facebook

5 Minyak Goreng Sehat

Selasa, 08 November 2016 - 10:30:45 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Minyak Goreng Sehat

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 5 Minyak Goreng Sehat

Hai Berrykitcheners! Minyak goreng merupakan salah satu bahan esensial yang tentu wajib ada di dapurmu. Bagaimana tidak? Minyak goreng sangat dibutuhkan karena perannya sebagai penghantar panas dalam masakanmu. Minyak goreng yang paling umum dikenal di Indonesia ialah minyak kelapa sawit. Selain minyak kelapa sawit, ternyata kamu bisa mengunakan minyak jenis lain untuk memasak lho. Apa sajakah itu? Yuk cari tahu!

 

1. Minyak zaitun

uyyug

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan minyak ini. Minyak yang beken dengan sebutan olive oil ini dibuat dari buah zaitun yang diproses secara khusus. Tidak hanya untuk memasak, kamu juga pasti akrab dengan penggunaan minyak ini di beberapa tips atau metode kecantikan. Terdapat aneka jenis minyak zaitun, mulai dari Extra Virgin Olive Oil yang paling murni sehingga tidak dapat digunakan untuk menggoreng, Extra Light dan Light Olive Oil yang bisa digunakan untuk memanggang, menumis, dan keperluan memasak lainnya.

 

2. Minyak bunga matahari

dqwq

Minyak jenis ini dihasilkan oleh biji bunga matahari yang dikompres. Minyak biji bunga matahari dikenal mengandung kadar asam oleat dan asam linoleat yang tinggi. Karena titik asapnya yang rendah, minyak initidak ideal bila digunakan untuk menggoreng dengan suhu tinggi. Minyak bunga matahari cocok dijadikan sebagai pelengkap masakan yang telah jadi, siap dihidangkan maupun sebagai salad dressing. Menggunakan minyak ini pada masakan setiap hari tentu aman dan sehat buat kamu.

 

3. Minyak kulit padi

wfew

Ternyata kulit padi yang selama ini terpinggirkan dari benakmu juga bisa dijadikan sebagai bahan penghasil minyak lho. Minyak kulit padi atau yang biasa dikenal dengan rice bran oil dipercaya dapat menurunkan kolesterol karena terdapat kandungan oryzanol di dalamnya. Tidak hanya oryzanol, minyka ini juga mengandung vitamin E alami dan antioksidan yang baik untuk kulitmu. Rice bran oil memiliki titik didih yang tinggi sehingga aman digunakan untuk deep frying maupun stir frying. Kamu juga bisa menggunakan minyak ini sebagai salad dressing.

 

4. Minyak canola

cew

Seperti namanya, minyak canola merupakan minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji canola. Selain mengandung omega-3 yang cukup tinggi, kadar asam lemak tak jenuh tunggalnya juga bisa membantumu menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam keadaan normal. Minyak ini biasa digunakan untuk menumis dan menggoreng  dengan api kecil atau bersuhu rendah.

 

5. Minyak kedelai

dedw

Mendengar namanya, kamu pasti sudah bisa menebak. Yap! Minyak ini terbuat dari kacang kedelai. Minyak ini memiliki beberapa kandungan yang sangat berguna bagi tubuh. Pada umumnya, minyak kedelai mempunyai tekstur yang hampir sama dengan minyak lain, sehingga minyak ini cocok untuk digunakan ke berbagai jenis masakan. Minyak kedelai juga sangat baik bagi kamu yang ingin jauh dari lemak trans lho, Berrykitcheners!

 

Nah, kamu sudah tahu perbedaan dan fungsi masing-masing minyak kan? Kini kamu tidak perlu bingung lagi bila menemukan berbagai jenis minyak di swalayan ya, Berrykitcheners. Kamu mungkin bisa mencoba salah satunya.

 

Kata Kunci: 5 Minyak Goreng Sehat
Bagikan ke teman Kamu