facebook

Resep Teri Petai

Senin, 08 May 2017 - 15:31:42 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Teri Petai

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Teri Petai

Hai Berrykitheners! Merasa musim pancaroba masih terus bergulir akhir-akhir ini kendati kita sudah mulai memasuki bulan Mei? Pagi dan siang udara panas menyengat di kulit sementara menjelang sore hingga malam, ibu kota kerap diguyur hujan. Untuk itu kamu wajib menjaga kesehatanmu dengan asupan bergizi seperti petai salah satunya. Walau memiliki aroma yang kurang sedap bagi sebagian orang, petai ternyata kaya akan manfaat yang tidak boleh diremehkan lho. Apa saja manfaat petai? Simak yuk!

1. Meredakan depresi

Sesak hiruk pikuk perkotaan dan padatnya kegiatan serta pemikiran yang berseliweran di benakmu kadang mampu membuat kamu stress. Terlebih bila memasuki masa PMS. Ugh! Gampang bete deh. Hati-hati, Berrykitcheners. Jika tidak segera diredakan, rasa stress kamu bisa jadi berujung pada depresi.  Petai mengandung zat tryptophan yang dapat meredakan depresi pada seseorang, memperbaiki mood, membuat tubuh menjadi lebih terasa bahagia dan rileks.

 

2. Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, merokok sudah menjadi kebutuhan maupun gaya hidup bagi sebagian orang. Namun jika hamil, sepertinya kamu harus “puasa” dulu nih dari kegiatan merokok. Kandungan kalium, magnesium, vitamin B6 dan B12, petai dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok hingga dapat mempercepat efek penghentian nikotin ke dalam tubuh lho. Wah! Satu lagi fungsi petai yang wajib banget kamu tahu ya.

 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu fungsi petai yang bisa menolong kamu di musim tak menentu ini. Petai mengandung sejumlah nutrisi yang dapat melindungi tubuhmu dari berbagai faktor yang mungkin bisa menyebabkanmu terserang penyakit. Kandungan vitamin A mencegah terjadinya gangguan pada mata dan menjaga kesehatan mata. Sementara kandungan vitamin C dan antioksidannya dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuhmu. Atau mungkin kamu cepat merasa lelah, tidak bertenaga, pusing, mual dan terserang penyakit ringan. Bisa jadi kamu terserang anemia. Kandungan zat besi dalam petai bahkan ternyata sanggup mencegah anemia, lho.

 

4. Meningkatkan kemampuan kognitif

Gimana ceritanya makanan hijau ini bisa meningkatkan kemampuan kognitifmu? Well, salah satu penelitian di Inggris menemukan para siswa yang mengonsumsi petai saat sarapan hingga makan siang, dapat mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah. Ini karena petai memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, di antaranya kemampuan mengingat, melakukan rekognisi pola, kemampuan mempersepsikan melalui panca indera. Berguna banget ya, untuk aktivitas keseharianmu.

Walau memiliki aroma yang kurang sedap bagi sebagian orang, nyatanya, petai masih menjadi idola bagi sebagian masyarakat asli Indonesia. Petai pun kerap dijadikan beberapa menu lezat ala nusantara, salah satunya Teri Petai. Mau tahu cara membuat teri petai lezat yang menggigit di lidah? Berikut resepnya!

Bahan :

dwdq

 

  1. 100 gram ikan teri kering
  2. 10 butir petai (belah dua)
  3. Minyak goreng (secukupnya)
  4. 1 lembar daun jeruk
  5. 1 buah tomat (belah 4)

Bumbu :

dewdw

 

  1. 7 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 15 buah cabai rawit
  4. 2 buah cabai merah besar (buang isinya)
  5. Garam (secukupnya)
  6. Gula (secukupnya)
  7. Kaldu ayam bubuk atau penyedap rasa (secukupnya)

Catatan: agar rasa bumbu makin sedap, disarankan agar kamu menghaluskannya pakai cobek.

Cara Membuat

wqq

 

  1. Goreng kering teri lalu sisihkan sebentar
  2. Goreng petai hingga setengah matang dan sisihkan juga 
  3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum
  4. Masukkan teri dan petai ke dalam bumbu lalu aduk rata
  5. Tambahkan daun jeruk dan buah tomat agar rasa sambal teri ini semakin nikmat
  6. Jika ingin ikan teri lebih empuk, kamu bisa menambahkan sedikit air dan memasak sambal teri hingga air menyusut atau asat
  7. Sambal teri campur petai yang enak banget sudah matang dan siap untuk disajikan

dwdwq

 

Selain gurih dan pedas yang menyatu di lidah, petai teri juga pas dinikmati dengan nasi hangat. Aroma khas yang ada pada petai pun ditimbulkan dari kandungan sulfur yang terdapat dalam asam mino petai. Wah, jangan sampai kamu kehilangan manfaat petai dengan menghindari baunya, Berrykitcheners. Untuk itu, dibutuhkan cara pengolahan yang tepat sehingga aroma khas petai tidak menyengat atau hilang sama sekali!

 

Sumber: foodsoldier.com

Kata Kunci: Resep Teri Petai
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup