facebook

Resep Takoyaki

Selasa, 19 September 2017 - 10:27:20 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Takoyaki

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Takoyaki

Hai Berrykitcheners! Menjalani rutinitas sehari-hari, kamu tentu harus menikmatinya dengan mengonsumsi makanan lezat dan bergizi bagi tubuh. Dari sederet makanan bergizi, hidangan laut tentu nggak luput dari salah satu sajian yang bisa kamu santap. Selain ikan, udang, kepiting, dan cumi-cumi, ada satu hidangan yang nggak kalah bergizi lho. Gurita. Apa saja kandungan gurita yang bermanfaat bagi  tubuhmu? Simak yuk!

 

1. Taurin

 

Taurin merupakan salah satu zat penting yang ada dalam empedu untuk membantu mencerna dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak. Bekerja seperti deterjen, taurin berfungsi untuk mengelmusi lemak sehingga dapat dipecah dan diproses. Saat mengelmusi lemak, beberapa nutrisi yang larut dalam lemak pun akan ikut dimetabolisme oleh taurin. Taurin pun juga penting bagi perkembangan sistem saraf pusat dan retina.

 

2. Zat besi

 

Selain terdapat dalam daging sapi, kandungan yang satu ini juga terdapat dalam daging gurita lho. Zat besi memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Zat besi juga dapat menjaga kesehatan tubuh dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia yang dicirikan dengan lemas, letih dan lesu.

 

3. Vitamin dan mineral

 

Tidak hanya lezat, daging gurita juga mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, C, dan beberapa vitamin B. Kandungan lainnya yang tak kalah penting ialah asam lemak omega-3. Gurita pun mengandung sejumlah mineral, di antaranya, kalium, kalsium, fosfor dan selenium. Kebayang dong gimana tingkat nutrisi daging yang satu ini?

 

Walau kurang umum di tanah air, gurita sendiri populer dikonsumsi di beberapa negara seperti Korea dan Jepang lho. Dikenal karena rasa dan gizinya, beberapa orang di Korea bahkan mengonsumsi gurita secara hidup-hidup. Hii..

 

Nggak perlu menyantap gurita dalam keadaan hidup untuk mendapat gizinya, kamu bisa memilih makanan lezat asal Jepang untuk menikmati daging yang satu ini. Takoyaki. Buat sendiri di rumah yuk! Berikut resepnya!

 

Bahan – bahan:

ddq

  1. 5 sendok makan tepung terigu
  2. 1 sdm kaldu ikan bubuk
  3. 1 sdt kecap asin
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 butir telur
  6. Irisan daun bawang
  7. Keju parut
  8. Katsuobushi (optional)
  9. 200 ml air
  10. Potong dadu Gurita (bisa diganti isian lain)

Cara membuat:

 

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan takoyaki.
  2. Masukkan tepung terigu dalam wadah. Kemudian tambahkan kaldu ikan bubuk, garam, dan kecap asin. Aduk sampai rata.
  3. Lalu tambahkan telur. Kocok.
  4. Setelah dikocok dan telur menyatu dengan tepung, tuangkan air. Kocok sampai rata.
  5. Sebaiknya adonan dibikin cair tapi juga jangan terlalu cair.
  6. Setelah adonan siap, siapkan panci khusus takoyaki yang berbentuk bulat-bulat. Panaskan api dengan suhu kecil agar matang merata.
  7. Agar dapat terbentuk menjadi bulat penuh, tuangkan adonan sampai penuh dan tumpah-tumpah dalam satu lubang ke lubang lainnya.

de

 

  1. Sebelum dibalik, taburkan daun bawang, keju parut (optional), dan potongan gurita (optional).
  2. Setelah ditaburkan semua bahan isinya, balik adonan dan masak sampai berwarna kecoklatan.
  3. Setelah matang merata, angkat dan sajikan dalam piring saji. Tuang mayonaise dan saus takoyaki. Jika tidak ada saus takoyaki, bisa diganti dengan saus sambal. Kemudian taburkan katsuobushi di atasnya.
  4. Takoyaki siap untuk disantap.

sqwdq

 

Berbentuk bola-bola yang siap untuk disantap dalam sekali suap, takoyaki memiliki cita rasa gurih manis yang lezat untuk dinikmati kapan saja. Nggak harus selalu ke mall untuk menyantap hidangan imut satu ini, kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sumber: www.cookpad.com

Kata Kunci: Resep Takoyaki
Bagikan ke teman Kamu