facebook

Aneka Saus Pendamping Cumi Goreng Tepung

Rabu, 25 May 2016 - 02:20:49 WIB
Diposting oleh : Berry
Aneka Saus Pendamping Cumi Goreng Tepung

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Aneka Saus Pendamping Cumi Goreng Tepung

Halo Berrykitcheners! Apakah kamu termasuk salah satu penggemar hidangan cumi? Jika ya, apa jenis hidangan cumi favoritmu? Ya, cumi-cumi adalah makanan laut yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Akan tetapi, salah satu hidangan cumi yang paling favorit di Indonesia adalah cumi goreng tepung. Hal tersebut dikarenakan cara memasak cumi goreng tepung lebih mudah dibanding jenis hidangan cumi lainnya.


 


Aneka Hidangan Cumi ala Indonesia


Di Indonesia, banyak jenis hidangan cumi yang dijual di warung kaki lima hingga restoran seafood. Beberapa jenis hidangan cumi dengan saus ala Indonesia antara lain adalah:



  • Cumi Saus Telur Asin


Hidangan ini pertama kali diperkenalkan pada saat sebuah restoran seafood dengan harga ekonomis dibuka. Restoran yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia ini memiliki menu andalan cumi saus telur asin. Rasa dari hidangan ini adalah gurih, manis, dan tidak terlalu asin seperti yang kamu bayangkan. Pasalnya, untuk membuat hidangan ini, kamu hanya perlu menggunakan kuning telur asin matang, sedangkan putih telurnya tidak digunakan.



  • Cumi Saus Padang


Walaupun namanya adalah Cumi Saus Padang, tetapi kamu tidak akan menemukan menu ini di rumah makan Padang. Kamu dapat menemukan hidangan ini di restoran seafood. Cumi saus padang ini memiliki rasa yang sedikit pedas, karena sausnya terbuat dari saus tomat dan saus sambal botol yang dikombinasikan dengan rempah-rempah lainnya.


 


Cara Memasak Cumi Goreng Tepung yang Empuk


Beberapa waktu yang lalu, Berrykitchen sempat membagikan tips untuk membuat cumi goreng tepung terasa lebih empuk dan tidak alot. Salah satu cara membuat cumi menjadi lebih empuk adalah merebusnya dengan air hingga mendidih. Cara memasak cumi goreng tepung ini cukup efektif, lho. Cumi goreng tepung yang akan kamu sajikan menjadi lebih empuk dan mudah dikunyah.


 


Cara Memasak Cumi Goreng Tepung dengan Aneka Saus Dipping


Di luar negeri, calamari atau cumi goreng tepung disajikan dengan berbagai saus yang nikmat. Berikut adalah variasi saus untuk disajikan bersama dengan cumi goreng tepung buatanmu:



  • Saus Rempah-Rempah


Five Spice Calamari with Dipping Sauce, itulah nama dari hidangan yang akan kita bahas ini. Saus cumi goreng tepung yang satu ini terbuat dari minyak wijen, bawang merah, madu, cuka beras, kecap manis, kecap ikan, mustard kering, bawang putih, dan mayones. Semua bahan tersebut nantinya akan diblender dan menjadi saus gurih untuk disajikan bersama dengan cumi goreng tepung.



  • Saus Asam Manis


Sebenarnya, saus asam manis ini juga banyak dijumpai di Indonesia. Namun, saus asam manis ini terinspirasi dari hidangan oriental khas negeri tirai bambu. Untuk membuat saus asam manis pendamping cumi goreng tepung, kamu harus menumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum. Setelah itu, tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, garam, dan gula. Saat saus hendak mendidih, tambahkan tepung maizena agar tekstur saus jadi mengental.



  • Saus Lemon Butter


Inspirasi saus dipping untuk cumi goreng tepung selanjutnya adalah saus lemon butter. Cara membuat saus ini cukup sederhana. Kamu cukup menumis 3 sendok makan butter, 2 sendok teh parutan kulit lemon, dan 2 sendok teh air perasan lemon sampai harum. Setelah selesai taburkan parsley di atas saus ini.


 


Cara memasak cumi goreng tepung yang empuk bersama dengan saus dipping-nya sangat mudah, bukan? Sejatinya, cumi goreng tepung tetap nikmat dinikmati dengan atau tanpa saus khusus.


 


Sources:



  • com/id/resep/671746-ayam-asam-manis?ref=search

  • com/recipes/food/views/five-spice-calamari-with-dipping-sauce-105150

  • com/recipe/lemon-butter-sauce-0


Diakses pada 8 April 2016.

Kata Kunci: cara memasak cumi goreng tepung
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup