facebook

3 Tips Pilih Hewan Kurban

Rabu, 30 August 2017 - 16:25:34 WIB
Diposting oleh : Berry
3 Tips Pilih Hewan Kurban

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 3 Tips Pilih Hewan Kurban

Hai Berrykitcheners! Idul Adha 1438 Hijriah kali ini jatuh tepat pada Jumat, 1 September 2017. Selain menambah panjang libur akhir pekan kamu, Idul Adha juga dinantikan sebagai hari raya kurban umat Islam. Ingin ikut berkurban pada Idul Adha kali ini? Simak tips memilih hewan kurban berikut yuk!

 

1. Umur hewan

swwq

 

Hewan yang baik untuk dikurbankan merupakan hewan yang cukup umur. Untuk domba dan kambing, usia yang cukup ialah 12-18 bulan. Sementara sapi dan kerbau usia yang cukup bisa mencapai 22 bulan. Untuk memilihnya, kamu bisa melihat catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik ternak. Nggak percaya? Kamu bisa memeriksa gigi susu hewan yang akan kamu pilih. Hewan yang cukup umur telah mengalami pergantian gigi susu menjadi gigi tetap. Gigi yang bisa kamu amati ialah gigi seri yang letaknya di depan, 2 atas dan 2 bawah. Gigi susu berbentuk runcing dan kecil, sementara gigi tetap berbentuk rata dan besar.

 

2. Tidak cacat dan sehat

ewdw

 

Untuk memilih hewan kurban, pastikan hewan pilihan kamu tidak cacat dan sehat, karena ada beberapa jenis cacat yang membuat hewan kurban tidak sah yaitu buta, pincang, mengalami kerusakan telinga, dan sangat kurus. Untuk itu, kamu bisa mencari hewan yang bersih di bagian mata. Hewan yang sehat, kelopak mata bagian dalamnya akan berwarna merah muda. Hidung hewan sehat pun akan terlihat basah dan bersih. Postur tubuh hewan yang ideal pun bisa jadi bahan pengamatan kamu dalam memilih hewan kurban, semakin panjang tanduk hewan maka semakin baik untuk kamu pilih.

 

3. Memilih tempat membeli hewan

ddq

 

Nggak cuma hewannya, kamu juga harus memilih tempat dimana hewan tersebut dijual lho. Hindari hewan kurban yang diternak didekat tempat pembuangan sampah. Makanan dan minuman hewan yang berada di lingkungan tersebut dapat berpotensi mengandung bahan berbahaya yang akan berimbas pada tubuh orang yang mengonsumsi dagingnya. Sebaiknya, kamu bisa memilih hewan kurban yang diternak di lingkungan bersih dan jauh dari polusi udara. Hal ini tentu berpengaruh dalam tingkat stres yang dialami hewan, yang juga akan berimbas pada kesehatan dari hewan pilihan kamu.

 

Selain ketiga tips di atas, kamu pun dapat memilih hewan kurban berdasarkan kemampuan kamu. Karena menyumbang hewan kurban tidak boleh didasari rasa keterpaksaan melainkan dengan suka rela dan kemampuan yang mencukupi. Selamat Idul Adha, Berrykitcheners!

Kata Kunci: 3 Tips Pilih Hewan Kurban
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup