facebook

Resep Klepon Isi Cokelat Balut Keju

Kamis, 01 November 2018 - 07:11:16 WIB
Diposting oleh : Berry
Resep Klepon Isi Cokelat Balut Keju

Berrykitchen.com > Tips > Recipe > Resep Klepon Isi Cokelat Balut Keju

Klepon umumnya berbentuk bola-bola hijau dengan aroma pandan, berbalut kelapa parut, dan berisi gula merah. Jajanan pasar berbahan tepung ketan ini akan muncrat isinya saat digigit. Tapi, kali ini klepon dibuat dengan isi cokelat yang meleleh dan balutan keju parut yang gurih. Unik!

 

Konon klepon berasal dari Jawa, namun dapat ditemui juga di negeri jiran seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura, bahkan di Belanda. Selain tepung ketan, kue basah ini juga bisa dibuat dengan ubi yang dihaluskan.

 

Pada umumnya, klepon menggunakan pasta pandan atau campuran sari pandan dan suji, namun kamu juga bisa berkreasi dengan aneka pewarna untuk membuat klepon yang beda dari biasanya. Bahkan, sekarang beberapa toko kue modern membuat cake atau jenis kue lain dengan konsep seperti onde-onde: menggunakan perasa pandan, kelapa parut, dan gula merah.

 

Membuat klepon tergolong mudah dan bahan-bahannya simpel. Tapi, masalah yang sering ditemui adalah klepon bocor sehingga isinya meluber keluar saat direbus. Berrykitchen punya tips agar kamu sukses membuat klepon. Baca sampai selesai, ya!

 

Bahan Klepon Isi Cokelat Balut Keju

  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • Air secukupnya untuk dicampur ke adonan
  • Pasta pandan atau pewarna sesuai selera
  • Dark cooking chocolate, potong-potong dadu
  • Keju cheddar, parut
  • Air yang cukup banyak untuk merebus klepon

 

Cara Membuat Klepon Isi Cokelat Balut Keju

  1. Didihkan air di panci. Sisihkan.
  2. Masukkan tepung ketan, tepung beras, dan pasta ke dalam baskom. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai rata dan kalis. Stop menambahkan air jika tekstur adonan dirasa sudah pas.
  3. Ambil sedikit adonan, bulat-bulatkan, lalu pipihkan. Isi bagian tengahnya dengan sepotong dark cooking chocolate, lalu tutup dan bulatkan lagi adonan.
  4. Masukkan klepon ke air yang sudah mendidih. Jika sudah matang, klepon akan mengambang. Segera ambil dan tiriskan.
  5. Langsung gulingkan klepon di keju parut. Sajikan.

 

Tips Sukses Membuat Klepon Isi Cokelat Balut Keju

  • Pastikan tekstur adonan tidak terlalu lembek karena akan membuat klepon kempis. Jangan pula terlalu kering atau keras karena klepon jadi mudah bocor.
  • Beberapa orang menggunakan air kapur sirih untuk membuat klepon lebih padat, kenyal, kesat, dan awet. Kalau kamu mau menggunakan air kapur sirih, jangan gunakan terlalu banyak karena bisa membuat rasa klepon pahit. Tanpa air kapur sirih juga tidak apa-apa. Dengan resep di atas, kekenyalan klepon sudah pas.
  • Kalau mau tampilan klepon lebih seragam, kamu bisa menimbang adonan dengan berat per buah 30 gram.
  • Dark cooking chocolate bisa diganti dengan meses. Tapi, dengan dark cooking chocolate, mengisi klepon jadi lebih mudah karena bentuknya kotak dibanding meses yang berisiko berantakan.
  • Sebaiknya air sudah didihkan sejak awal agar setelah satu klepon diisi dan dibulatkan kembali, bisa langsung dimasukkan ke air. Jadi, klepon langsung direbus setelah jadi. Kalau kamu memilih membuat klepon sampai selesai semua baru sekaligus dimasukkan ke dalam air, jangan lupa taburi wadah klepon dengan tepung ketan dan beri jarak antar klepon agar klepon tidak lengket dan menyebabkannya bocor saat diambil.
  • Jangan merebus klepon terlalu lama agar klepon tidak lembek. Setelah mengambang, langsung angkat.
  • Nikmati selagi hangat agar cokelatnya meleleh. Tapi, jangan makan saat terlalu panas, ya, karena cokelat meleleh di dalamnya bisa membakar lidahmu!
  • Kalau ingin melapisi bagian luar klepon dengan kelapa parut, jangan lupa kukus dulu kelapanya agar tidak cepat basi.
  • Inspirasi klepon unik lainnya: tukar saja posisi cokelat dan keju. Jadilah klepon isi keju cepat leleh atau mozzarella berbalut meses cokelat di luarnya. Kalau ingin membuat klepon seperti ini, pastikan klepon sudah dingin ya sebelum digulingkan ke meses. Sebab, kalau klepon masih panas, meses bisa meleleh.
  • Resep ini menghasilkan klepon yang cukup banyak. Kalau ingin buat yang lebih sedikit, bikin setengah resep saja. Intinya, gunakan perbandingan tepung ketan dan tepung beras 5:1 untuk menghasilkan klepon yang pas kenyalnya.

 

Klepon cokelat keju enak dinikmati sore-sore sambil menyesap kopi atau teh. Mau coba?

 

Foto: Dapur Bunda Luthfi

 

Kata Kunci: Resep Klepon Isi Cokelat Balut Keju
Bagikan ke teman Kamu

Gunakan voucher sebelum waktu habis 00 : 00
tutup