facebook

Resep Smoothie Pisang dan Oat

Kamis, 30 August 2018 - 00:26:28 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Smoothie Pisang dan Oat

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Smoothie Pisang dan Oat

Profesi atlet mengharuskan seseorang menjalani gaya hidup sehat untuk menunjang kariernya. Ia harus memerhatikan makanan dan minuman yang ia konsumsi agar bisa menampilkan performa terbaik saat bertanding.

 

Apakah kamu atlet atau orang yang serius menekuni olahraga? Pernahkah kamu mengalami performa yang begitu-begitu saja dan merasa tubuhmu sulit didorong untuk memaksimalkan kemampuanmu? Bisa jadi ini karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi kurang tepat.

 

Berolahraga yang membutuhkan banyak pergerakan fisik seperti bulutangkis membutuhkan asupan energi yang cukup tinggi namun tetap menyehatkan. Ada beberapa makanan dan minuman yang disarankan untuk kamu yang ingin menjadi juara di lapangan, di antaranya pisang dan oatmeal.

 

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi dua buah pisang dapat memberikan energi yang cukup untuk berolahraga intensif selama 90 menit. Buah berwarna kuning ini mengandung tiga macam gula alami, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Karena itu, memakan pisang dapat memberikan dorongan energi yang banyak, cepat, dan bertahan lama.

 

Kandungan pisang yang terkenal adalah potassium, zat yang hilang dari tubuh kita melalui keringat saat berolahraga. Potassium berperan penting dalam fungsi otot. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan kram yang tak normal serta perasaan tidak nyaman. Menyantap pisang sebelum atau saat berolahraga baik untuk memastikan kadar potassium dalam tubuhmu cukup.

 

Oatmeal juga bisa jadi sumber energi yang baik untuk olahragawan. Butirannya padat energi dan gizi. Kandungan karbohidratnya yang tinggi serat dibakar secara perlahan dalam tubuh, sehingga oat paling pas dikonsumsi saat sarapan.

 

Pisang dapat dikonsumsi begitu saja untuk memberikan asupan energi yang dicerna secara instan tanpa membuat kita merasa kekenyangan. Namun, manfaatnya akan lebih terasa jika dikombinasikan dengan oatmeal serta selai kacang, yoghurt, dan susu.

 

Semua bahan tadi diblender menjadi minuman mengenyangkan yang disebut smoothie. Beri madu dan kayumanis untuk menambahkan rasa. Berrykitchen sudah menuliskan resep dengan takaran cangkir agar mudah kamu praktikkan. Selamat mencoba!

 

Bahan Smoothie Pisang dan Oat:

  • 1 buah pisang Ambon, kupas dan potong-potong
  • 1 cangkir es
  • 1/4 cangkir oat
  • ½ cangkir yoghurt vanili
  • ½ cangkir susu skim atau susu rendah lemak
  • 1,5 sdm selai kacang
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt kayumanis bubuk

 

Cara Membuat Smoothie Pisang dan Oat:

  1. Masukkan pisang, es, oat, yoghurt, susu, selai kacang, madu, dan kayu manis secara berurutan ke dalam blender.
  2. Blender semua bahan sampai halus. Matikan blender.
  3. Tuangkan smoothie ke dalam gelas. Smoothie pisang dan oat siap dinikmati.

 

Pisang Ambon digunakan karena bertekstur cukup lunak, harum, dan manis. Namun, kamu sebenarnya bisa menggunakan pisang apa saja. Resep ini juga bisa kamu modifikasi dengan bahan yang ada selama bahan utamanya yakni pisang dan oat tetap digunakan. Contohnya adalah resep oatmeal smoothie yang menggunakan pisang, oat, susu cokelat, serta almond.

 

Smoothie yang lembut dan creamy ini bisa membuatmu kenyang sampai siang. Cocok dibawa dalam tumbler dan dinikmati sebagai menu sarapan praktis saat terburu-buru. Kamu juga bisa menikmati smoothie ini saat berlatih atau bertanding untuk mendapatkan asupan energi baik secara instan. Jangan lupa terapkan pola makan sehat dan seimbang juga, ya.

 

Sumber resep: safinabakes1231 via allrecipes.com

Foto: https://images-gmi-pmc.edge-generalmills.com

 

 

Kata Kunci: Resep Smoothie Pisang dan Oat
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup