facebook

Resep Nasi Kuning

Senin, 14 August 2017 - 17:53:51 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Nasi Kuning

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Nasi Kuning

Hai Berrykitcheners! Sebagai orang Indonesia, apakah kamu salah seorang warga yang menganut paham “ belum makan kalau belum menyantap nasi”? Sejak diseragamkan menjadi pangan nasional pada era Soeharto, nasi sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia. Nggak hanya kenyang, nasi juga ternyata mengandung sejumlah manfaat bagi tubuhmu lho. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

 

1. Sumber energi

 

Setia mengonsumsi nasi, kamu tentu tahu, makanan yang satu ini identik dengan karbohidrat. Iya, nasi memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Per 100 gramnya, nasi memiliki kandungan karbohidrat sekitar 27,9 gram. Karbohidrat ini kemudian akan dibakar dalam tubuh untuk diubah menjadi energi.

 

2. Meningkatkan mood

 

Setuju nggak sih kalau lapar kadang bisa bikin kamu cepat bete atau marah? Well, jawaban ilmiahnya, perut lapar dalam jangka yang lama akan mengakibatkan kurangnya pasokan glukosa pada otak. Pasalnya, glukosa dikirim ke otak sebagai sumber energi yang memiliki beberapa fungsi antara lain mengontrol tempramen dan emosi negatif lainnya. Kandungan karbohidrat dalam nasi putih pun mampu membantu meningkatkan serotonin, senyawa yang dapat menimbulkan rasa senang pada otak. Perut kenyang, hati senang.

 

3. Kaya akan mineral dan vitamin

 

Pernah bertanya seberapa banyak kebutuhan nutrisi yang sudah kamu penuhi hari ini? Nggak perlu khawatir, sebagai makanan pokok sendiri nasi mengandung, karbohidrat, protein, serat dan sejumlah vitamin serta mineral. Nasi putih mengandung vitamin D, zat besi, kalsium, niacin, riboflavin, dan thiamine.

 

Dikenal sebagai makanan pokok, anak bangsa pun menciptakan aneka masakan dengan menggunakan nasi. Salah satunya nasi kuning. Simak resepnya yuk!

 

Bahan utama

  • 500 gram beras, cuci bersih
  • 1 batang serai
  • 4 lembar daun salan
  • Air secukupnya
  • 65 ml santan kelapa instan

Bahan Bumbu

  • 2 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit atau menggunakan kunyit bubuk 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Bumbu Penyedap secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. Untuk bahan pelengkap dapat menggunakan daun kemangi, mentimun sebagai lalapan
  2. Abon daging
  3. Bawang goreng untuk taburan
  4. Irisan telur
  5. Sambal
  6. Kerupuk Goreng

Cara Memasak

  1. Langkah pertama untuk membuat nasi kuning menggunakan rice cooker yaitu beras yang sudah dicuci sisihkan.
  2. Setelah bersih mencuci berasnya kemudian masukan ke dalam rice cooker, tambahkan air dan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Sebaiknya ketika memasukan bumbu halus akan dimasukan ke dalam rice cooker , dilarutkan terlebih dahulu hingga lebih mudah tercampur dengan beras

dew

 

3. Aduk hingga bumbunya tercampur rata tambahkan daun salam dan daun serai untuk menambah aroma harum. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa atau bumbu kaldu bubuk. Bagi anda yang akan mengganti dengan kaldu cair maka dapat menguranginya.

4. Nyalakan rice cooker hingga matang. Untuk hasil yang maksimal, ketika sudah matang, maka diaduk terlebih dahulu kemudian nyalakan kembali hingga 10 menit.Sehingga nasi kuning tidak menggumpal dan hasilnya sama dengan membuat nasi kuning menggunakan dandang.

5. Hidangkan dengan bahan pelengkap.

sd

 

Selain nikmat disajikan kapan saja, nasi kuning juga terasa spesial disajikan saat 17 Agustus tiba. Yap! Dari pada galau nungguin lomba nasi tumpeng di kantor atau lingkungan rumah, kini kamu bisa membuat nasi kuning sendiri. Selamat mencoba ya!

 

adds

 

Sumber: https://foodsoldier.com/

Kata Kunci: Resep Nasi Kuning
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup