. Bagi kamu yang sedang dalam “program penggemukan badan”, Sirloin tentu sangat cocok jadi menu favoritmu.

 

3. Rib Eye

xdew

Potongan daging ini berasal dari tulang rusuk sapi. Lemak yang terdapat di bagian tengah atau bahkan merata di seluruh permukaan daging membuat potongan daging ini menjadi kian beraroma dan juicy. Steak yang juga disebut dengan Fillet Scotch ini merupakan salah satu jenis daging steak yang mahal di pasaran lho, Berrykitcheners.

 

4. T-Bone

dewew

Daging yang memotong tulang punggung sapi dari bagian dalam punggung hingga bawah sapi. Seperti namanya, daging ini memiliki bentuk tulang dengan bentuk seperti huruf “T”.  Dengan potongan daging yang tebal dan lemaknya, membuat potongan steak ini terkenal dengan kelezatannya. Untuk membuatnya kian nikmat, T-Bone biasa disajikan dengan saus-saus klasik seperti balsamic, jamur, madu hingga dicampur dengan whisky.

 

5. Wagyu

 ewwr4

Sebagian dari kamu tentu sudah tidak asing dengan jenis daging steak yang satu ini. Dan mungkin masih heran mengapa daging yang satu ini harganya jauh lebih mahal ketimbang dengan harga daging steak lainnya. Wagyu berasal dari daging yang diproses secara genetic dan mendapat metode perawatan ternak yang sangat spesial. Untuk mendapat kadar lemak otot (marbling) yang tinggi, sapi wagyu digemukan selama sekitar 300 sampai 600 hari. Penilaian wagyu sendiri bergantung pada banyaknya kandungan lemak otot yang terdapat dalam daging. Kian banyak lemaknya, maka kualitas daging sapi akan kian baik dan tinggi. Jenis daging sapi yang terkenal sebagai daging premium ini memiliki tekstur daging yang empuk dan mudah lumer di mulut, rasanya pun sangat lezat.

 

Wah ternyata ketika kamu menyuap potongan steak ke dalam mulutmu, daging-daging tersebut sudah digolongkan terlebih dulu ya. Dari banyaknya pilihan daging steak, mana yang jadi favoritmu?

Kata Kunci: Aneka Steak yang Jadi Menu Favoritmu
Bagikan ke teman Kamu