facebook

Resep Minuman Cuka Apel

Kamis, 17 January 2019 - 21:45:52 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Minuman Cuka Apel

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Minuman Cuka Apel

Pernah mendengar tentang sari cuka apel atau apple cider vinegar? Selain untuk ditambahkan ke makanan, cuka apel dipercaya memiliki banyak khasiat. Baik untuk kesehatan dengan diminum maupun untuk kecantikan dengan cara dioles ke kulit.

 

Cuka apel dibuat dengan cara menghancurkan apel lalu mengambil sarinya. Bakteri dan ragi lalu ditambahkan ke sari apel agar terjadi fermentasi. Setelah itu, hasilnya diubah menjadi cuka dengan menambahkan bakteri pembentuk asam asetat. Kombinasi asam asetat dan asam malat memberikan cuka rasa asam yang khas.

 

Cuka apel biasa digunakan dalam saus salad, bumbu rendaman daging, vinaigrette, pengawet makanan, dan chutney (cocolan khas India). Selain untuk makanan, cuka apel juga sering digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

 

Seperti jus apel, cuka apel dapat mengandung pektin, vitamin B1, B2, dan B6, biotin, asam folat, niasin, asam pantotenat, serta vitamin C. Cuka apel juga mengandung sedikit mineral sodium, fosfor, potassium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Selain itu di dalamnya terkandung asam asetat dan asam sitrat dalam jumlah signifikan.

 

Cuka apel sering digunakan untuk mengatasi osteoporosis, kram dan nyeri kaki, sakit perut, sakit tenggorokan, masalah sinus, tekanan darah tinggi, hingga arthritis. Selain itu, cuka apel juga dipakai untuk membuang racun tubuh, merangsang berpikir, memperlambat proses penuaan, mengurangi kolesterol, melawan infeksi, dan menurunkan berat badan.

 

Tak hanya diminum, cuka apel juga sering dipakai sebagai toner untuk mengobati jerawat, bekas terbakar matahari, cacar ular, gigitan serangga, dan mencegah ketombe. Cuka apel yang dilarutkan juga bisa dibasuhkan ke vagina untuk mengatasi infeksi.

 

Cuka Apel untuk Menurunkan Berat Badan

Beberapa studi menunjukkan bahwa cuka apel dapat membuat cepat kenyang, sehingga kamu bisa mengonsumsi kalori lebih sedikit dan pada akhirnya berat badan bisa turun. Cuka apel juga dapat mendorong proses metabolisme, menghalangi pencernaan pati, menurunkan kadar gula darah, serta untuk detoksifikasi.

 

Penelitian pada 175 orang obesitas menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel setiap hari dapat mengurangi lemak perut dan berat badan. Menelan satu sendok makan cuka apel dapat menurunkan bobot sebanyak 1,2 kilogram, sedangkan meminum dua sendok makan bisa mengurangi 1,7 kilogram.

 

Karena rasa asamnya yang tajam, tak semua orang bisa meminum cuka apel begitu saja. Ada beberapa cara meracik cuka apel agar lebih enak dikonsumsi, bahkan bisa meningkatkan kandungan baiknya. Misalnya, mencampurnya ke teh, jus, air dan madu, atau air dan lemon.

 

Menambahkan jahe bubuk atau jahe parut ke segelas air dan cuka apel disebut-sebut dapat membantu penurunan berat badan. Agar makin enak, gunakan sparkling water dan es.

 

Resep dari manvsweight.com di bawah ini juga bisa jadi panduanmu membuat minuman segar yang diberi cuka apel:

 

Bahan:

  • 1 buah apel, kupas dan iris-iris tipis
  • 2 sdt cuka apel
  • 1 sdt kayumanis bubuk
  • 1 sdt air perasan lemon
  • 2 sdt madu
  • 1 botol air

 

Cara Membuat:

  • Masukkan semua bahan ke botol berisi air kecuali apel.
  • Kocok-kocok selama 2-3 menit
  • Tambahkan apel ke dalam minuman dan diamkan beberapa menit sebelum diminum.

 

Tips:

Minumlah sekitar setengah jam setelah berolahraga. Sebab, jika diminum sebelum latihan, asam dari cuka apel akan berakumulasi di lambung sehingga dapat mengganggu performamu.

 

Meminum cuka apel setelah berolahraga membuatmu rileks. Jangan lupa lanjutkan dengan ngemil kudapan sehat atau makan siang ringan.

 

Bagaimanapun juga, agar berat badan bisa turun dengan sehat, jangan hanya mengandalkan cuka apel. Kamu juga harus mengimbanginya dengan pola makan seimbang dan gaya hidup aktif. Selamat mencoba!

 

Foto: https://blog.bulletproof.com

 

Kata Kunci: Resep Minuman Cuka Apel
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup