facebook

Resep Kue Semprong

Senin, 06 February 2017 - 15:01:59 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Kue Semprong

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Kue Semprong

Hai Berrykitcheners! Sebagai negara tropis, Indonesia tentu sangat kaya dengan buah-buahan yang dimiliki, termasuk buah kelapa. Nggak cuma rasanya yang manis dan segar, daging buahnya yang lembut pun senantiasa dapat memanjakan lidahmu. Di Indonesia sendiri, kelapa juga banyak dimanfaatkan dalam bentuk santan. Selain rasanya yang gurih dan lezat, santan juga memiliki manfaat untuk tubuhmu lho. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya!

 

1. Mencegah anemia

 

Santan kelapa mengandung zat besi untuk mencegah anemia. Di tengah aktivitas yang super padat, nggak jarang kamu jadi merasa cepat lelah atau lemas. Rasa lelah atau lemas yang terjadi bisa saja disebabkan oleh anemia. Anemia sendiri dapat disebabkan oleh kurangnya produksi hemoglobin dalam tubuh untuk aktivitas sehari-hari. Wah, jangan sampai anemia mengganggu harimu.

 

2. Memperkuat tulang

 

Tulang ternyata tidak hanya membutuhkan kalsium lho, Berrykitcheners. Selain kalsium, tulang juga membutuhkan fosfor. Fosfor inilah yang terkandung dalam santan kelapa. Mengonsumsi santan kelapa akan membantu  menguatkan tulangmu.

 

3. Memperkuat sistem imun

 

Nggak cuma fosfor dan zat besi, santan kelapa juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Wah, fungsinya yang satu ini tepat banget kamu dapatkan ketika cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang ini ya. Vitamin C biasa efektif dalam mencegah flu dan infeksi.

4. Mencegah penuaan

 

Santan kelapa mengandung lemak, serat, serta antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan melindungi kerusakan sel yang dapat menjadi penyebab penuaan dini. Psst..! Santan kelapa yang dioles ke wajah maupun sabun diyakini dapat mengencangkan kulit lho.

 

Dikenal dengan rasa gurih dan wanginya yang khas, santan kelapa memang kerap dijadikan sebagai bahan masakan aneka makanan hingga kue. Kue semprong salah satunya. Selain rasa manis dan teksturnya yang renyah, kamu juga wajib tahu, kalau ternyata semprong merupakan salah kue yang lahir dari bentuk akulturasi budah Tionghoa dan Indonesia lho. Yap! Makin rindu sama rasanyakan? Yuk simak resepnya!

 

  1. Santan kelapa 200 ml
  2. Telur ayam 3 butir
  3. Tepung beras 250 gr
  4. Gula halus 165 gr
  5. Garam halus 1/2 sendok teh
  6. Tepung sagu 50 gr
  7. Margarine 60 gr, lelehkan
  8. Wijen 50 gr

 

Cara membuat:

  1. Campurkan gula pasir dengan telur ayam lalu dikocok sampai mengental
  2. Masukkan tepung campuran tepung sagu dan tepung beras sambil diayak sedikit demi sedikit, aduk rata

l'o

 

3. Tuang margarine dan santan kelapa kedalam adonan sambil terus diaduk

4. Tambahkan wijen dan garam kemudian aduk kembali hingga merata

lijio

5. Tuang adonan kue kedalam cetakan semprong yang sudah panas diatas api sedang

6. Setelah itu, tangkupkan cetakan sambil dibolak balik hingga hampir matang dan kering

 

l''kop

 

7. Buka cetakan dan gulung atau lipat kue semprong menjadi berbentuk segi tiga selagi masih panas

8. Diamkan kue beberapa menit hingga dingin dan renyah kemudian sajikan dan masukkan kedalam toples

 

kn;lk

 

Seiring perkembangan zaman, kue ini nyaris sulit kamu temukan di pasaran. Dari pada sibuk mencarinya di toko kue, kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba Berrykitcheners!

 

lj;oi

 

Sumber: http://resepmembuat.com/cara-membuat-kue-semprong-manis-dan-renyah/

Kata Kunci: Resep Kue Semprong
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup