facebook

Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Kamis, 07 June 2018 - 01:40:35 WIB
Diposting oleh : Berry
Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Hai Berrykitcheners! Apakah kamu akan mudik di libur Lebaran kali ini? Jika iya, jangan hanya memikirkan barang bawaan. Kamu juga harus memastikan rumahmu aman dari perampok, bencana yang bisa dicegah seperti kebakaran, serta hama sumber penyakit.

 

Setidaknya ada tujuh aspek yang perlu kamu perhatikan sebelum meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama seperti saat mudik. Apa saja?

 

Kunci Pintu dan Jendela

Saran ini mungkin terdengar klise, tapi kamu memang wajib mengunci semua jendela dan pintu di rumah sebelum berangkat. Kunci juga ­kamar tidur dan lemarimu, lalu simpan kuncinya di tempat aman.

 

Sebaiknya bawa kunci utama rumahmu. Jangan tinggalkan di bawah pot, keset, atau di lubang ventilasi karena si perampok mungkin tahu kebiasaan ini. Akan lebih aman jika rumahmu dilengkapi sistem keamanan lanjutan seperti teralis di daun pintu dan jendela luar, CCTV, serta alarm.

 

Waspadai Sumber Listrik, Api, dan Air

Sesaat sebelum meninggalkan rumah, cek kembali apakah sumber listrik yang tidak diperlukan, api, dan air sudah dimatikan. Kulkas mungkin memang harus menyala terus jika di dalamnya ada bahan makanan yang harus tetap dingin. Namun, barang elektronik lainnya seperti AC, rice cooker, dispenser, TV, dan sebagainya harus dimatikan dan lebih baik dicabut dari stop kontak untuk meminimalisasi risiko korsleting.

 

Selain itu, pastikan semua keran sudah ditutup serta saluran utama PAM dan air tanah sudah dimatikan. Jangan lupa cabut regulator kompor dari tabung gas.

 

Barang Berharga

Kalau kamu memiliki beberapa barang berharga seperti laptop, perhiasan, uang tunai, dan lain-lain yang ditinggal di rumah, sebaiknya simpan di tempat yang berbeda-beda. Tujuannya agar benda-benda bernilai tinggi tersebut tidak sekaligus hilang jika terjadi perampokan. Untuk kendaraan, sebaiknya gunakan pengaman tambahan.

 

Jangan Perlihatkan bahwa Rumah Kosong

Rumah yang sedang ditinggal pemiliknya jadi sasaran empuk perampok. Kamu bisa melakukan beberapa trik agar seakan-akan rumahmu sedang berpenghuni, salah satunya dengan meletakkan beberapa alas kaki di depan pintu. Saat pergi, sebisa mungkin gembok pagar dari dalam agar kekosongan rumahmu tidak mencolok.

 

Kalau kamu berlangganan koran atau majalah, hubungi agen untuk menghentikan pengiriman selama kamu mudik. Selain karena mubazir tidak terbaca, koran atau majalah yang menumpuk jelas menunjukkan kalau tidak ada orang di rumah.

 

Lampu dan alat elektronik lain boleh kamu matikan, tapi lampu luar sebaiknya kamu nyalakan. Tujuannya untuk mengesankan bahwa di rumah ada orang saat malam hari. Atau, kamu bisa memasang sensor lampu otomatis yang bereaksi terhadap cahaya. Saat terang, lampu akan mati dan saat mulai gelap, lampu akan menyala sendiri.

 

Kebersihan

Selain bahaya rampok dan bencana, kamu juga perlu mencegah bahaya penyakit akibat rumah kotor yang mengundang hewan-hewan pengganggu. Pastikan kamu sudah mengosongkan tempat sampah dan bak air untuk mencegah datangnya semut, lalat, tikus, kecoak, dan munculnya jentik nyamuk.

 

Cek juga apakah di kulkas dan dapur ada makanan yang akan segera busuk agar tidak mubazir dan tidak menimbulkan bau. Jika ada, segera habiskan sebelum berangkat mudik.

 

Supaya tidak repot harus memasak menjelang pulang kampung sementara kamu harus packing dan beres-beres rumah, kamu bisa memesan makanan buka puasa di Berrykitchen. Hidangan nusantara seperti ayam tuturuga sampai sajian internasional seperti creamy tomato fish siap diantarkan ke alamatmu!

 

Tanaman dan Hewan Peliharaan

Kamu punya tanaman kesayangan yang harus dirawat setiap hari? Coba pikirkan cara agar tanamanmu dapat tetap hidup selama kamu tinggal. Hewan peliharaan yang tidak bisa kamu bawa juga sebaiknya dititipkan ke tempat penitipan hewan atau tetangga yang tidak mudik. Jangan lupa titipkan pula makanan dan keperluan lainnya serta instruksi jelas tentang perawatan si hewan.

 

Titip Rumah

Infokan kepada RT, satpam kompleks, dan tetangga yang tidak mudik bahwa kamu akan pulang kampung dari tanggal sekian sampai sekian dan salinglah bertukar nomor telepon. Dengan demikian, mereka tahu rumahmu akan kosong dan mereka akan membantu mengabarkan jika terjadi sesuatu di rumahmu.

 

Dengan mempraktikkan langkah-langkah di atas, mudah-mudahan rumahmu terhindar dari berbagai bahaya, ya. Selamat pulang kampung dengan hati tenang, Berrykitcheners!

 

Foto: http://www.bradslockservice.com

 

Kata Kunci: Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup