facebook

Resep Nasi Uduk

Selasa, 23 May 2017 - 13:44:35 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Nasi Uduk

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Nasi Uduk

Hai Berrykitcheners! Dibawa oleh penduduk Melayu yang merantau ke Pulau Jawa, nasi uduk ternyata sudah populer sejak abad ke-16! Selain harganya yang relatif murah, nasi uduk mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan berbagai vitamin lho. Mau tahu apa saja manfaatnya bagi tubuhmu? Berikut ulasannya.

 

1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Di samping lezatnya nasi uduk, ternyata ada manfaat yang bisa didapatkan untuk kamu yang menderita darah tinggi. Pasalnya, nasi uduk mengandung sodium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, sehingga bisa mencegah serangan hipertensi.

 

2. Mencegah sembelit

Sebal nggak sih bila kamu tidak buang air selama berhari-hari? Selain perut terasa penuh, saluran penceraanmu pun rentan terserang penyakit. Kandungan serat dalam nasi uduk bisa membantu memperlancar buang air besar lho. Kenyang dan bikin pencernaanmu lancar? Siapa yang nggak mau?

 

3. Sumber energi

Yap, tentunya kamu tahu ini adalah kelebihan dari nasi uduk. Karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam nasi uduk akan diubah menjadi energi yang digunakan oleh tubuh saat kamu membutuhkannya. Nggak heran bila nasi uduk kerap jadi sarapan andalan tanah air ya.

 

4. Menguatkan jantung

Nggak cuma bikin perut kenyang dan lidah bergoyang, nasi uduk ternyata juga baik untuk jantungmu lho. Yap, makanan tradisional Nusanta yang super lezat ini ternyata mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantungmu.

 

Terbukti kan, selain rasanya yang lezat, nasi uduk memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh tubuhmu. Nggak heran bila makanan ini senantiasa jadi primadona untuk dinikmati kapan saja. Jika belakangan penjualnya semakin jarang terlihat di dekat rumahmu, kini kamu bisa membuatnya sendiri kok di rumah. Berikut resep praktisnya.

 

Bahan utama nasi uduk

  • 300 gram beras,cuci hingga bersih. Sisihkan
  • 450 ml santan kelapa kental

Bahan bumbu nasi uduk

  • 2 lembar daun salam muda
  • 2 butir cengkeh
  • 2 batang serai
  • 2 cm kayu manis
  • merica secukupnya
  • pala bubuk secukupnya
  • garam secukupnya

Cara membuat:

1. Langkah pertama beras yang sudah dicuci bersih kemudian di kukus selama kurang lebih 30 menit

2. Sembari menunggu nasi di kukus , anda dapat mendidihkan santan, cengkeh, kayu manis, pala, daun salam dan serai.Masak hingga santan menjadi harum kemudian saring

ww

 

3. Lanjutkan dengan mencampurkan beras yang sudah dikukus tadi menjadi aron kemudian aduk hingga rata dan santan meresap

4. Kukus hingga 45-50 menit hingga nasi lunak, angkat

dew

 

5. Nasi uduk lezat dinikmati selagi hangat

ee

 

 

Mudah bukan? Kamu bisa menyantapnya kapan pun kamu inginkan dan memadukannya dengan berbagai lauk yang ada di rumah. Seperti biasa, kamu juga bisa menambahkan irisan telur dadar dan kerupuk sebagai teman menyantap hidangan gurih yang satu ini. Selamat mencoba, Berrykitcheners!

 

 

Sumber: http://selerasa.com

Kata Kunci: Resep Nasi Uduk
Bagikan ke teman Kamu