facebook

5 Sambal Terpopuler Khas Indonesia

Senin, 22 August 2016 - 11:43:04 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Sambal Terpopuler Khas Indonesia

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 5 Sambal Terpopuler Khas Indonesia

Hai Berrykitcheners! Apa kamu salah satu pecinta sambal? Sebagian besar masyarakat Indonesia pecinta pedas bukan? Jika belum bertemu sambal rasanya hambar bagai sayur tanpa garam. Sambal sendiri merupakan olahan pedas sebagai pelengkap saat santap siang atau malam hari. Namun, tahukah kamu sambal juga memiliki cirri khas tertentu dengan komposisi yang berbeda. Mau tahu apa saja jenisnya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!


1. Sambal Terasi


11


Siapa yang tidak kenal dengan sambal terasi? Sambal ini juga menjadi favorit pecinta sambal, lho. Sambal ini memiliki aroma yang kuat karena menggunakan udang atau rebon yang telah difermentasikan. Biasanya dikenal dengan terasi atau belacan lalu ditumbuk dengan cabai rawit, bawang merah dan putih, garan tomat, serta bumbu rempah lainnya. Sambal terasi di santap bersamaan dengan lalapan, tempe goreng, ayam goreng, ikan, serta sayur asem. Begitu menggiurkan lidah bukan?


2. Sambal Ijo


22


Ini dia sambal khas Padang yang sudah terkenal dan nikmat! Kamu bisa menjumpainya di restoran Padang. Sambal berwarna hijau ini memiliki tekstur yang kasar. Rasaya yang sedikit asam dan manis ini pas dilidah. Rasa asamnya tercipta dari tomat dengan cabe pedasnya. Sambal Padang ini cocok sebagai pelengkap makanan Padang yang sebagian besar kuahnya bersantan. Tampilannya yang cantik dengan warna hijau dan beberapa irisan cabe membuat siapa saja ingin mencicipinya.


3. Sambal Dabu-Dabu


33


Salah satu kreasi menu sambal yang populer di Indonesia adalah sambal dabu-dabu dari Manado. Umumnya, orang Manado memaang penyuka kuliner pedas. Manado juga dikenal dengan masakan pedasnya. Nah, sambal yang satu ini memiliki rasa pedas dan segar. Uniknya, sambal ini tidak seperti kebanyakan sambal lainnya. Biasanya sambal diolah dengan cara ditumbuk atau diulek. Berbeda dengan sambal dabu-dabu yang seluruh bumbunya dipotong atau diiris kecil-kecil. Bahan yang digunakan, seperti cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, jeruk nipis dan garam. Setelah semua bahan dipotong kecil-kecil. Lalu  dicampur menjadi satu ke dalam wadah. Jadilah sambal dabu-dabu yang terasa segar dan pedas di lidah! Sambal ini sangat cocok dihidangkan dengan ikan bakar.


4. Sambal Bajak


55


Sambal ini cukup populer di daerah Jawa Tengah. Kamu bisa menemukan sambal ini di warteg atau tempat sejenisnya. Bisa dibilang sambal ini begitu bersahabat dibandingkan dengan sambal lainnya. Rasa pedasnya pas dilidah sehingga masih bisa dicoba untuk kamu yang kurang suka dengan rasa pedas. Sambal bajak terdiri dari cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih dan merah, tomat, garam,dan gula merah. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah. Rasa pedas dan manisnya begitu pas dan bisa menjadi cocolan saat menyantap lalapan, tempe, tahu dan ayam goreng.


5. Sambal Pencit


55


Apakah kamu pernah mendengar sambal pencit? Sebagian besar mungkin belum mengetahuinya. Nah, sambal pencit ini berasal dari Jawa Timur. Istilah pencit merupakan sebutan dari  orang Jawa Timur yang berarti mangga muda. Jadi, sambal pencit adalah sambal mangga muda. Selain menggunakan cabai sambal ini berisi serutan buah mangga muda. Kebayang kan begitu nikmatnya? Bahan yang dibutuhkan, seperti cabai rawit dan keriting,  bawang putih, garam, gula merah, terasi yang dibakar dan mangga muda. Rasa dari sambal pecit ini sedikit asam dan pedas. Pas sekali sebagai cocolan untuk bebek goreng yang semakin nikmat.


Nah, begitu lengkap aneka sambal yang menggoda lidah ini. Setiap sambal memilii rasa yang khas dan cara pembuatan yang unik. Kamu bisa memilih sambal sesuai dengan seleramu. Mulai dari yang kurang pedas hingga yang sangat pedas. Sambal juga bisa menjadi penambah nafsu makan, lho. Semoga bermanfaat yah, Berrykitcheners!

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup