facebook

Resep Smoothie Bowl Mangga Nanas

Kamis, 03 January 2019 - 23:51:04 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Smoothie Bowl Mangga Nanas

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Smoothie Bowl Mangga Nanas

Smoothie bowl memang bukan jenis makanan yang baru hits. Tampilannya yang menarik sudah membuatnya viral beberapa tahun lalu. Namun, untuk mengawali tahun dengan makanan sehat, tak ada salahnya kamu mencoba membuat smoothie bowl sendiri alih-alih membeli di restoran.

 

Tahukah kamu apa bedanya jus, smoothie, dan milkshake? Jus biasanya hanya mengandung sari buah atau sayur tanpa seratnya. Jadi, hanya air tanpa ampas. Biasanya hasil yang encer tersebut diperoleh dari pemrosesan oleh juicer.

 

Jika kamu menghaluskan buah menggunakan blender, hasilnya lebih cocok disebut smoothie karena mengandung serat atau ampas dan lebih kental. Meski demikian, smoothie biasanya menggunakan susu sehingga hasilnya lebih creamy dibanding hanya menggunakan air.

 

Kalau menggunakan susu, apa bedanya smoothie dengan milkshake? Meski konsistensinya sama-sama kental, smoothie lebih banyak mengandung buah, sedangkan milkshake lebih dominan kandungan susu atau es krimnya. Bahkan, kebanyakan milkshake tidak mengandung buah sama sekali, melainkan hanya menggunakan bahan perasa.

 

Nah, smoothie bowl sedikit berbeda dengan smoothie yang biasa dinikmati di gelas. Teksturnya lebih kental sehingga bisa dinikmati dengan sendok, bukan sedotan. Setelah ditempatkan di mangkuk, bagian atas smoothie bowl diberi aneka topping. Tampilannya jadi lebih Instagrammable dibanding smoothie biasa.

 

Cara Meracik Smoothie Bowl

Kamu bebas berkreasi menggunakan berbagai bahan saat membuat smoothie bowl. Namun, inilah beberapa elemen yang menjadi dasar pembuatan smoothie bowl:

 

1. Buah

Kuncinya adalah membuat smoothie kental sebagai pondasi yang dapat menahan topping agar tidak tenggelam. Gunakan buah beku agar hasilnya lebih kental. Kalau kamu memakai buah segar, tambahkan es. Mencampurkan pisang atau avokad juga akan membuat smoothie lebih kental dan creamy.

 

2. Cairan

Lupakan air. Gunakan bahan cair lain yang tak hanya membuat rasa smoothie lebih enak, tapi kandungan gizinya juga lebih tinggi. Contohnya adalah susu sapi, susu nabati (kedelai, almond, santan, dan sebagainya), yoghurt, air kelapa, jus buah, atau bahkan teh. Tambahkan sedikit-sedikit saat memblender buah agar smoothie yang dihasilkan tidak terlalu encer.

 

3. Bahan perasa

Kamu bisa saja menggunakan gula untuk membuat smoothie terasa lebih manis. Tapi, kalau ingin smoothie-mu tak melenceng dari kata ‘sehat’, gunakan pemanis alternatif seperti madu, stevia, atau kurma. Kalau kamu menggunakan yang terakhir, jangan lupa rendam dulu kurma dalam air panas selama beberapa menit agar lebih lunak dan mudah diblender.

 

Selain menggunakan bahan pemanis, smoothie-mu makin enak jika ditambahi perasa seperti kakao bubuk, kayumanis, ekstrak vanili, atau daun mint. Selai kacang juga membuat smoothie lebih kental, gurih, dan tinggi protein.

 

4. Topping

Ini waktunya kamu berkreasi menyusun topping agar hasilnya cantik. Gunakan apa yang kamu punya. Topping-nya bisa berupa potongan atau irisan buah segar, buah kering, kacang-kacangan, kelapa kering, biji-bijian (chia seed, flaxseed, biji labu kuning, kuaci, dan sebagainya), granola, sereal, dan lain-lain.

 

Resep Smoothie Bowl Mangga Nanas

Mau coba bikin smoothie bowl sendiri? Kamu bisa mempraktikkan resep dari Lindsay Hunt yang dimuat di BuzzFeed ini.

 

Bahan:

  • ¾ cup daging buah mangga beku
  • ¾ cup daging buah nanas beku
  • 1 buah pisang kecil
  • ½ cup air kelapa
  • ¼ mangga segar, ambil daging buahnya saja, potong-potong
  • 1 buah kiwi, kupas dan potong-potong
  • 2 buah kurma, sobek-sobek
  • 2 sdm kelapa parut

 

Cara membuat:

  1. Blender mangga dan nanas beku, pisang, serta air kelapa sampai halus.
  2. Pindahkan smoothies ke mangkuk.
  3. Tata mangga segar, kiwi, kurma, dan kelapa di atasnya.
  4. Smoothie bowl siap disajikan.

 

Untuk: 1 porsi

 

Smoothie bowl bisa jadi menu sarapan yang sehat dan mengenyangkan atau camilan yang praktis dan enak. Kamu bahkan bisa bereksperimen dengan menambahkan sedikit sayur seperti bayam, selada, atau mentimun agar smoothie bowl semakin kaya gizi. Let’s try!

 

Foto: BuzzFeed.com

 

Kata Kunci: Resep Smoothie Bowl Mangga Nanas
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup