facebook

4 Bahan Pengganti Cabai

Jumat, 13 January 2017 - 18:07:53 WIB
Diposting oleh : Berry
4 Bahan Pengganti Cabai

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 4 Bahan Pengganti Cabai

Hai Berrykitcheners! Memasuki tahun 2017, harga cabai mengalami kenaikan yang melesat tinggi. Wah tentunya ini kabar yang wajib untuk diketahui terutama bagi kamu pecinta pedas. Yap! Di awal tahun 2017 ini, harga cabai naik hingga mencapai 50 persen. Duh! Rasanya nggak mau deh kalau mesti makan tanpa rasa pedas karena harga cabai yang mahal. Buat kamu penggemar pedas, ada beberapa bahan yang bisa mengganti rasa pedas cabai lho! Apa saja bahan tersebut? Yuk disimak!

1. Merica hitam

oi;oio

Tentunya kamu sudah nggak asing dengan bahan yang satu ini lagi dong. Merica hitam atau yang biasa populer kamu sebut dengan nama Black Pepper ini adalah merica yang diambil dari buah merica yang belum matang. Biji merica tersebut lalu difermentasi dengan cara ditumpuk selama dua atau tiga hari, kemudian dijemur hingga keriput dan berwarna hitam.

 

2. Merica putih

ijoij

Merica putih merupakan bahan yang kerap ada di dapur orang Indonesia. Nggak hanya sebagai pelengkap bahan dapur, kamu pun kerap membubuhkannya ke atas makanan kesukaanmu, seperti mie ayam atau mie instan. Merica putih memang kerap ditambahkan ke dalam makanan karena dapat menambah sensasi pedas tersendiri di hidanganmu.  Hampir sama seperti merica hitam, merica putih juga berasal dari buah merica. Hanya saja merica putih diperoleh dari buah merica utuh yang sudah matang kemudian direndam selama satu minggu. Kulit ari yang masih tersisa akan dibersihkan hingga yang tertinggal hanya inti biji berwarba keabuan, lalu dijemur hingga kering.

 

3. Wasabi

uhio

Whoa! Bagi kamu penggemar hidangan Jepang pasti nggak asing lagi dengan bahan makanan yang satu ini. Wasabi berasal dari akar kubis-kubisan asli Jepang. Berbeda dengan cabai dan merica, pedasnya wasabi  memiliki rasa dan aroma yang menyengat dan tajam ke hidung seketika saat menyantapnya. Bahan makanan yang juga populer di negeri sakura tersebut biasa tersedia dalam bentuk bubuk dan pasta berwarna kehijauan.

 

4. Szechuan pepper

iuhliu

Walau tidak termasuk golongan merica, bahan ini masih dinamakan pepper. Wonder why? Bahan masakan Oriental ini disebut pepper karena memiliki bentuk dan rasa pedas serta hangat yang mirip dengan merica. Szechuan pepper memiliki bentuk seperti merica namun mempunyai dua ruas kulit buah. Bumbu khas ini berasal dari kulit luar tumbuhan zanthoxylum. Kamu bisa memperolehnya di toko bahan masakan China yang menjualnya dalam bentuk yang telah dikeringkan. Psst! Indonesia juga memiliki bahan makanan yang hampir sama dengan Szechuan Pepper lho. Namun, Szechuan Pepper Indonesia memiliki versi yang berbeda dari China yakni buahnya masih berusia muda, berwarna hijau, dan segar. Penduduk Sumatra Utara biasa mengenalnya dengan nama buah andaliman.

 

Walau waktu kecil kamu membencinya, seiring dengan waktu, perlahan rasa pedaslah justru yang jadi rasa favoritmu. Dengan ditanamkannya kebiasaan mengonsumsi cabai di berbagai jenis masakan nusantara, nggak heran jika cabai kerap jadi primadona hidangan Indonesia. Namun ternyata cabai bukanlah satu-satunya bahan makanan penghasil pedas. Dari bahan-bahan di atas, manakah yang akan kamu sukai?

 

 

Kata Kunci: 4 Bahan Pengganti Cabai
Bagikan ke teman Kamu