facebook

6 Solusi Makanan Olahan yang Dibakar

Rabu, 10 August 2016 - 17:29:20 WIB
Diposting oleh : Berry
6 Solusi Makanan Olahan yang Dibakar

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 6 Solusi Makanan Olahan yang Dibakar

Makanan yang diolah dengan cara di bakar memang begitu nikmat. Aromanya yang khas dan terasa garing membuat siapapun menyukai makanan tersebut. Kamu pasti pernah mengonsumsinya juga kan? Biasanya memanggang daging, ikan, sate atau ayam begitu menyenangkan dilakukan bersama keluarga atau teman. Bahkan olahan yang dibakar juga masuk ke daftar menu di restoran yang sering kita kunjungi.


Namun, dibalik kelezatan olahan yang dibakar akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, lho! Memasak makanan dengan cara memanggang dapat meningkatkan risiko kanker hingga dua kali lipat dibandingkan dengan direbus. Jangan khawatir kamu perlu membaca tips berikut ini untuk mencari solusinya. Yuk, simak penjelasan berikut yah!


1. Tata dan Cara Pengolahan


1


Perlu diperhatikan juga tata dan cara pengolahan sebelum memasak. Pilihlah panggangan yang tidak langsung bersentuhan dengan api saat membakar makanan. Mengapa demikian? ­ Proses memanggang seperti ini dilakukan agar daging tidak terbakar yang membentuk zat penyebab kanker.


2. Hindari Temperatur Tinggi


2


Biasanya saat memanggang daging dibutuhkan waktu yang lama agar daging matang dan empuk. Proses memasak daging yang lama ini akan memberikan kesempatan pembentukan zat karsinogen karena daging terkena paparan panas yang tinggi. Sebaiknya, untuk menghindari daging mentah atau kurang matang. Kamu bisa memotong tipis daging agar matang merata.


3. Pemilihan Bahan Baku


3


Perhatikan saat memilih bahan baku yang akan dimasak. Sebaiknya pilihlah daging yang tidak berlemak. Jika memasak daging yang berlemak, maka saat di panggang akan meneteskan lemak yang menyebabkan gosong dan menimbulkan asap yang berlebihan.


4. Konsumsi Lalapan


4


Pasti kamu sering memperhatikan hal ini. Setiap membeli makanan olahan yang dibakar, seperti ayam bakar, ikan bakar disertai dengan lalapan bukan? Biasanya lalapan terdiri dari timun, daun selada, kubis, dan kemangi. Nah, fungsi dari lalapan ini begitu penting untuk menetralisir tubuh kita. Misalnya, timun yang memiliki kadar air tinggi  selain antioksidan dapat juga menurunkan tekanan darah.  Begitu juga dengan kubis yang dapat menangkal radikal bebas dan daun kemangi sebagai anti  bakteri.


5. Konsumsi Bawang Merah


5


Bawang merah merupakan salah satu bahan yang terdapat di dalam acar. Ketika kamu membeli sate akan disajikan dengan pelengkapnya, yaitu acar. Bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap saja,  lho. Bawang merah di sini berfungsi untuk penangkal racun dan sebagai anti hipertensi.


6. Pilih Waktu yang Tepat


6


Mengonsumsi olahan yang dibakar memang sah-sah saja. Namun, kamu perlu memperhtikan jangka waktunya. Jangan sampai terlalu sering agar terhindar dari dampak negatifnya. Kamu bisa mengonsumsinya di waktu-waktu tertentu saja. Misalnya, saat berlibur, acara keluarga, dan lain sebagainya.


Ternyata cukup sederhana ya untuk membuat olahan yang dibakar menjadi lebih sehat.  Nah, sekarang kamu tidak perlu cemas lagi. Tetap bisa makan enak asalkan tepat dengan pilihannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup