facebook

Coba Resep Masak Ayam Bakar Madu, Yuk!

Senin, 21 March 2016 - 06:26:31 WIB
Diposting oleh : Berry
Coba Resep Masak Ayam Bakar Madu, Yuk!

Berrykitchen.com > Tips > Tips > Coba Resep Masak Ayam Bakar Madu, Yuk!

Hai Berrykitcheners! Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi resep hidangan utama yang bisa disajikan pada saat makan malam atau pesta. Ya, kami akan membagikan resep masak ayam bakar madu yang mudah dan praktis. Hidangan ini bisa disantap bersama sepiring nasi putih atau mashed potato.


Sebelum kita membahas resep ini lebih lanjut, cari tahu dulu tentang manfaat madu yang digunakan sebagai bahan utama dalam membuat resep kali ini, yuk!


1. Meredakan Alergi


Berrykitcheners tahu tidak bahwa madu itu mengandung anti-inflamasi yang dapat meredakan batuk dan gejala alergi musiman. Madu akan berperan sebagai vaksin alami yang memicu sistem imun agar menghasilkan zat antibodi. Nah, antibodi ini akan membuat tubuhmu memiliki daya tahan yang kuat sehingga tidak terlalu merasakan dampak dari alergi tersebut.


2. Memperbaiki Kualitas Tidur


Sering insomnia di malam hari? Jangan terburu-buru untuk mengonsumsi obat tidur, Berrykitcheners! Cobalah untuk memperbanyak konsumsi madu. Madu murni akan meningkatkan insulin dan melepaskan serotonin, sebuah hormon yang meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan. Secara otomatis, tubuh akan mengubah serotonin untuk menjadi melatonin, senyawa kimia yang berkontribusi untuk menentukan kualitas tidur seseorang.


3. Meredakan Bisul dan Gangguan Pencernaan


Bagaimana bisa madu meredakan bisul atau gangguan pencernaan, seperti diare atau mual? Madu mengandung anti-bakteri dan anti-jamur. Sementara itu, bisul dan gangguan di sistem pencernaan umumnya disebabkan oleh bakteri atau jamur tertentu.


4. Mengurangi Batuk dan Iritasi Tenggorokan


Inilah salah satu alasan mengapa madu banyak digunakan dalam obat pereda batuk. Madu memiliki efek yang sama dengan dekstrometorfan yang bisa meredakan batuk di malam hari. Ketika batuk reda, tenggorokan akan terasa lebih nyaman dan tidur pun lebih pulas.


Nah, manfaat madu itu keren banget, kan! Sekarang, intip yuk cara memasak menu dengan bahan tambahan madu. Cara memasak ayam bakar madu sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini.


Bahan-Bahan:



  • 4 potong ayam, 2 bagian dada dan 2 bagian paha

  • 1/2 cangkir madu murni, bisa ditambahkan sesuai selera

  • 1 siung bawang putih, dicincang

  • 2 sdm butter atau margarin

  • 1 sdm air perasan lemon


Cara Membuat:



  1. Panaskan panggangan elektrik/gas, bisa juga menggunakan tempat pembakaran dengan arang hitam.

  2. Lelehkan butter atau margarin di atas wajan dengan api sedang. Kemudian, masukkan bawang putih dan tumis hingga harum selama 1-2 menit.

  3. Kocok madu dan air perasan lemon dalam sebuah wadah. Sisihkan setengah bagian dan oleskan setengahnya lagi di seluruh potongan ayam.

  4. Oleskan lelehan butter/margarin ke atas panggangan dan letakkan ayam di atasnya.

  5. Bakar setiap sisi ayam selama 6-8 menit dan oleskan butter jika ayam terlihat kering.

  6. Saat ayam hampir matang, oleskan campuran madu dan lemon di kedua sisi ayam.

  7. Sajikan ayam bakar madu ini bersama dengan sambal terasi atau sambal tomat.


Nah, bagaimana resep masak ayam bakar madu ini? Mudah, bukan? Jika tidak ingin menggunakan madu, kamu bisa mengganti madu dan air perasan lemon dengan kecap manis biasa, lho. Selamat mencoba, Berrykitcheners!


 


Sources:



  • allrecipes.com/recipe/86637/honey-grilled-chicken/

  • care2.com/greenliving/10-health-benefits-of-honey.html

  • medicaldaily.com/liquid-gold-7-health-benefits-honey-could-heal-your-whole-body-325932


Diakses pada 21 Januari 2016.

Kata Kunci: resep masak ayam bakar
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup