facebook

Resep Smoothies Kurma

Kamis, 17 May 2018 - 05:44:10 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Smoothies Kurma

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Smoothies Kurma

Berrykitcheners, sahur sebaiknya diisi dengan memakan makanan yang bergizi dan mengenyangkan lebih lama. Sebab, perut akan kosong selama sekitar 14 jam.

 

Namun, ada kalanya kita terburu-buru sahur karena bangun kesiangan. Kalau sudah begini, biasanya kita sahur asal-asalan. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas saat berpuasa.

 

Padahal, kamu bisa, lho, membuat minuman sahur yang praktis tapi mengenyangkan dan bergizi. Contohnya smoothies kurma. Tinggal blender kurma bersama oatmeal dan susu cair, jadilah minuman yang cocok untuk sahur!

 

Manfaat Kurma

 

Tinggi Serat

Kurma adalah buah yang kaya serat, sehingga dapat mencegah sembelit yang sering terjadi di bulan puasa. Bahkan, meski rasanya sangat manis, serat dalam kurma disebut-sebut dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

 

Kaya Antioksidan

Dibanding buah kering sejenis seperti buah tin dan plum kering, kurma tampak mengandung antioksidan paling tinggi. Salah satu antioksidan paling potensial dalam kurma adalah flavonoid yang disebut-sebut dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

 

Selain itu juga ada karotenoid yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan mata, serta asam fenolat yang membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

 

Membantu Persalinan Alami

Mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat mendorong pelebaran serviks, sehingga menurunkan kebutuhan akan induksi serta membantu mengurangi lamanya persalinan.

 

Kemungkinan hal ini disebabkan oleh senyawa dalam kurma yang meniru efek hormon oksitosin dalam tubuh, yakni menyebabkan kontraksi. Kandungan tannin dalam kurma juga mempermudah kontraksi yang diperlukan untuk persalinan normal. Selain itu, kurma merupakan sumber gula dan kalori yang baik untuk menjaga energi selama proses persalinan.

 

Kalau kamu sedang melakukan program hamil, kamu bisa mencoba mengonsumsi kurma muda yang dipercaya bikin cepat hamil.

 

Resep Smoothie Kurma

Berbagai kebaikan kurma tadi, ditambah dengan oatmeal dan susu menjadikan smoothies kurma minuman yang bergizi mengenyangkan lebih lama. Sebab, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang lambat dicerna tubuh. Susupun sudah lama terkenal manfaatnya untuk kesehatan.

 

Tak sekadar bergizi, smoothie kurma ini juga enak meski tanpa pemanis tambahan karena kurma sudah jadi bahan pemanis alami.

 

Kalau tak sempat merendam kurma, sebenarnya boleh saja kamu langsung memblendernya. Tapi, ada baiknya kamu sudah merendam kurma semalam sebelumnya agar esok paginya bisa langsung digunakan. Dengan demikian, kurma akan lebih mudah hancur saat diblender, terutama untuk jenis kurma yang bertekstur keras atau kenyal.

 

Coba, yuk, resep smoothies kurma yang simpel ini!

 

Bahan:

  • 7 buah kurma, buang bijinya
  • 5 sdm oatmeal instan
  • 200 ml susu cair
  • Air secukupnya untuk merendam kurma

 

Cara Membuat:

  1. Rendam kurma dalam air selama minimal 30 menit agar lembut. Tiriskan.
  2. Campur kurma dengan oatmeal dan susu di dalam blender, lalu proses sampai halus.
  3. Smoothies kurma siap dinikmati langsung atau didinginkan dulu di dalam kulkas.

 

Kamu bisa mengganti atau mengombinasikan oatmeal dengan bahan lain yang mengenyangkan, misalnya avokad atau pisang. Susupun bisa kamu ganti dengan yoghurt jika ingin mendapatkan manfaat untuk pencernaan.

 

Kalau kamu merasa smoothies ini kurang manis, kamu bisa menambahkan madu. Sebaliknya, jika saat dicicipi smoothies ini terlalu manis, kamu dapat menuangkan air secukupnya.

 

Tidak ada blender? Setelah kurma direndam dan ditiriskan, kamu bisa mencampurkannya dengan susu lalu lumatkan kurma dengan garpu. Setelah itu, tambahkan oatmeal dan aduk rata. Diamkan beberapa menit agar oatmeal mengembang. Karena teksturnya lebih kasar, smoothies tanpa blender ini lebih baik dinikmati dengan sendok.

 

Selamat mencoba!

 

Foto: https://www.belovedates.com

 

Kata Kunci: Resep Smoothies Kurma yang Mengenyangkan
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup