facebook

5 Tips Belanja di Instagram

Selasa, 14 November 2017 - 11:43:26 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Tips Belanja di Instagram

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 5 Tips Belanja di Instagram

Hai Berrykitcheners! Apa yang biasa kamu lakukan di waktu luangmu? Sadar atau tidak, memeriksa ponsel dan media sosial merupakan bagian dari keseharian kita. Salah satunya instagram. Pernah berharap kamu memiliki outfit yang kamu sukai di instagram? Yap. Indonesia sendiri merupakan salah satu potensi pasar terbesar di Asia Pasifik yang memiliki 45 juta pengguna instagram di tahun 2017. Instagram pun marak dijadikan sarana jual beli online oleh berbagai penjual toko online. Agar aman belanja di instagram, simak tips berikut yuk!

 

1. Testimoni pembeli

xas

 

Dengan 45 juta pengguna instagram di Indonesia, media sosial ini memang jadi sarana efektif bila ingin menjual berbagai produk. Sebelum membeli, kamu bisa menyelidiki dengan singkat, testimoni dari para pembeli yang ada di kolom komentar akun instagram tersebut. Banyaknya jumlah followers tidak lagi menjamin kredibilitas dari sebuah akun instagram, mengingat kini banyak akun penyedia jasa memberi ratusan hingga ribuan followers. Amati testimoni yang terdapat dalam kolom komentar di akun tersebut. Bila banyak yang bernada negatif sebaiknya, tinggalkan akun tersebut.

 

2. Endorser

xasq

 

Selain memerhatikan kolom komentar atau testimoni dari para pembeli, kamu pun bisa memeriksa endorser yang merekomendasikan toko online tersebut. Yap. Pengguna instagram tentu akrab dengan metode endorser ini. Untuk merebut atensi pasar, toko oline sering kali memakai tokoh publik baik artis maupun selebgram sebagai endorser mereka. Jika produk toko online digunakan oleh tokoh publik terkenal, maka hampir bisa dipastikan toko online tersebut dapat dipercayai.

 

3. Teliti gambar

xs

 

Kamu yang sering belanja online tentu tahu dengan metode yang satu ini, dan mungkin pernah mengalamin kekecewaan karena barang yang sampai tidak sama dengan gambar postingan toko online di instagram. Nggak perlu kapok dulu, lakukan penelitian kecil. Gambar dan barang yang diterima dapat berbeda karena beberapa faktor antara lain pencahayaan, angle foto, hingga memang sengaja diedit untuk keperluan advertorial. Sebab itu, sebagai konsumen kamu berhak meminta real picture dari barang yang ingin kamu beli. Toko online berkualitas akan menjual barang yang sama atau minimal tidak beda jauh dengan gambar postingan mereka.

 

4. Bandingkan harga

dqwdq

 

Belanja online? Well, it’s time to surf! Kamu bisa “berselancar” ke toko mana pun yang kamu mau tanpa khawatir kaki akan pegal dan ongkos akan membengkak. Banyaknya pengguna instagram membuat toko online pun berseliweran di media sosial yang satu ini. Banyaknya toko online akan menimbulkan persaingan harga barang yang dijual. Ini memungkinkan kamu untuk mencari toko dengan harga terwajar untuk barang yang kamu cari. Nggak perlu takut kehabisan barang di toko tertentu, karena nyatanya banyak toko online yang menjual barang yang sama dengan harga yang bervariasi kok.

 

5. Pembayaran

xsa

 

Setelah asik berbelanja, kita memasuki salah satu proses inti dari transaksi jual-beli online yang juga sangat riskan. Pembayaran. Berbagai metode pembayaran bisa dilakukan seperti Cash on Delivery atau COD, transfer antar rekening, transfer tunai, hingga kartu kredit. Untuk pembayaran yang dilakukan melalui metode transfer, kamu bisa menyimpan bukti pembayaran yang sudah kamu lakukan dan meminta penjual untuk megirimkan nomor resi pengiriman barang sebagai bukti barang telah dikirim. Nomor resi pun berguna untuk melacak pengiriman barang yang kamu beli di perusahaan jasa pengiriman barang yang kamu gunakan.

 

Di tahun 2017 sendiri, jumlah pengguna instagram meningkat sebanyak hampir 100 persen dari tahun 2016 sekitar 22 juta menjadi 45 juta. Jumlah ini lantas membuat Indonesia menjadi pasar terbesar di Asia Pasifik. Toko online yang bertebaran dalam instagram pun mencoba merebut atensi kamu. Walau menyenangkan memiliki outfit seperti selebgram favorit, kamu tetap harus berhati-hati dalam berbelanja di media sosial. Nggak ada salahnya bukan mengikuti 5 tips di atas untuk melakukan transaksi jual-beli di instagram? Selamat berbelanja online!

 

Kata Kunci: 5 Tips Belanja di Instagram
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup