facebook

7 Jenis Keju yang Khas

Selasa, 30 August 2016 - 11:43:24 WIB
Diposting oleh : Berry
7 Jenis Keju yang Khas

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 7 Jenis Keju yang Khas

Hai Berrykitcheners! Bahan makanan ini bisa digunakan untuk olahan makanaan atau minuman yang nikmat. Rasanya gurih dan mengandung susu. Yup, namanya keju! Kamu pasti mengenal keju kan? Keju terbuat dari susu murni bisa dari sapi, kambing atau kerbau melalui proses mendadih. Keju  juga memiliki banyak manfaat lho, seperti protein, kalsium, dan lain-lain. Nah, ternyata keju pun beragam jenisnya ada yang bertekstur keras hingga lembut. Selain itu, ada yang harganya mahal juga lho. Penasaran keju apa itu? Yuk, simak dan kenali jenis keju di bawah ini!


1. Keju Cheddar


1236


Ini dia keju yang memiliki warna kuning pucat hingga putih gading. Keju cheddar memiliki tekstur yang keras. Keju ini menjadi salah satu keju yang umumnya digunakan sebagai bahan membuat kue. Keju yang berasal dari desa Cheddar di Somerset memiliki kandungan lemak 48%.


2. Keju Parmesan


sr


Keju Parmesan berasal dari kota Parma, Italia. Memiliki tekstur padat dan agak keras karena proses pemeramannya yang cukup lama bisa sampai bertahun-tahun. Biasanya keju parmesan digunakan sebagai taburan untuk pizza dan pasta sehingga menambah nikmat.  Keju ini juga memiliki aroma yang tajam.


3. Keju Mozzarella


err


Keju mozzarella terbuat dari susu sapi segar. Keju ini dibut dengan cara diputar dan dipotong, sesuai dengan namanya mozzare berarti memotong. Biasanya keju ini menjadi bahan campuran saat membuat pizza, lho. Tekstur dari keju ini lembut dan mudah dibentuk, tapi ada juga yang agak padat dan biasanya berwarna putih atau kekuningan.


4. Keju Edam


q1


Keju edam memiliki tekstur lembut dan sedikit asin. Selain itu, keju ini tidak begitu menyengat aromanya dibandingkan keju lainnya. Edam adalah keju yang berasal dari Belanda yang secara tradisional berbentuk bulat dan berwarna kuning terang. Keju ini begitu menarik dengan bungkusan yang terbuat dari parafin dan malam (zat) berwarna merah.


5. Keju Manchego


12w3


Manchego adalah keju bertekstur keras berasal dari La Mancha di Spanyol. Keju ini terbuat menggunakan susu domba yang dipasteurisasi. Keju manchego merupakan keju Spanyol yang paling populer dan diekspor ke banyak negara di dunia. Bentuknya cukup unik lho, bagian dalam keju memiliki lubang-lubang kecil.


6. Keju Pule


12wer


Keju ini cukup berbeda denngan keju lainnya. Bahan dasar membuatnya pun berasal darri susu keledai. Keju pule juga menjadi salah satu keju termahal lho! Dilansir dari Oddity Central, susu keledai ini dihasilkan dari peternakan di Zasavica Preserve, Serbia dengan harga Rp13 juta per 450 gram. Keju ini memiliki tekstur yang mudah hancur dan rasanya yang asin. Keju keledai ini juga sulit didapat karena keledai dari Zavica Nature Preserve hanya dapat memproduksi susu yang cukup untuk membuat 90 kilogram keju pule dalam setahun.


7. Keju Stiliton


1o


Stilton adalah keju yang berasal dari Inggris. Keju ini dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi. Keju ini cukup unik, memiliki tekstur yang bercorak biru karena penambahan jamur pada proses pembuatannya. Stilton pertama kali dipopulerkan oleh Bell Inn, yaitu sebuah penginapan bagi para wisatawan dari London yang hendak ke York.


8. Keju Emmental


1qw23


Keju ini dikenal dengan sebutan lain seperti emmental, emmentaler, emmenthal, atau emmenthaler. Keju asal Swiss ini terbuat dari susu sapi mentah. Uniknya keju ini  memiliki banyak pola berbentuk lubang yang berukuran besar lho.


Bagaimana begitu beragam yah jenis keju khas tiap negara? Mana keju yang menjadi favoritmu? Keju memang menambah nikmat berbagai olahan makanan dan minuman yang kamu buat. Pastikan memilih keju yang benar yah. Jangan sampai mendapatkan keju yang sudah berjamur. Semoga bermanfaat berrykitcheners!


 


 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu