facebook

Resep Sate Lilit Tuna

Jumat, 21 April 2017 - 13:18:22 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Sate Lilit Tuna

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Sate Lilit Tuna

Hai Berrykitcheners! Apa kabar harimu? Semoga selalu sehat dan menyenangkan ya. Bicara tentang kesehatan, asupan makanan yang kamu konsumsi tentu sangat memengaruhi kondisi tubuhmu. Istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayuran, dan daging secara seimbang akan sangat baik bagi kamu terutama jika memiliki aktivitas padat. Salah satu bahan makanan yang baik kamu konsumsi ialah ikan tuna. Apa saja manfaat daging ikan tuna bagi tubuhmu? Berikut uraiannya.

 

1. Menurunkan kadar trigliserida

 

Di masa muda seperti saat ini, kamu bukan berarti tidak perlu mengkhawatirkan gangguan kolesterol dalam darah. Nyatanya, kolesterol dapat menyerang siapa saja, termasuk orang yang berada pada usia muda. Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani dalam aliran darah. Kandungan trigliserida yang tinggi inilah yang kemudian dapat memicu naiknya kadar low-density lipoprotein (LDL) atau “kolestrol jahat” dan rendahnya tingkat high-density lipoprotein (HDL) atau “protein baik”. Pada dasarnya tingkat HDL diharapkan lebih rendah dari LDL dalam tubuh. Sebab itu, mengonsumsi dua porsi tuna dalam seminggu dapat membantu menurunkan kadar trigliserida.  

 

2. Baik untuk jantung

 

Ukuran fungsi denyut jantung dikenal dengan sebutan heart rate variability atau HRV. Kandungan asam lemak omega-3 dalam daging ikan tuna dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara meningkatkan HRV.  Asam lemak omega-3 juga dapat melindungi jantungmu dari irama jantung abnormal yang dapat berakibat fatal lho.

 

3. Mencegah dan mengurangi obesitas

 

Selain baik untuk jantung, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan tuna memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya mengurangi resiko obesitas sekaligus meningkatkan respon insulin tubuh. Pasalnya, asam lemak omega-3 mampu merangsang hormon leptin yang membantu mengatur metabolisme dalam tubuh dan berperan dalam mengatur berat badan serta makanan asupan tubuh. Selain itu, tuna juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan kandungan lemak yang baik. Sebab itu, daging ini cukup aman dikonsumsi bagi kamu yang khawatir obesitas.

 

Wah, ikan tuna ternyata sangat baik untuk tubuhmu ya, Berrykitcheners. Tidak hanya dijadikan steak maupun sup. Tuna juga bisa kamu variasikan ke hidangan lainnya lho. Sate lilit salah satunya.

 

Bahan-bahan:

  • 400 gr ikan tuna
  • 1 butir telur
  • 5 sdm tepung tapioka/ secukupnya
  • batang serai atau batang bambu yang agak lebar secukupnya

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 2 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica bubuk
  • garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan ikan tuna. Campur dengan bumbu halus, tepung dan telur. Aduk rata hingga jadi adonan agak padat.

3ed

 

2. Kepal-kepal adonan ke batang serai atau bambu secukupnya.

eweq

 

3. Kukus hingga matang kurang lebih 20 menit. Olesi sate dengan minyak, panggang sate hingga matang atau kecokelatan.

xadq

 

Karena menyantap tuna tidak harus selalu ala Western yang tidak jarang terasa sedikit hambar di lidah bukan? Kini kamu dapat menyantap hidangan tuna yang lekat dengan bumbu rempah nikmat ala Nusantara. Selamat mencoba Berrykitcheners!

 

Sumber: http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/102113-resep-sate-lilit-ikan-tuna.html

Kata Kunci: Resep Sate Lilit Tuna
Bagikan ke teman Kamu