facebook

Resep Kolak Pisang

Senin, 29 May 2017 - 12:03:17 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Kolak Pisang

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Kolak Pisang

Hai Berrykitcheners! Apa kabar harimu? Semoga tetap semangat beraktivitas dan menjalani puasa. Di tengah aktivitas padat, ibadah puasa akan terganggu bila kesehatan tubuhmu menurun. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan yang bisa kamu lakukan ialah perbanyak konsumsi buah-buahan seperti pisang. Psst.. Buah yang satu ini kaya akan manfaat lho! Apa saja manfaat yang bisa dipetik dari buah pisang? Berikut ulasannya.

  1. Menjaga kesehatan mata

Bukan Cuma wortel, pisang juga ternyata memiliki kandungan vitamin A lho. Pisang memiliki kandungan vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Vitamin A berfungsi menjaga membaran yang mengelilingi mata. Asupan vitamin A juga dapat membantu mengurangi resiko kebutaan dan sangat penting untuk daya penglihatan mata setiap hari.

 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Dalam sejumlah kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung dapat menjadi tidak teratur, dan bahkan dapat berujung pada kematian. Sebab itu, penting bagi kamu untuk mengonsumsi pisang. Pisang kaya akan kandungan kalium. Kalium yang masuk ke dalam tubuh akan langsung diserap ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan di sekitar sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh dan dibutuhkan untuk membuat jantung tetap berdetak.

 

  1. Menyehatkan otak

Di banyak negara maju, pisang dianggap sebagai salah satu pilihan sarapan terbaik. Wonder why? Pisang memiliki kandungan kalium yang memberikan stimulun pada otak, sehingga dapat meningkatkan daya konsentrasi otak. Kamu bisa menambahkan pisang ke dalam serealmu di pagi hari. Sumber kalori yang terdapat pada pisang pun siap menemanimu mengawali aktivitas harian.

 

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Tidak hanya kalium, pisang juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan mengurangi resiko sembelit. Terlebih ketika puasa jam makanmu akan mengalami perubahan, yang dapat kamu optimalkan dari waktu berbuka hingga sahur tiba. Perutmu bisa jadi terasa tidak nyaman karena penuh. Lancarkan pencernaan dengan mengonsumsi pisang. Kamu bisa juga mencampurkan pisang ke dalam segelas susu. Ini dapat membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti gejala kanker usus besar.

Nggak hanya lezat dan mengeyangkan, pisang ternyata memiliki fungsi yang cukup esensial bagi kesehatan tubuhmu, Berrykitcheners. Masyarakat Indonesia sendiri memiliki sajian pisang lezat yang diwariskan sejak dulu, kolak pisang. Intip resepnya yuk!

 

 

Bahan:

10 buah pisang raja / pisang kepok (kupas dan potong serong)
2 buah nangka
350 gr ubi kuning
150 ml Santan kelapa
1 liter air putih
6 sdm gula pasir
6 sdm gula merah
2 lembar daun pandan
Vanili 1/4 sendok teh
Santan siap saji
Garam secukupnya (agar rasanya gurih)

Cara Membuat:

 

1. Rebus air bersama dengan ubi kuning, sampai ubi lunak.

sq

 

2. Masukan santan, gula pasir, gula merah, garam, fanili, dan daun pandan. Gunakan api kecil dan aduk perlahan.

wdew

 

3. Masukan potongan pisang, tunggu sebentar

sq

 

4. Kolak pisang siap disajikan

xxqqw

 

Manisnya kuah gula aren yang meresap pada pisang akan berpadu dengan gurih santan yang terasa nikmat di lidah. Selain mengenyangkan, hidangan ini pun memberimu kalori tambahan yang bisa memompa energy dalam tubuhmu. Nggak heran kolak pisang kerap dijadikan menu andalan dalam berbuka puasa. Santap selagi hangat, puasa pun terasa kian menyenangkan!

 

Sumber: www.resepkoki.co

Kata Kunci: Resep Kolak Pisang
Bagikan ke teman Kamu