facebook

5 Sate Terunik Asal Indoesia

Kamis, 11 August 2016 - 17:24:27 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Sate Terunik Asal Indoesia

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 5 Sate Terunik Asal Indoesia

Hai Berrykitcheners! Makanan ini terdiri dari potongan daging yang ditusuk menggunakan bambu atau lidi dimasak dengan cara dipanggang. Coba tebak? Pasti kamu tahu kan? Yup namanya sate. Sudah tidak asing lagi mendengar makanan asal Indonesia ini. Rasanya yang gurih dan lezat selalu diincar dan diidamkan oleh penikmatnya. Namun, jenis sate yang ada di Indonesia begitu beragam, lho! Yuk kenali ragam sajian sate yang unik di Indonesia!


1. Sate Buntel


1


Jenis sate ini berasal dari Surakarta. Sate buntel terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak daging. Lalu sate dibakar dengan dibubuhkan bumbu merica dan kecap manis. Hidangan daging ini disajikan juga dengan potongan bawang merah dan tomat. Kamu tahu tidak? Sate buntel juga menjadi menu favorit Presiden  Jokowi  saat datang ke Solo.


2. Sate Lilit


2


Jenis sate ini sangat berbeda dengan sate pada umumnya, lho. Sate lilit terlihat lebih unik. Jika sate biasa berupa daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu. Sedangkan sate lilit terbuat dari gumpalan adonan daging yang dikepalkan pada sebatang tusuk sate yang ukurannya lebih besar. Penyajian sate ini tidak sama seperti sate lainnya. Biasanya kita menikmati sate dengan berbagai bumbu atau sambal. Sate khas Bali ini tidak menggunakan bumbu tambahan. Cukup dihidangkan begitu saja karena bumbu rempah sudah tercampur dan meresap bersama daging yang dibakar.  Nah, kamu bisa menjumpai olahan sate ini dimenu catering Berrykitchen, lho!


3. Sate Maranggi


3


Sate yang berasal dari Purwakarta ini cukup terkenal. Biasanya sering dijumpai saat berkunjung ke wilayah Jawa Barat. Sate ini juga berbeda cara pengolahannya. Sebelum dibakar, sate harus melalui proses perendaman daging ke dalam bumbu rempah. Setelah itu baru bisa dibakar dan dihidangkan. Fungsi dari proses perendaman tadi agar bumbu meresap hingga ke dagingnya. Jadi, sate maranggi tidak perlu lagi ditambahkan sambal atau bumbu pelengkap. Hidangan ini  disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat untuk menciptakan paduan rasa yang berimbang antara gurih dan segar.


4. Sate Kalong


4


Sate kalong adalah makanan khas Cirebon. Terdengar unik dari namanya, kalong berarti kelelawar. Namun, bukan berarti ini sate kelelawar lho! Mengapa disebut sate kalong? Jadi, penjual sate ini hanya keluar pada saat sore hari, seperti kalong yang keluar pada saat matahari hampir tenggelam. Mereka akan berjualan sepanjang malam. Sate ini terbuat dari daging kerbau yang dihaluskan dengan cara ditumbuk. Rasanya manis, hampir seperti dendeng. Selain itu, ada hal unik yang dilakukan oleh penjual sate ini. Mereka mengantungkan Genta (klenengan) sapi pada pikulannya sehingga bila mereka berjalan akan terdengar bunyi genta sapi  dari gerobak atau pikulannya.


5. Sate Padang


5


Ini dia kuliner khas padang yang tak kalah terkenalnya dengan rendang. Ada dua jenis sate yang terkenal, yaitu Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang terbuat dari bahan daging sapi, lidah, atau jerohan dengan bumbu kuah kacang kental ditambahkan dengan cabai sehingga rasanya pedas. Rasanya gurih dan sedikit pedas. Bentuk irisan sate ini cukup unik, diiris berbentuk kotak dan dilumuri bumbu yang khas. Paling pas disantap dalam keadaan hangat. Biasanya ditambah dengan keripik balado khas Minang.


Nah, sudah tahu kan 5 sajian sate yang menggiurkan itu. Hayo kamu ingin coba yang mana? Kamu bisa mencicipi sate yang enak sekaligus ikut melestarikan warisan  kuliner asli Indonesia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Berryitcheners!




 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu