facebook

5 Makanan Olahan Ayam Yang Bikin Ngiler

Kamis, 26 May 2016 - 10:03:37 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Makanan Olahan Ayam Yang Bikin Ngiler

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 5 Makanan Olahan Ayam Yang Bikin Ngiler

Hai Berrykitcheners! Siapa disini pecinta daging ayam? Ya, sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai daging ayam. Teksturnya yang lebut dan berwarna putih, rasa dan harumnya yang khas ini bisa diolah menjadi bermacam-macam hidangan. Mulai dari di tumis, rebus, goreng, panggang dan masih banyak lagi. Kami akan mengajak kamu untuk mengenal lima macam hidangan yang terbuat dari olahan ayam untuk bisa menjadi salah satu pilihanmu dalam memasak atau sekedar makan bersama teman-teman maupun kerabat.

Ada beberapa manfaat yang terkandung pada daging ayam. Bahkan bagi orang yang sedang menjalani diet, mengkonsumsi ayam rebus dapat membantu mengurangi berat badan. Apa saja kira-kira manfaat dari daging ayam?

  1. Kandungan fosfor dan kalsium pada daging ayam berguna bagi anak karena membantu pertumbuhan dan memperkuat tulang. Fosfor dan kalsium juga baik untuk orang dewasa terutama pria karena membantu meningkatkan hormon testosterone.
  2. Ternyata, vitamin B5 atau asam pantotenat yang terkandung pada daging ayam mampu memberikan rasa tenang pada saraf.
  3. Daging ayam mengandung niacin yang membantu menurunkan kolesterol. Karena itu, lebih baik penderita kolesterol mengkonsumsi daging ayam tanpa lemak dengan cara direbus.
  4. Daging ayam mengandung mineral penting yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga mampu terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.
  5. Selenium, salah satu mineral yang terandung pada daging ayam dapat menjaga kesehatan gigi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang terdapat pada daging ayam. Tentu saja banyak cara untuk memasak daging ayam. Ada beberapa hidangan olahan ayam yang cukup digemari masyarakat seperti berikut ini:

  1. Chicken Kung Pao

Salah satu hidangan khas asal Sichuan, di bagian barat daya Tiongkok. Kung Pao bisa disebut Gong Bao atau Kung Po, ayam dioseng bersama sayuran dan kacang. Di Sichuan, Kung Pao termasuk hidangan yang memiliki rasa cukup pedas namun di wilayah lain, rasa Chicken Kung Pao tidak terlalu pedas bahkan di beberapa negara, Chicken Kung Pao cenderung manis. Banyak orang yang percaya, nama Kung Pao diambil dari Ding Baozhen, pejabat dari Dinasti Qing dan Gubernur dari provinsi Sichuan.

  1. Chicken Katsu

Olahan ayam ini cukup dikenal oleh masyarakat luas. Ayam goreng tepung dengan menggunakan breadcrumbs dan gurih ini menjadi favorit banyak orang Chicken katsu berasal dari Jepang, sering juga disebut dengan Tori Katsu, kata tori sendiri memiliki arti “ayam”. Biasanya ayam tanpa tulang yang sudah digoreng hingga garing ini disiram dengan saus teriyaki ataupun disajikan bersama mayonnaise sesuai selera.

  1. Chicken Hainan

Jenis olahan ayam Chicken Hainan pada dasarnya merupakan makanan adaptasi imigran Tiongkok berasal dari wilayah Hainan yang terletak di bagian selatan Tiongkok. Chicken Hainan merupakan salah satu makanan khas dari Singapore, disajikan bersama nasi Hainan yang memiliki rasa khas. Biasanya, Ayam Hainan diproses dengan di kukus sehingga daging ayam berwarna putih dan bertesktur lembut. Dalam penyajiannya, terdapat beberapa saus untuk menemani seperti cabai merah tumbuk dan bawang putih, saus kecap serta jahe segar.

  1. Opor Ayam

Hidangan ini sangat digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya, opor ayam disajikan pada saat hari raya besar idul fitri bersama ketupat sayur. Tidak diketahui dari mana tepatnya asal mula makanan ini, ada 2 jenis opor ayam yaitu opor yang berwarna putih dan opor berwarna sedikit kekuningan karena tambahan kunyit. Proses memasaknya adalah dengan merebus ayam lalu diberi bumbu kental dari santan dan beberapa bumbu lainnya seperti serai dan kencur.

  1. Ayam Woku

Salah satu makanan khas nusantara, lebih tepatnya Manado, Sulawesi Utara. Woku sendiri sebenarnya adalah bumbu yang biasa digunakan untuk memasak daging. Woku pada hidangan olahan ayam satu ini diambil dari daun woka, sejenis daun yang biasa dipakai untuk membungkus nasi. Ada dua cara dalam memasak woku, ada woku balanga , woku yang dimasak menggunakan panci atau belanga, dan woku daun, yaitu dibungkus dengan daun woka sebelum dipanggang atau dikukus.

Itulah beberapa jenis hidangan olahan dari ayam yang cukup digemari oleh orang-orang terlebih di Jakarta. Kamu bisa mendapatkannya di menu berrykitchen berupa catering maupun ready to eat loh.  Menu catering berrykitchen berganti setiap harinya dengan berbagai macam olahan ayam, makanya cek terus ya. Have a nice day, Berrykitcheners!

Referensi: Resep Masakan Nusantara

Kata Kunci: 5 Makanan Olahan Ayam Yang Bikin Ngiler
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup