facebook

Resep Kolak Sehat

Rabu, 23 May 2018 - 20:51:11 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Kolak Sehat

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Kolak Sehat

Kolak bisa disebut sebagai salah satu makanan manis yang identik dengan bulan puasa. Makanan ini memiliki dua komposisi, yakni isi berupa umbi, buah, atau kacang hijau, serta kuah santan dan gula merah. Isi yang lembut serta kuah yang hangat dan manis membuat sajian ini cocok mengawali berbuka puasa.

 

Meski demikian, kamu yang sedang berdiet mungkin khawatir mengonsumsi kolak. Sebab, di dalamnya terkandung santan dan gula yang bisa memicu gangguan kolesterol dan gula darah.

 

Sebenarnya, kamu bisa, lho, mengakali agar kolak menjadi penganan yang lebih sehat. Ganti saja bahan-bahan dalam kolak dengan alternatif yang lebih aman untuk dietmu. Berikut contohnya:

 

  • Isi: kalau kamu sedang mengurangi konsumsi karbohidrat, pilih isi selain umbi-umbian. Misalnya pisang, labu kuning, kolang-kaling, dan kacang hijau
  • Santan: ganti dengan susu sapi rendah lemak, yoghurt, atau susu nabati seperti susu almond
  • Pemanis: gula merah memiliki indeks glikemik lebih rendah dibanding gula pasir. Kamu bisa menggunakan gula merah tanpa campuran gula pasir saat memasak kolak. Namun, agar lebih sehat lagi, kamu bisa membuat kolak dengan pemanis terpisah atau dengan kata lain bahan pemanis ditambahkan sendiri saat kolak akan disantap. Dengan demikian, kadar kemanisannya bisa diatur. Alternatif pemanis yang bisa ditambahkan ke kolak di antaranya sari kurma dan madu.

 

Kamu juga bisa menambahkan daun pandan dan kayu manis saat memasak kolak. Tidak hanya membuat aroma dan rasa kolak lebih enak, keduanya juga membuat kolak lebih bermanfaat untuk tubuh.

 

Resep Kolak Labu Susu Almond

Setelah mengetahui cara membuat kolak agar menjadi lebih sehat, sekarang saatnya kamu mempraktikkannya.

 

Pernah coba memasak kolak labu kuning? Kali ini berbeda, lho, karena santannya diganti dengan susu almond.

 

Labu kuning adalah sumber vitamin A, serat, dan zink yang baik. Konsumsi daging buahnya bisa membantumu tampak awet muda dan menurunkan berat badan. Bijinya yang dijadikan kuaci disebut-sebut dapat memperbaiki kehidupan seks, meningkatkan kesehatan prostat, sampai mengatasi cacingan.

 

Bagaimana dengan susu almond? Manfaatnya tak kalah banyak, Berrykitcheners. Susu almond mengandung lebih sedikit kalori dan lemak dibanding susu sapi rendah lemak. Di dalamnya juga tidak ada lemak jenuh maupun kolesterol. Apa lagi ditambah kandungan asam lemak omega-3, susu almond bisa jadi pilihan bersahabat untuk jantung.

 

Yuk, langsung coba buat kolak unik yang sehat dan lezat ini!

 

Bahan:

  • 100 ml air
  • 200 gram gula aren, iris-iris
  • 2 helai daun pandan, ikat simpul
  • 450 gram labu kuning, kupas dan potong-potong dadu ukuran sedang
  • 200 gram kolang-kaling, cuci bersih
  • Bubuk kayu manis secukupnya
  • ½ sdt garam
  • 500 ml susu almond

 

Cara Membuat:

  1. Masak air, gula, dan pandan sampai gula larut dan air mendidih.
  2. Masukkan labu dan kolang-kaling ke dalam panci berisi air gula tadi. Masak dengan api sedang sampai labu dan kolang-kaling empuk.
  3. Tambahkan garam, kayu manis, dan susu almond. Aduk sampai mendidih. Matikan api dan angkat.
  4. Kolak labu susu almond siap disajikan.

 

Hmm… Jadi tak sabar ingin mencoba alternatif kolak yang lebih sehat ini!

 

Sumber resep: hellosehat.com

Foto: Fitri HN via cookpad.com

 

Kata Kunci: Resep Kolak Sehat
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup