facebook

10 Cara Menjadi Selebgram

Jumat, 13 April 2018 - 03:34:21 WIB
Diposting oleh : Berry
10 Cara Menjadi Selebgram

Berrykitchen.com > Tips > Tips > 10 Cara Menjadi Selebgram

Berrykitcheners, pernah membayangkan menjadi seorang selebgram alias selebriti Instagram? Sepertinya asyik, ya. Sudah dapat barang gratis untuk dipromosikan, kamu dibayar pula. Kita mengenal strategi pemasaran ini dengan istilah endorsement.

 

Tak jarang selebgram juga diundang untuk makan, jalan-jalan, atau menikmati pengalaman seru lainnya di dalam maupun luar negeri. Semua biayanya ditanggung penyelenggara, dan lagi-lagi, kamu dibayar mahal untuk itu. Padahal kamu ‘cuma’ bermodal post foto di Instagram!

 

Tak heran, banyak orang bercita-cita ingin menjadi selebgram alias Instagram influencer. Kamu salah satunya? Mulai sekarang, terapkan 10 tips ini untuk merintis jalanmu menjadi seorang selebgram dengan banyak followers:

 

1. Tentukan Jenis Konten

Kamu perlu menentukan tipe konten yang ingin kamu post di Instagram. Jangan sekadar ikut-ikutan tema konten selebgram yang sudah terbukti sukses, padahal kamu tidak ada ketertarikan maupun pengetahuan di situ. Misalnya, kamu suka memasak makanan Korea, kamu bisa membagikan resep bulgogi atau tteokbokki di Instagram. Atau, jika kamu pandai dandan, kamu bisa memilih spesialisasi make up mirip selebriti. Jadilah diri sendiri dan jadilah unik!

 

2. Bagikan Ceritamu Lewat Caption

Keindahan visual memang jadi poin penting di Instagram. Namun, sebuah foto akan lebih bermakna jika disertai cerita yang tertuang dalam caption. Kamu bisa mengisahkan pengalamanmu saat berkunjung ke destinasi wisata atau membagikan informasi mengenai cara merawat tanaman yang kamu post fotonya di Instagram. Hal ini akan meningkatkan engagement postinganmu. Sebagai info, brand lebih mementingkan engagement rate daripada jumlah followers, lho, saat bekerjasama dengan influencer.

 

3. Post Konten Secara Konsisten

Kebanyakan selebgram posting setiap hari di Instagram. Penelitian juga mengungkap bahwa peningkatan frekuensi posting konten dapat menambah tingkat engagement. Jika perlu, jadwalkan hari tertentu untuk posting konten yang ditunggu-tunggu followers-mu. Takut lupa posting di hari H? Kamu bisa menggunakan tools seperti Preview atau Buffer.

 

4. Tingkatkan Engagement

Menjaga engagement penting dilakukan jika kamu ingin menjadi Instagram influencer. Kamu bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut:

  • Membalas atau me-like komentar di postinganmu serta balik me-like dan meninggalkan komentar di konten mereka
  • Tambahkan call-to-action di captionmu (misalnya, “double tap kalau kamu suka foto ini!”)
  • Adakan giveaway dan kontes

 

5. Tag Brand Terkait

Kalau kamu post foto OOTD di Instagram, kamu bisa tag akun Instagram brand-brand fashion yang kamu kenakan. Siapa tahu mereka akan menampilkan fotomu di Instagram mereka, sehingga visibilitasmu di Instagram semakin tinggi.

 

6. Pilih Hashtag yang Tepat

Hashtag penting agar kontenmu dapat ditemukan pengguna Instagram yang bukan follower-mu sekalipun. Kamu bisa menggunakan sampai 30 hashtag per foto, namun sebaiknya pilih hashtag dengan volume pencarian 10.000-1 juta. Sebab, hashtag dengan search volume lebih dari 1 juta terlalu tinggi kompetisinya, membuat kontenmu mudah tenggelam di tengah lautan konten.

 

7. Gunakan Instagram Business

Serius ingin menjadi selebgram? Beralihlah ke business account Instagram. Kamu akan mendapat insight seperti demografi follower, post yang mendapat engagement terbaik, hari dan jam dengan engagement tertinggi, dan sebagainya. Data-data ini penting untuk bekerjasama dengan brand. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan Instagram ads, sehingga postinganmu bisa mendapat lebih banyak lagi engagement.

 

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi selebgram. Ingat, jangan lakukan cara instan dengan membeli followers, ya, Berrykitcheners! Followers palsu akan merusak engagement rate-mu secara keseluruhan, sehingga dapat mengurangi kesempatan kamu berkolaborasi dengan brand. Good luck!

 

Kata Kunci: 10 Cara Menjadi Selebgram
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup