facebook

6 Cara Atasi Bau Mulut

Kamis, 25 January 2018 - 18:21:49 WIB
Diposting oleh : Berry
6 Cara Atasi Bau Mulut

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 6 Cara Atasi Bau Mulut

Hai Berrykitcheners! Bicara tentang bau mulut, sudah bukan rahasia lagi bila masalah yang satu ini bisa merusak kepercayaan diri penderitanya. Masalah yang satu ini pun dapat mengganggu orang-orang di sekitar si pengidap. Selain bisa tidak disadari oleh si pengidap, orang-orang di sekitarnya pun bisa merasa segan untuk memberi tahu mereka. Sebab itu, masalah bau mulut penting untuk diatasi dan dicegah. Simak cara mengatasi sekaligus mencegah bau mulut di bawah ini yuk!

 

1. Menyikat gigi

xwee

 

Yes! Cara ini ada di peringkat nomor satu untuk mencegah dan mengatasi bau mulut. Menyikat gigi memang efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan menyebabkan pertumbuhan bakteri.  Menyikat gigi juga bisa mencegah gigi berlubang yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Sikat gigi 2x sehari wajib jadi rutinitas kamu.

 

2. Membersihkan lidah

dddq

 

Bukan hanya gigi yang perlu dibersihkan, lidah sebagai tempat bersarangnya bakteri juga wajib di bersihkan. Pasalnya, makanan yang kamu santap bisa saja meninggalkan sisa di papila lidah. Sisa makanan ini kemudian bisa menyebabkan bakteri bersarang di lidah yang menyebabkan bau lidah. Menurut American Dental Association, lidah yang bersih dapat mengurangi bau mulut hingga 70%. Sebab itu, kamu wajib membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah.

 

3. Berkumur

dq

 

Untuk nafas yang segar seharian, kamu perlu memaksimalkan “acara bersih-bersih mulut” kamu dengan kegiatan yang satu ini. Tidak hanya dengan air biasa, kini berbagai merk mouthwash hadir di pasaran untuk membantu kamu menyingkirkan bau mulut tidak sedap. Tersaji dengan berbagai rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera, berkumur dengan mouthwash terbukti efektif mengurangi bakteri dalam mulut.

 

4. Flossing

dasdq

 

Walau sudah menyikat gigi dan berkumur, sisa makanan membandel penyebab bau mulut bisa saja tetap menempel di sela-sela gigimu. Jangan buru-buru mengambil tusuk gigi. Kamu tidak disarankan untuk membersihkan sisa makanan yang menyangkut di sela gigi dengan tusuk gigi. Gigi memiliki sela yang sangat rapat dan bisa merenggang bila kamu membersihkannya dengan tusuk gigi. Dari pada menggunakan tusuk gigi, sebaiknya kamu menggunakan benang atau dental flossing yang khusus untuk gigi. Nggak perlu bingung mencarinya, flossing banyak dijual di drug store, swalayan, hingga toko online kok.

 

5. Cek sinus

dew

 

Selain seputar mulut, bau mulut ternyata juga bisa disebabkan oleh sinusitis lho. Sinusitis adalah peradangan pada sinus. Sementara sinus sendiri merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di tulang pipi dan dahi. Sinusitis yang lama biasa dapat menyebabkan bau mulut karena adanya infeksi bakteri pada rongga sinus itu sendiri. Jadi, bila merasa kamu tidak memiliki masalah dengan kebersihan mulut namun tetap terganggu dengan bau mulut, bisa jadi sinusitis yang ternyata menjadi penyebab masalah bau mulut. Untuk itu, kamu perlu memeriksa sinus kamu dan menanganinya secara cepat dan baik.

 

6. Banyak minum air

dwee

 

Last but not least, cara ampuh dan paling praktis untuk menyingkirkan bau mulut adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih mampu mengangkut sisa makanan yang tertinggal di mulut. Minum air juga bisa mengatasi kondisi mulut kering yang jadi sarang pertumbuhan bakteri dan menetralkan rasa asam sehabis makan dan minum hidangan bersifat asam yang bisa menyebabkan bau mulut.

 

Sudah mencoba 6 cara di atas tapi masih belum berhasil menyingkirkan bau mulut? Bau mulut juga bisa jadi pertanda sejumlah penyakit lain yang lebih serius seperti gangguan ginjal, hati, dan lain sebagainya. Sebaiknya, kamu mengonsultasikan gangguan bau mulut yang dialami ke dokter. Semoga bermanfaat ya, Berrykitcheners!

Kata Kunci: 6 Cara Atasi Bau Mulut
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup