facebook

5 Menu Terong Tanpa Ribet

Jumat, 10 June 2016 - 07:51:34 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Menu Terong Tanpa Ribet

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 5 Menu Terong Tanpa Ribet

Hai Berrykitcheners! Bagaimana aktivitas hari ini? Apa kamu pernah makan sayur-sayuran selain warna hijau seperti sayuran pada umumnya? Terong adalah salah satunya. Warnanya yang ungu dan bentuknya yang seperti buah kadang disalah artikan sebagai buah. Biasanya kelebihan dari sayuran berwarna hijau adalah banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. Tapi bukan berarti terong tidak memiliki manfaat. Semua sayuran memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mau tau apa aja?

  • Niacin pada terong, dikenal juga sebagai vitamin B3. Kegunaannya adalah untuk menggabungkan berbagai macam enzim yang memecah lemak, protein, karbohidrat dan alkohol untuk menghasilkan energi..
  • Vitamin E dan vitamin K terkandung pada terong. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Sedangkan vitamin K mendukung sistem pembekuan darah dengan membantu produksi yang dibutuhkan protein.
  • Ada sejumlah kecil riboflavin atau vitamin B2 pada terong yang bekerja dengan sejumlah enzim yang berbeda dalam tubuh untuk merubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi.
  • Tiamin, atau yang bisa juga disebut vitamin B1 adalah vitamin B komples yang terdapat pada terong. Seperti halnya niasin dan riboflavin, tiamin berfungsi untuk menghasilkan bahan genetik untuk sel baru.
  • Nasunin adalah senyawa antioksidan yang terdapat pada terong. Sebuah penelitian melaporkan bahwa nasunin pada terong mengandung antiangiogenic, sebuah kemampuan untuk mencegah terjadinya kanker tumbuh lebih cepat.

Diatas merupakan beberapa manfaat dari buah terong. Setiap sayuran pasti memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mau memasak terong sebagai sayuran untuk menu berbuka maupun sahur? Nih, kami akan memberikan beberapa tips makanan dari olahan terong.

  1. Terong Balado

Tentu saja untuk kamu pecinta pedas, menjadikan balado yang ditumis bersama sambal balado bisa membuat kamu melek setelah sahur untuk lanjut shalat subuh dan siap-siap bekerja. Terong bisa kamu potong memanjang ataupun di iris berbentuk lingkaran seusai dengan selera

  1. Terong Tepung Lada Garam

Bosan dengan terong tumis? Coba kamu masak terong dengan dibaluri tepung lalu digoreng hingga memberikan tekstur gurih. Setelah digoreng, tumis bersama lada garam untuk memberikan rasa sedikit pedas dan memperkaya terong goreng tepung. Ingat, setelah digoreng jangan lupa ditiriskan sehingga minyak tidak terserap ke dalam terong tepung.

  1. Sapo Terong

Biasanya istilah sapo dibuat dari tahu, sayur-sayuran ataupun dengan jamur. Namun kali ini hidangan berkuah sapo dikombinasikan bersama terong. Bukan berarti berisi terong saja, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti potongan ayam, udang atau lainnya sebagai pelengkap. Sangat nikmat jika disajikan saat hangat untuk menghangatkan perut.

  1. Terong Penyet

Terong balado kurang pedas buat kamu? Bisa juga kamu menumis terong lalu ditambahkan sambal penyet pedas dan segar untuk dinikmati bersama sepiring nasi hangat ataupun lauk lainnya. Rasa pedas dari terong penyet bisa membuatmu bebas dari kantuk saat sahur.

  1. Terong Cah Daging Cincang

Ada juga menu satu ini kamu bisa pakai sebagai sayur dan juga lauk daging karena saat menumis terong kamu bisa menyertakan daging cincang. Sulit membuat daging cincang? Ribet? Kamu bisa menggunakan kornet sebagai ganti daging cincang. Semua bisa kamu buat sesuai selera masing-masing.

Nah, itulah beberapa tips untuk memasak terong untuk sahur kamu ataupun menu berbuka puasa. Jangan lupa selalu sertakan sayur untuk makananmu ya, karena manfaatnya yang segudang bisa membantu kamu menjalani puasa. Malas membuat? Menu terong suka tampil di menu catering Berrykitchen loh. Bahkan senin nanti tanggal 13 Juni 2016, Terong Balado bakal ada untuk menu makan siang atau buka puasa. Semangat terus puasanya, Berrykitcheners!

Referensi: Resep Masakan Nusantara

Kata Kunci: menu terong tanpa ribet
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup