facebook

Resep Popcorn Ala Bioskop

Kamis, 26 April 2018 - 06:45:59 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Popcorn Ala Bioskop

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Popcorn Ala Bioskop

Popcorn sudah sejak lama jadi camilan khas bioskop. Teksturnya yang ringan dan renyah serta rasanya yang asin membuat si jagung mekar ini tak terasa kita habiskan selagi mata fokus ke layar lebar.

 

Aroma mentega yang tersebar saat popcorn dimasak seringkali membuat kita tergoda membelinya sebelum menonton film di bioskop. Tapi, ada kalanya kita juga ingin menikmati kelezatan berondong saat menonton film di rumah.

 

Sebenarnya ada popcorn kemasan yang tinggal dipanaskan di microwave. Tapi, kalau kamu cuma punya kompor, kamu tetap bisa bikin popcorn asin ala bioskop, kok.

 

Tips Membuat Popcorn Enak Ala Bioskop

Membuat popcorn sendiri menggunakan kompor gampang-gampang susah. Masalah yang sering terjadi adalah tidak semua biji jagung mekar sehingga ada yang terasa keras saat digigit. Selain itu, terkadang matangnya tidak merata sehingga biji jagung di bagian bawah hangus. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memastikan biji-biji jagung tersebut memiliki suhu yang sama sebelum pecah.

 

Aroma popcorn yang mengundang berasal dari mentega. Sebenarnya kamu bisa memakai mentega biasa yang dilelehkan untuk membumbui popcorn. Panaskan mentega sampai berwarna sedikit kecokelatan untuk rasa mentega yang lebih pekat.

 

Namun untuk membuat popcorn yang tidak terlalu berminyak, kamu bisa menggunakan clarified butter atau ghee. Kamu bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Caranya, lelehkan mentega menggunakan api sedang agak kecil. Setelah mentega sudah cair semua, terus panaskan dengan api yang sangat kecil. Partikel-partikel padat akan mulai jatuh ke dasar panci.

 

Saat mentega berubah warna dari kuning muda menjadi emas pekat dan bening serta permukaan mentega tidak lagi berbuih, matikan api. Saring mentega menggunakan saringan yang sangat halus (misalnya cheesecloth atau filter kopi). Partikel padat tadi akan tertinggal di panci.

 

Clarified butter bisa disimpan di botol dan ditaruh di suhu ruang. Bisa juga ditempatkan di kulkas selama tiga bulan atau di freezer selama enam bulan.

 

Clarified butter memiliki rasa lebih manis dan creamy disbanding mentega biasa. Titik asapnya juga lebih tinggi sehingga bisa digunakan untuk makanan dengan teknik memasak menggunakan api besar atau waktu lama. Clarified butter juga membuat kue yang dipanggang berwarna cokelat lebih merata. Saat digunakan membuat saus, clarified butter membuat emulsi jadi lebih stabil.

 

Selain mentega, popcorn asin juga menggunakan garam. Agar garam menempel dengan lebih baik ke popcorn, kamu bisa menggunakan garam yang sangat halus. Kalau kamu cuma punya garam biasa, kamu bisa menghaluskannya menggunakan food processor, penggiling kopi, atau bahkan ulekan. Kamu juga membeli popcorn salt secara online. Biasanya popcorn salt ini berupa garam halus yang sudah dilengkapi bumbu.

 

Sudah siap membuat popcorn asin yang enak ala bioskop? Ini resepnya:

 

Resep Popcorn Asin Ala Bioskop

Bahan:

  • 2 sdm minyak kelapa
  • ½ cup (110 gram) biji jagung popcorn
  • 4 sdm mentega leleh atau clarified butter (ghee)
  • ¼ sdt garam halus

 

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak di panci menggunakan api sedang agak besar sampai semua padatan minyak meleleh.
  2. Masukkan 3-4 biji jagung ke minyak. Tunggu sampai jagung meletus menjadi popcorn. Catatan: Cara ini untuk mengetes apakah minyak sudah cukup panas untuk memasak biji jagung.
  3. Masukkan sisa biji jagung ke panci secara merata di dasar panci.
  4. Tutup panci, angkat dari kompor, dan hitung 30 detik. Catatan: Dengan begitu, biji-biji jagung akan mendekati suhu meletus. Jadi ketika dipanaskan kembali, biji-biji jagung akan pecah dalam waktu kurang lebih bersamaan.
  5. Taruh lagi panci ke atas kompor yang menyala tadi. Biji-biji jagung akan mulai meletus berbarengan. Saat suara letusan mulai ramai, goyangkan panci perlahan. Catatan: Kamu bisa memiringkan tutupnya sedikit saja agar uap popcorn bisa keluar, sehingga hasilnya akan lebih kering dan renyah.
  6. Saat suara letusan memelan (jarak suara letusan sekitar 1-2 detik), matikan api. Buka tutup panci lalu tuang popcorn ke wadah besar.
  7. Tuang mentega leleh atau clarified butter ke popcorn sedikit demi sedikit sambil dikocok agar merata. Taburi garam dan kocok lagi. Catatan: Popcorn harus dibumbui selagi masih panas, karena uap dari popcorn yang baru matang serta mentega yang masih hangat akan membuat garam mudah menempel.
  8. Sajikan segera.

 

Sambil ngemil popcorn, kamu bisa melengkapi camilan nontonmu dengan Cold Pressed Juice Cholesterol Buster untuk menghempas lemak dari mentega di popcorn tadi. Selamat nonton film!

 

Kata Kunci: Resep Popcorn Ala Bioskop
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup