facebook

Resep Pajeon, Bakwan Korea

Kamis, 19 July 2018 - 05:18:16 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Pajeon, Bakwan Korea

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Pajeon, Bakwan Korea

Di Indonesia, bakwan cukup populer dijadikan camilan maupun lauk. Makanan ini juga punya sebutan lain, di antaranya ote-ote dan bala-bala. Ternyata, bukan cuma kita yang doyan bakwan, Berrykitcheners. Orang Korea juga punya bakwan versinya sendiri yang disebut ‘jeon’.

 

Sama seperti konsep bakwan, jeon merujuk pada makanan yang dibuat dengan membumbui daging-dagingan atau sayuran utuh, iris, atau cincang lalu melapisinya dengan tepung dan telur kocok sebelum menggorengnya. Jeon bisa disajikan sebagai makanan pembuka, lauk, maupun camilan yang dinikmati bersama minuman.

 

Bedanya, kalau bakwan lebih banyak menggunakan sayuran dan untuk daging terbatas pada udang dan teri, isi jeon lebih variatif. Bahannya bisa mengandung daging merah dan jeroannya, daging unggas, ikan dan berbagai jenis seafood, sayuran dan jamur, bahkan bunga yang dapat dimakan.

 

Apa Itu Pajeon?

Salah satu jenis jeon berbahan sayuran adalah pajeon. ‘Pa’ sendiri berarti daun bawang, jadi pajeon bisa diterjemahkan sebagai ‘bakwan daun bawang ala Korea’. Bentuknya mirip cong you bing, pancake daun bawang asal Tiongkok, tapi tekstur pajeon tidak sepadat cong you bing dan tidak terbuat dari adonan kalis.

 

Ciri pajeon yang paling jelas adalah tampilan daun bawang yang mencolok dan dibiarkan panjang, bukan diiris-iris di seperti buchimgae. Selain itu, adonan tepung dan telur pada pajeon disiramkan ke daun bawang di wajan, tidak dicampur dengan daun bawang sedari awal seperti buchimgae. Karena kandungan isi pajeon banyak, pajeon sering digolongkan makanan kerajaan.

 

Pajeon yang banyak menggunakan seafood sebagai isian disebut haemul pajeon. Kalau menggunakan kucai, namanya berubah menjadi buchujeon.

 

Tertarik bikin pajeon? Bahan-bahannya mudah dicari, kok, kecuali doenjang yang bisa ditemukan di toko atau toko online atau yang menjual bahan makanan impor dari Korea. Cara membuatnya juga mudah meski sedikit berbeda dengan membuat bakwan (yang lebih mirip teknik membuat buchimgae).

 

Resep Pajeon

 

Bahan Pajeon:

  • 10 batang daun bawang, potong dua atau tiga
  • 65 gram tepung terigu
  • 120 ml air
  • 1 sdt doenjang (pasta kedelai Korea)
  • ½ sdt gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

 

Bahan Saus Pajeon:

  • 2 sdm soy sauce
  • 1 sdm cuka
  • 1 sdt gula atau madu
  • Daun bawang secukupnya, potong-potong
  • Cabai merah atau cabai hijau secukupnya, potong-potong
  • 1 sdt wijen putih, sangrai

 

Cara Membuat Pajeon:

  1. Campur tepung, air, doenjang, dan gula di dalam mangkuk dan aduk sampai adonan mulus. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng di wajan datar antilengket.
  3. Tata daun bawang secara paralel di wajan.
  4. Tuangi daun bawang tadi dengan adonan tepung secara merata. Biarkan adonan berubah menjadi renyah dan berwarna cokelat keemasan., lalu balik.
  5. Setelah pajeon matang, angkat. Nikmati bersama cocolan saus.
  6. Saus: campur semua bahan dan aduk rata. Sajikan.

 

Hmm… Sepertinya pajeon enak juga dinikmati bersama bulgogi dan nasi, ya? Bikin, yuk!

 

Sumber resep: maangchi.com

Foto: https://upload.wikimedia.org

 

Kata Kunci: Resep Pajeon, Bakwan Daun Bawang Korea
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup