facebook

5 Jajanan Pasar yang Berevolusi

Senin, 01 August 2016 - 18:00:45 WIB
Diposting oleh : Berry
5 Jajanan Pasar yang Berevolusi

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 5 Jajanan Pasar yang Berevolusi

Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa mulai dari  alamnya yang indah, suku bangsa, budaya, hingga kulinernya yang beragam. Salah satu warisan  nenek moyang yang perlu dilestarikan adalah kulinernya. Uniknya, makanan tradisional yang banyk dijual sudah dimodifikasi mejadi lebih cantik dari segi  penampilan hingga cita rasanya.  Penasaran kan makanan apa saja yang tampil lebih menarik?! Yuk kita simak satu per satu yah!


1. Pancong


 1


 


Siapa sih yang tidak mengenal kue pancong. Makanan manis yang terbuat dari tepung beras ini begitu digemari.  Makanan ringan ini sudah ada sejak jaman dahulu. Kini, panganan tradisional ini  sudah berevolusi menjadi lebih modern. Varian rasanya begitu beragam, lho. Kamu bisa memilih topping yang kamu sukai. Mulai dari green tea, caramel, red velvet, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menikmatinya sambil mengobrol santai dengan kerabat.


2. Surabi


2


 


Surabi atau serabi yang merupakan makanan tradsional asal Bandung ini sedang naik daun, lho. Dahulu, surabi dijual pada pagi hari dan dimasak menggunakan tungku. Cara memasak menggunakan kayu bakar ini berguna agar surabi matang dan memiliki aroma yang khas. Surabi terbagi menjadi dua jenis, yakni surabi manis dan asin. Surabi manis menggunakan kuah santan yang dicampur dengan gula sedangkan yang asin menggunakan oncom.


Kini, olahan surabi sudah naik kelas, lho. Topping yang disajikan beragam,seperti sosis mayonnaise, green tea, keju, dan sebagainya. Kamu bisa memilih sesuai selera.


3. Kue Cubit


3


 


Kue cubit jajanan yang sempat populer di era 90an ini tampilannya mejadi lebih segar. Dahulu makanan ini sering dijual di depan sekolah. Kue cubit berbahan dasar tepung terigu. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja dan ditaburi meises. Nah, ditangan kreatif anak muda kue cubit yang biasa saja disulap menjadi lebih modern. Mulai dari rasa hingga tampilannya. Kamu bisa memillih beraneka rasa mulai dari green tea, red velvet, blueberry, hingga smoked beef.


4. Kue Leker


 4


Masih ingat dengan jajanan satu ini? Namanya kue leker. Kue ini berasal dari Solo. Panganan ini  berbahan dasar tepung terigu, telur ayam, gula pasir, mentega, dan perasa vanilla. Cocok dijadikan cemilan sambil menikmati kopi atau the. Kue leker dimasak di atas  wajan tipis. Biasanya kue ini bertopping gula pasir dan cokelat.  Namun, jangan kaget. Kini olahan kue leker berbeda dari biasanya. Bermacam topping bisa kamu pilih mulai dari nuttella hingga  rasa gurih seperti daging.  Kamu bisa menyantapnya sesuai selera rasa manis dan asin pun ada.


5. Mie Lidi-Lidian


5


Kamu pasti mengenal makanan satu ini dong? Mie yang digoreng berbentukmirip seperti lidi ini memang ebak disantap menjadi cemilan. Pada jaman dahulu jajanan ini begitu digemari bahkan hingga kini. Pada masa itu, rasa yang disajikan hanya ada rasa asin dan pedas. Namun, berbeda dengan mie lidi masa kini yang variasinya beragam.  Kemasannya pun disesain sangat menarik. Kamu bisa juga membelinya di took online atau di supermarket. Rasanya pun bisa memilih, seperti cokelat, jagung bakar, barbeque, keju, dan masih banyak lagi.


 


Itulah lima makanan yang masih tetap eksis hingga kini. Ternyata makanan tradisional yang kita kenal bisa menarik dan begitu nikmat disantap setelah dimodifikasi atau ditambahkan bahan pelengkap lain. Jadi, untuk kamu generasi muda ada baiknya tetap melestarikan makanan tradisional agar tidak hilang di era yang semakin canggih ini. Sampai bertemu di post-an selanjutnya, Berrykitcheners!


 


 

Kata Kunci:
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup